Makanan bagi Penderita Kolesterol

Kita terbiasa makan tiga kali sehari. Saat menyantap makan, banyak di antara kita yang tidak memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi. Biasanya kita hanya mendahulukan rasa dan saat hendak menyantap makanan. Padahal, asupan gizi dan nurisi itu sangat penting diperhatikan pada makanan kita santap.

Makanan bagi Penderita Kolesterol

Begitu pula dengan pola makan harus kita perhatikan. Pola makan sehat merupakan suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu, seperti mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit. Dengan demikian, pola makanan ternyata memiliki pengaruh yang luar biasa pada kesehatan.

Pola makan yang baik dapat menghambat atau mencegah timbulnya suatu penyakit. Adapun pola makan sehat dan seimbang dapat menjaga kondisi tubuh kita untuk tetap sehat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak.

Para penderita kolesterol juga disarankan untuk mengatur pola makanan dan mengetarahui cara mengatur kolesterol untuk membantu berjuang melawan kolesterol. Setelah mengetahui dan mengenal kolesterol, berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita kolesterol.

Makanan bagi Penderita Kolesterol


Oats

Makanan bagi Penderita Kolesterol

Secangkir oatmeal polos setiap hari diketahui dapat mengurangi LDL dalam waktu hanya enam minggu. Hal ini karena oat mengandung senyawa yang benar-benar menyerap kolesterol jahat dari aliran darah.

Kacang

Makanan bagi Penderita Kolesterol

Kacang benar-benar membantu untuk menurunkan tingkat LDL dalam tubuh pada penderita kolesterol karena kacang memiliki jumlah lemak tak jenuh tunggal yang dapat memerangi kolesterol dalam aliran darah.

Salmon

Makanan bagi Penderita Kolesterol

Ikan salmon mengandung omega 3. Sementara omega 3 merupakan salah satu asam lemak yang membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.

Blueberry

Makanan bagi Penderita Kolesterol

Blueberry merupakan buah yang dapat penyerang kolesterol jahat dan bekerja untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Penting untuk Anda mengetahui berapa jumlah kadar kolesterol Anda. Jika memang benar kadar kolesterol Anda tinggi, Anda harus mengontrol makanan Anda. Para penderita kolesterol juga sebaiknya membatasi asupan gula dalam tubuh. Hal ini karena gula merupakan salah satu pemicu kolesterol. Kelebihan kalori bisa berasal dari lemak dan gula yang diubah menjadi trigliserida dan kemudian bisa berkontribusi untuk memicu kadar kolesterol tidak sehat.

Kuning telur merupakan penghasil kolesterol yang tinggi. Padahal, telur memiliki protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, apabila Anda penggemar kuning, jangan khawatir. Anda cukup mengontrol porsi makan Anda agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Rekomendasi untuk Anda