Makanan untuk Menambah Massa Otot

Nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama setelah Kamu berolahraga. Setelah olahraga, glikogen yang merupakan isi dari otot akan menghilang dan perlu diganti dengan yang baru. Karenanya, asupan makanan yang baik setelah olahraga mampu mengganti isi dari otot yang sudah terbakar sebagai energi.

Makanan untuk Menambah Massa Otot

Satu jam pertama setelah olahraga merupakan saat-saat yang paling penting untuk pembentukan otot dan juga waktu yang paling tepat untuk memberi asupan pengganti yang terbaik. Kamu tetap harus menjaga nutrisi dan memberi makan tubuh serta otot setelah melakukan latihan. Makanan sumber karbohidrat, protein, dan kaya serat dapat membangun kembali otot. Berikut makanan yang dianjurkan untuk menjadi rekan berlatih, agar massa otot Kamu tidak menghilang.

1. Telur


Telur merupakan sumber ideal untuk menambah protein dan lemak baik. Asupan protein yang bisa kita dapat dari telur akan bekerja maksimal dan menjadi nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, terlebih lagi bagi Kamu yang sedang menjalankan program pembesaran massa otot. Hindari cara pengolahan telur dengan digoreng dan konsumsi putih telurnya saja untuk menjaga level kolesterol.

2. Buah pisang


Kamu dapat mengganti asupan nasi dengan buah pisang. Pisang mengandung karbohidrat yang jumlahnya jauh lebih sedikit dari nasi sehingga Kamu bisa tetap mendapatkan asupan karbohidrat tanpa merasa takut menjadi gemuk.

3.Kombinasi selai kacang dan roti gandum


Selai kacang kaya akan protein, serat, dan lemak tak jenuh tunggal, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama, menyehatkan sistem pencernaan, dan tidak membuat berat badan bertambah. Sedangkan, roti berbahan dasar gandum memiliki lebih banyak gizi dan lebih rendah kalori ketimbang roti tepung biasa, sehingga bila dikombinasikan dengan olesan selai kacang di atasnya, maka Kamu bisa mendapatkan manfaat ganda.

4. Yoghurt dan buah beri


Yoghurt dapat menjaga kesehatan tulang sehingga risiko cedera patah tulang akibat aktivitas fisik pun bisa dikurangi. Sedangkan buah beri yang kaya akan antioksidan ini akan meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga iramanya tetap baik setelah berolahraga dan juga dapat memulihkan tubuh yang lelah.

5. Tuna dan nasi merah


Kombinasi antara tuna, sayuran, dan nasi merah dapat menjadi pilihan tepat. Tuna memberi protein bagi tubuh karea mengandungh niacin, vitamin B-6, dan vitamin B-12. Sedangkan nasi merah akan memberi serat dan karbohidrat, dan sayuran bisa memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa memulihkan otot tubuh.

6. Minyak ikan


Tak hanya dapat membantuk mempercepat metabolisme, minyak ikan juga memiliki efek untuk memulihkan tubuh lebih cepat setelah selesai berolahraga. Minyak ikan juga dapat membantu mengurangi kelebihan lemak dan membangun otot.

7. Dada ayam


Daging dada ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah didapatkan dan mudah dimasak. Setiap 100 gram daging dada ayam setidaknya mengandung 30 gram protein dengan lemak yang minimal.

8. Daging sapi


Sapi pemakan rumput memiliki daging yang kaya dengan asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh yang tinggi, serta Vitamin A dan E. Daging sapi juga diketahui dapat membantu pembentukan otot secara klinis.

9. Susu rendah lemak


Susu menjadi salah satu menu yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga, terutama susu coklat. Susu yang mengandung protein tinggi, karbohidrat, potasium, kalsium, dan vitamin D dibutuhkan untuk membentuk otot.

Rekomendasi untuk Anda