Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Jika sudah mengalami gangguan fungsi hati, maka akan berpengaruh pada organ lainnya. Karena hati atau liver merupakan organ penting untuk kesehatan tubuh anda. Salah satu fungsi hati adalah menyaring zat-zat yang terkandung dalam makanan maupun minuman yang masuk kedalam tubuh sehingga zat yang berbahaya dikeluarkan oleh hati melalui tinja maupun air kencing.

Mengatasi Penyakit Liver Secara Alami

Namun tidak bisa dipungkiri, setiap hari kita terpapar oleh polusi yang mengakibatkan hati atau liver kita bekerja secara ekstra, seperti dari asap roko, asap kendaraan, obat-obatna dan lain sebagainya. Jika sudah terlanjur terkena penyakit liver, anda bisa membuat obat liver dengan cara alami menggunakan bahan-bahan herbal seperti :

1. Temulawak


Temulawak memiliki kandungan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan liver dengan memperkuat sel-sel liver dan memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu temulawak juga mengandung zat inflamasi yang berfungsi mencegah radang hati. Temulawak merupakan tanaman herbal yang termasuk ke dalam tanaman temu-temuan.

2. Kunyit


Selain sebagai bahan bumbu masakan, kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama organ hati. Kandungan nutrisi yang ada dalam kunyit mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan. Selain itu kunyit juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada anak-anak, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi penyakit maag dan masih banyak lagi manfaat kunyit ini. biasanya kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan.

3. Sambiloto


Tanaman herbal yang satu ini mengandung zat yang dapat menimbulkan rasa pahit saat di makan. Walaupun pahit, zat tersebut ampuh merusak inti sel tumor dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Daun yang satu ini mampu merangasnag sel dalam tubuh untuk bekerja melawan benda asing seperti bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu tubuh akan selalu terjaga dari berbagai serangan penyakit termasuk gangguan fungsi hati.

Itulah beberapa obat liver alami yang bisa anda buat sendiri dirumah. Yang terpenting dalam menjaga kesehatan organ hati adalah dengan melakukan pola hidup sehat mulai dari mengkonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur dan hindari apapun yang dapat menimbulkan gangguan fungsi hati. Selain menjaga kesehatan liver, anda juga harus menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit diabetes dan penyakit lainnya.

Rekomendasi untuk Anda