Penuhi Nutrisi Ini Untuk Penderita TBC

Siapa yang tidak tahu penyakit Tuberkulosis (TBC)? Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini adalah infeksi klasik yang belum dapat dibasmi dari planet ini. Bahkan di bebeapa negara, jumlah penderitanya terus bertambah. Setidaknya sepertiga penduduk dunia saat ini menderita TBC. Negara dengan penduduk yang paling banyak mengidap TBC adalah India, Indonesia dan Cina. Menurut WHO, setiap satu detik akan ada satu orang yang terinfeksi Tuberkulosis (TBC) di dunia.

Penuhi Nutrisi Ini Untuk Penderita TBC

Sebenarnya TBC ini bisa diobati dengan antibiotik, dengan pengobatan teratur tanpa putus selama 6 bulan. Namun penanganan TBC tidak hanya itu. Penderita TBC) juga harus memastikan asupan nutrisinya cukup, karena nutrisi berperan penting dalam proses penyembuha. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka bisa membantu tubuh melawan infeksi dan melawan kuman penyebab TBC . Berikut penjelasan tentang asupan nutrisi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita TBC, untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Dikutip dari caloriecare.com, berikut panduan nutrisi untuk penderita TBC:

Diet Padat Kalori


Kalori (energi) merupakan kebutuhan nutrisi yang paling penting bagi penderita TBC. Pasalnya, dengan meningkatkan asupan kalori maka akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2004 menunjukkan, penderita TBC yang diberikan energi tambahan selama enam minggu pengobatan memiliki kondisi fisik yang lebih baik. Sebaliknya jika penderita TBC kekurang asupan kalori, maka proses penyembuhan menjadi lambat bahkan kondisi penyakit lebih parah.

Protein


Selain asupan padat energi, penderita TBC juga membutuhkan asupan protein yang lebih banyak. Sebab, protein dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat melawan infeksi lebih baik. Selain itu, protein juga membantu memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Usahakan masukkan juga menu protein seperti daging tanpa lemak, telur, susu, ikan dan kacang-kacangan.

Vitamin dan Mineral


Penderita TBC membutuhkan asupan vitamin dan mineral lebih banyak, dibandingkan orang sehat. Kekurangan vitamin dan mineral bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderita menurun dan lebih rentan terhadap infeksi. Berikut vitamin dan mineral yang penting dan sangat dibutuhkan oleh penderita TBC :

Seng

Seng memiliki peran penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi serta radikal bebas. Penderita TBC umumnya memiliki kadar seng yang lebih rendah dibandingkan orang sehat. Seng juga berperan dalam metabolisme vitamin A. Kekurangan seng dapat mengganggu retina dalam mengikat protein serta mengurangi konsentrasi plasma retina. Makanan yang mengandung seng antara lain daging, ayam, kerang, kepiting, jamur, bayam, brokoli, bawang putih, susu dan dark chocolate.

Vitamin A

Sama seperti seng, vitamin A juga memiliki peranan penting dalam penyembuhan penyakit TBC. Vitamin A diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita TBC. Asupan vitamin A harus ditingkatkan dari sumber makanan seperti wortel, tomat, bayam, ubi, seledri, hati sapi atau ayam, telur, mangga dan masih banyak lagi.

Vitamin D

Vitamin D berperan penting meningkatkan fungsi makrofag, salah satu jenis sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam melawan kuman penyebab TBC. Vitamin D ini bisa diperoleh dari makanan seperti jamur, minyak ikan, tahu, kuning telur, susu dan masih banyak lagi.

Vitamin C

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin C, sangat dibutuhkan untuk penderita TBC untuk melawan radikan bebas. Vitamin C dapat diroleh dari makanan seperti jeruk, kiwi, strawberry, pepaya, paprika merah dan brokoli.

Zat Besi

Menurut peneilitan, penderita TBC memiliki hemoglobin yang lebih rendah dibandingkan orang sehat. Itu sebabnya, penderita TBC rentan terkena anemia. Zat besi ini dapat diperoleh dari makanan seperti daging merah, ayam, brokoli dan masih banyak lagi.

Selenium

Mineral ini juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita TBC. Selenium ini bisa diperoleh dari makanan seperti makanan laut, biji bunga matahari, roti, jamur dan daging.

Dengan tercukupi kebutuhan nutrisinya, dan rutin kontrol dan minum obat teratur, maka TBC dapat disembuhkan sampai tuntas. Putus berobat adalah hal yang harus dihindari karena akan membuat kuman kebal dan pengobatan menjadi lebih sulit.

Rekomendasi untuk Anda