Cara Membersihkan Organ Intim yang Benar

Meski kecil, organ penting yang satu ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan, tapi juga kehidupan seks. Agar tetap sehat, bersih, dan terhindar dari bau tak sedap, kamu perlu ketahui cara membersihkan organ intim yang benar.

Cara Membersihkan Organ Intim yang Benar

Membersihkan organ intim memang tidak bisa sembarangan. Menggosok terlalu keras atau salah dalam memilih pembersih, justru dapat menyebabkan vagina lecet dan rentan akan infeksi.

Agar organ intim terhindar dari masalah, berikut hal yang perlu kamu perhatikan dalam membersihkan area kewanitaanmu.

Mengusap dari Arah Depan ke Belakang


ebanyakan wanita tidak menyadari, jika cara mengusap organ intim juga perlu diperhatikan. Setelah buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB), basuh dengan air bersih dari arah depan ke belakang.

Hal ini Cara ini bertujuan untuk menghindari, bakteri masuk ke vagina dan menurunkan risiko infeksi kandung kemih.

Hindari Pembersih yang Mengandung Pewangi


Produk pembersih vagina yang mengandung pewangi, dianggap dapat mempengaruhi tingkat pH pada vagina dan memicu iritasi. Sebaiknya, gunakan pembersih tanpa wewangian, atau cukup basuh dengan air bersih saja, setelah itu keringkan menggunakan handuk, agar area intim tetap kering.

Jangan Lupa Ganti Pakaian Dalam


Perlu diingatkamu ingat, jika pakaian dalam wajib diganti setiap hari. Jarang mengganti pakaian dalam, tentu tak hanya memicu bau juga akan berdampak pada kesehatan vagina. Ganti pakaian dalam setiap usai beraktivitas, terlebih saat berkeringat.

Selain itu jaga vagina agar tetap kering, pilih jenis kain yang terbuat dari katun agar lebih mudah menyerap keringat. Hal ini akan membantumu lebih nyaman dan juga mencegah organ intim dari timbulnya bakteri. perkembangbiakan bakteri yang tidak diinginkan.

Ganti Pembalut Setiap 3-4 Jam Sekali


Saat sedang menstruasi, gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali. Malas mengganti pembalut tidak hanya dapat menyebabkan bau juga mengancam kesehatan organ intimmu. Usahakan pula, pilih pembalut tanpa pewangi, untuk guna menghindari iritasi.

Ini Jadinya Jika Kamu Tidak Merawat Organ Intim?


Malas merawat dan membersihkan organ intim tentu dapat menimbulkan berbagai penyakit. Berikut penyakit yang patut kamu waspadai :

Keputihan


Organ intim yang tidak terjaga kebersihannya tentu akan menimbulkan beragam penyakit vagina, termasuk keputihan.

Meski keputihan lendir dari vagina berfungsi dalam menjaga kelembapan organ intim, namun, tidak membersihkan dengan rutinpada kondisi infeksi dapat memicu keputihan yang abnormal, seperti perubahan warna lendir , atau menimbulkan bau yang tidak sedap.

Infeksi Saluran Kemih


Kebersihan organ intim tidak hanya berpengaruh pada vagina, tapi juga leher rahim dan rahim. Selain rutin membersihkan area kewanitaan, perhatikan pula cara membersihkannya.

Ingat, Salah salah dalam membersihkan organ intim , dapat memicu bakteri masuk lebih dekat ke kandung kemih yang dapat menimbulkan penyakit seperti infeksi saluran kemih atau ISK.

Cara membersihkan organ intim memang terlihat mudah, namun kamu juga perlu cermat dengan memperhatikan poin beberapa hal di atas tadi. Lakukan perawatan tersebut secara rutin, dan tidak lupa sertai dengan pola hidup sehat agar kesehatan vaginamu tetap terjaga.

Rekomendasi untuk Anda