Cara Mengatasi Nafsu Seks Pada Wanita

Libido rendah pada wanita merupakan hal yang paling sering terjadi. Selain libido yang rendah, wanita juga lebih sering mengalami kesulitan untuk orgasme. Sekitar 40% wanita akan mengalami penurunan libido dalam hidupnya. Namun, janganlah khawatir, karena masalah libido rendah dapat diatasi.

Cara Mengatasi Nafsu Seks Pada Wanita

Langkah pertama untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berkonsultasi kepada dokter atau konselor. Menurut Leah Millheiser, MD., seorang direktur pada Female Sexual Medicine Program di Stanford University Shcool of Medicine, dokter dan konselor diperlukan karena dokter dapat mengatasi aspek fisik, dan Anda juga dapat mengambil manfaat (secara mental) dengan melakukan konseling atau terapi seks. Berikut ini adalah cara-cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan libido :

1. Meditasi kesadaran penuh


Sebuah studi di University of British Columbia yang diikuti oleh 117 wanita menemukan bahwa terapi selama 90 menit yang menekankan perhatian penuh pada sensasi tubuh, dan dilakukan dalam 6 bulan, dapat meningkatkan gairah seksual, rangsangan, dan mengurangi gejala stres dan depresi yang berhubungan dengan seks.

2. Akupuntur


Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative Complementary Medicine menemukan bahwa wanita berlibido rendah yang melakukan akupuntur selama 12 minggu berturut-turut telah mengalami peningkatan pada libido dan lubrikasi. Selain itu, akupuntur juga dapat memberi pertolongan pada efek samping obat antidepresi (efek samping yang menyebabkan beberapa disfungsi seksual pada 50-90% pasien).

3. Terapi hormon


Kelelahan sering mengakibatkan libido rendah. Tingkat biokimia, kelelahan, dan stres mendorong hormon tertentu untuk turun, seperti testosteron dan DHEA (dehydroepiandrosterone) yang berfungsi untuk kesuburan. Kedua hormon tersebut dianggap sebagai hormon pria, namun juga dapat ditemukan dalam tubuh wanita dengan jumlah yang sedikit. Meskipun tingkat testosteron dan DHEA tergolong rendah, tetapi ini dapat berpengaruh terhadap peningkatan libido.

4. Yoga


Sebuah studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa setelah menjalani yoga selama 12 minggu secara teratur dengan waktu 10 menit per hari, para wanita melaporkan bahwa kepuasan, keinginan, gairah terhadap seks, dan orgasme meningkat. Selain itu, rasa nyeri juga berkurang.

5. Bupropion


Bupropion adalah antidepresan yang berfungsi meningkatkan kadar dopamin dan norepinefrin yang merupakan dua hormon penting untuk gairah. Para peneliti di Iran memperlihatkan efek bupropion kepada 232 wanita yang mengalami libido rendah. Setelah 12 minggu, hampir 72% dari wanita tersebut puas dengan hasilnya.

6. Mengonsumsi makanan pembangkit testosteron


Sebelum wanita mengalami menopause, tubuh mereka mulai mengalami perubahan yang mempengaruhi tingkat hormon. Ovarium, yang merupakan sumber dari 50% testostero,n menjadi kurang aktif, sehingga hal tersebut dapat menurunkan hormon seks. Jika estrogen menurun, begitu pula dengan testosteron. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan testosteron, libido Anda juga akan meningkat. Menurut Dr.OZ, inilah beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan testosteron dan libido:

  • Biji labu
  • Semangka
  • Rhodiola
  • Asparagus
  • Halibut
  • Bawang
  • Kenari
  • Daging sapi
  • Teh ginseng
  • Pala
  • Jahe

7. Tidur cukup


Libido adalah salah satu dari banyak efek lain akibat pola tidur yang buruk. Tanpa tidur yang berkualitas, energi akan berkurang dan tubuh dipaksa untuk membatasi pengeluaran energi. Bagi Anda yang membutuhkan tidur yang baik dan libido tinggi, mulailah untuk berolahraga ringan di malam hari. Anda dapat melakukan yoga atau tai chi yang tidak banyak menguras energi, dan juga memberikan relaksasi yang baik bagi pikiran.

8. Berkomunikasi dengan pasangan


Pasangan yang belajar untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur biasanya dapat menjaga hubungan emosional yang lebih kuat, sehingga dapat menyebabkan kehidupan seks yang lebih baik. Berkomunikasi mengenai seks, seperti apa yang disukai dan tidak disukai saat melakukan hubungan seksual, dapat membuat keintiman lebih kuat.

9. Menambahkan sedikit bumbu dalam kehidupan seks


Mencoba posisi, waktu, atau lokasi seks yang berbeda dari biasanya juga dapat meningkatkan libido. Mintalah pasangan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk foreplay. Jika Anda dan pasangan Anda terbuka terhadap eksperimen, sex toys, dan fantasi, hal tersebut akan menghidupkan kembali gairah seksual Anda.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this