April 17, 2018

Efek Masturbasi pada Kadar Testosteron

Masturbasi mungkin memiliki efek yang tak begitu kentara pada kadar testoteron. Walau demikian, kadar testosteron sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kesehatan fisik secara keseluruhan.

Efek Masturbasi pada Kadar Testosteron

Pada situs Masturbation Page disebutkan bahwa faktor psikologis mungkin memiliki pengaruh yang signifikan pada kadar testosteron. Misalnya, kadar testosteron akan naik saat pria sedang menginginkan aktivitas seksual atau akan melakukan uji kadar testosteron.

Nah, berikut adalah beberapa efek masturbasi pada kadar testoteron, seperti dilansir Livestrong.

1. Siklus hormonal


Ejakulasi adalah hasil dari masturbasi yang mencapai orgasme. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Zhejiang University,” ejakulasi dapat memicu siklus hormonal. Ejakulasi yang diikuti oleh 6 hari puasa masturbasi setelahnya, dapat menaikkan kadar testosteron pada hari ketujuh.

2. Meningkat selama masturbasi


Dalam artikel bulan Juli 2010, situs Psychology Today membenarkan bahwa kadar testosteron mungkin meningkat selama masturbasi. Namun, artikel ini juga menyebutkan ejakulasi tidak mempengaruhi kadar testosteron secara signifikan: kadar testosteron akan naik sedikit selama aktivitas seksual, yang meliputi masturbasi, dan kembali menurun ke tingkat normal sesudahnya.

3. Meningkat setelah masturbasi


Menurut sebuah artikel di situs T Nation, sebuah studi yang dilakukan tahun 1.978 berhasil mengevaluasi kadar testosteron pada pria muda setelah melakukan aktivitas seksual. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya sedikit peningkatan kadar testosteron pada pria muda setelah masturbasi.

4. Kadar testosteron yang lebih rendah


Situs The Ask Men menerbitkan sebuah artikel yang menyarankan agar pria tidak terlalu sering masturbasi. Menurut artikel itu, pria yang sering masturbasi cenderung kurang terlibat dalam aktivitas seksual dengan pasangan. Artikel itu juga menunjukkan bahwa masturbasi secara teratur dapat mengurangi kadar testosteron dan mengurangi gairah seksual yang disebabkan oleh rendahnya tingkat testosteron.

Tidak ada yang melarang Anda untuk melakukan masturbasi. Selama itu masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon