Meditasi Relaksasi Spirit

Meditasi Relaksasi Spirit dikembangkan oleh Prof. Luh Ketut Suryani. Relaksasi ini sangat berguna untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah atau tidur tanpa bermimpi. Juga mendekatkan kita dengan Spirit atau Jiwa.

Meditasi Relaksasi Spirit

Prinsip kerja relaksasi ini, kata Suryani, mengistirahatkan fungsi fisik dan mental sejenak. Metode meditasi Suryani bisa pula diterapkan untuk menyatukan diri dengan kekuatan dari luar, mengobati diri sendiri, berguru kepada Tuhan, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Relaksasi Tubuh dan Pikiran


Langkah awal sebelah menggunakan teknik meditasi relaksasi spirit secara utuh adalah melakukan teknik relaksasi tubuh. Dalam relaksasi tubuh ini secara tidak langsung juga merelaksasi pikiran.

Dalam relaksi ini seseorang hanya memerlukan terlentang, lalu merasakan getaran atau kekuatan masuk lewat kaki, lutut, hingga ke tubuh. Setiap organ tubuh yang dilalui diistirahatkan. Proses yang sama juga diberlakukan dari tangan. Seluruhnya dikeluarkan lewat kepala. Kemudian lakukan sebaliknya.

Cara Meditasi Relaksasi Spirit


Ada 2 bagian dalam teknik meditasi ini yaitu memusatkan perhatian dan merasakan proses.

1. Memusatkan perhatian


Memusatkan perhatian

Duduk bersila di lantai atau di mana dirasa nyaman. Atur posisi duduk agar punggung dalam keadaan tegak. Letakkan kedua tangan sedemikian rupa sehingga otot-otot lengan dalam keadaan relaksasi serta kedua tangan menyatu dengan tubuh. Rasakan seluruh otot-otot tubuh dalam keadaan istirahat [relaksasi]

Pusatkan seluruh perhatian, pikiran, perasaan, dan angan-angan pada satu titik, satu meter di lantai di depan Anda dengan rileks. Bila kelopak mata terasa berat, atau ada suatu kekuatan yang menutup mata itu atau kelopak mata telah berkedip atau terasa perih, biarkan mata tertutup pelan-pelan secara otomatis. Mata jangan ditutup atas kemauan sendiri.

Bila kelopak mata telah tertutup, koreksi letak kepala dan punggung agar lurus, seluruh otot-otot tubuh dan sikap duduk rileks dan nyaman. Sesudah itu Anda tetap dalam posisi ini, jangan bergerak lagi apapun yang terjadi. Walaupun ada perubahan atau perasaaan nyeri pada tubuh, perhatian jangan beralih ke hal ini.

Pusatkan perhatian pada hidung. Rasakan masuk dan keluarnya nafas lewat hidung. Mata jangan melihat ke hidung, biarkan mata dalam keadaan relaksasi, hanya rasa ditunjukkan pada hidung. Irama pernafasan jangan diatur, biarkan nafas berjalan secara alami, dan biarkan nafas keluar masuklewat hidung sampai tidak terasa jalannya pernafasan itu. Waktu merasakan pernafasan, semua perhatian hanya pada hidung.

2. Merasakan Proses (Mindfullness)


Merasakan Proses

Apabila pernafasan sudah teratur dan pelan, maka dapat dilanjutkan pada cara kedua. Atau apabila dengan cara pertama pikiran terus berjalan dan sukar dipusatkan pada satu titik, maka gunakan cara kedua, yakni merasakan proses atau mindfullness.

  • Rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan kemudian keluar melalui telapak kaki. Untuk pemula, sebaiknya rasakan getaran atau tenaga dari luar masuk ke dalam tubuh bersama masuknya nafas melalui hidung dan keluar melalui telapak kaki. Lakukan hal ini beberapa kali.
  • Rasakan getaran dari luar masuk melalui hidung dan keluar melalui ubun-ubun. Lakukan hal ini beberapa kali.
  • Rasakan getaran dari luar masuk melalui hidung dan keluar melalui seluruh tubuh. Lakukan ini beberapa kali.
  • Pusatkan perhatian pada hidung kembali. Rasakan masuk dan keluarnya nafas lewat hidung. rasakan ketenangan dan kebahagiaan dalam tubuh Anda.
  • Rasakan seluruh tubuh bertenaga seperti biasa kembali. Sadari Anda berada dalam ruangan ini. Setelah seluruh tubuh bertenaga seperti biasa dan Anda menyadari berada diruangan tertentu, maka buka mata pelan-pelan dan meditasi selesai.

Meditasi ini selain mendekatkan diri kepada spirit juga memiliki fungsi menyembuhkan dan mendukung proses penyembuhan. Karena dengan meditasi seluruh sel-sel tubuh mencapai kondisi yang ideal untuk regenerasi sel ataupun proses penyembuhan penyakit.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this