April 22, 2018

Penyebab Wanita Sering Kencing

Buang air kecil atau kencing merupakan salah satu aktivitas yang paling sering di lakukan. Dengan melakukan kencing, sama saja kita membuang racun di dalam tubuh. Bisa di katakan, kencing merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan. Bahkan, banyak dokter menyarankan agar kita langsung kencing saat terasa. Maksudnya adalah, kita di himbau untuk tidak menahan kencing terlalu lama.

Penyebab Wanita Sering Kencing

Mengapa demikian? Sebab menahan kencing sama saja dengan memanen penyakit. Kok bisa? Benar, sebab dengan menahan kencing sama saja dengan menahan racun di dalam tubuh. Bisa jadi gejala kencing batu, bahaya infeksi saluran kencing, bahaya susah buang air kecil dan lain sebagainya. Aktivitas ini malah mengundang penyakit. Baik itu wanita maupun pria, sangat di sarankan untuk segera kencing ketika terasa.

Perlu anda ketahui, jika berada di toilet tempat wisata. Jika anda mengamati dengan seksama di bagian toilet. Lebih banyak wanita yang mengantri untuk kencing dari pada pria. Kenapa? Bukankah baik wanita maupun pria sama–sama memiliki kapasitas kandung kemih yang sama besar. Lantas, apa yang menyebabkan wanita lebih mudah kencing dari pada laki–laki?

Gejala Sering Buang Air Kencing


Buang air kencing manusia itu memiliki frekuensi normal dan berlebihan. Biasanya seseorang yang mengkonsumsi air sebanyak 1 sampai dengan 1,8 liter akan mengalami keinginan untuk kencing adalah sebanyak 4 sampai 8 kali. Meskipun beberapa orang akan mengalami frekuensi yang lebih banyak atau sedikit.

Penyebab Wanita Sering Kencing

Kadang mereka yang terbiasa bangun malam hari juga akan kencing. Jika hidupnya sudah terpola untuk kencing malam hari, sampai di akhir ia juga akan melakukan hal seperti itu terus. Kondisi tubuh itu bisa di buat dan bisa di bentuk. Seperti membentuk pola tubuh.

Lantas, mengapa wanita bisa lebih banyak kencing dari pada pria? Padahal konsumsinya sama. Apakah ini adalah akibat kelebihan air putih dan merupakan bahaya akibat terlalu banyak minum air putih. Namun mereka berdua memiliki tenggang waktu untuk buang air kecil berbeda. Kenapa bisa seperti ini? Lantas apa yang membedakan? Simak ulasan mengenai penyebab wanita lebih sering buang air kencing daripada pria.

Penyebab Wanita Sering Kencing


Ada beberapa kondisi dalam tubuh yang menyebabkan wanita lebih sering kencing. Meskipun kandung kemih yang sama, namun tetap ada perbedaan yang mendasari hal ini. Seperti apa sajakah ? Simak penjelasannya :

1. wanita cenderung lebih banyak minum


Jika di bandingkan dengan pria, wanita lebih banyak minum. Dalam satu hari ia cenderung meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Mungkin ini adalah akibat kelebihan air putih. Apalagi bagi wanita yang sangat merawat kencantikan tubuh dan kulitnya. Kapasitas minumnya bukan lagi 8 gelas per hari. Bisa jadi lebih serta di dukung dengan konsumsi makanan yang berkuah.

2. Resiko terkena infeksi saluran kencing


Kemungkinan ke dua yang menyebabkan wanita lebih banyak kencing adalah karena ia mengidap suatu penyakit. Misalnya penyakit bahaya infeksi saluran kencing. Penderita penyakit ini memiliki kebiasaan untuk sering buang air kencing. Bahkan ketika terasa, penderita tidak bisa menahannnya. Biasanya mereka cenderung mudah ngompol. Selain itu, penderita juga merasakan nyeri pada bagian perut dan juga merasa demam.

3. Memiliki kandung kemih yang aktif


Siapa sangka, wanita dan pria memiliki sifat kandung kemih yang berbeda. Menurut medis, wanita memiliki kandung kemih yang lebih akktif dari pada pria. Kondisi ini di namakan dengan overactive bladder. Hal ini menyebabkan wanita memiliki keinginan untuk buang air kecil, meskipun kantung kemihnya belum terisi urin volume penuh.

4. Resiko terkena infeksi ginjal


Alasan lain yang menyebabkan seseorang mengalami perasan lebih sering kencing adalah karena resiko terkena infeksi ginjal. Perlu anda ketahui, ginjal merupakan alat tubuh yang fungsinya untuk menyaring zat sisa yanng sudah tidak di perlukan oleh tubuh. Hasil saringan inilah yang di namakan dengan urin. Jika ginjal terinfeksi, maka saluran kemih juga ikut sakit. Inilah alasan mengapa wanita yang sering kencing di khawatirkan terkena resiko gejala infeksi ginjal.

5. Resiko terkena batu ginjal


Kemudian, wanita yang lebih sering kencing bisa di khawatirkan terkena penyakit serius lainnya. Seperti batu ginjal. Penyakit ini memang tidak mematikan bagi tubuh. Namun rasa sakit yang di berikan oleh penyakit ini akan sangat terasa pedihnya. Oleh sebab itu, kebanyakan penderita memilih jalur operasi pengambilan batu di bagian ginjalnya untuk meminimalisir rasa sakit tersebut.

6. Mungkin sedang hamil


Jika anda adalah pasangan suami istri, gejala sering kencing ini bisa jadi kabar bahagia. Sebab wanita yang lebih sering kencing ini bisa di indikasikan bahwa dia hamil. Mengapa ? Karena dalam proses kehamilan, uterus yang tumbuh besar akan menekan kandung kemih. Sehingga wanita lebih sering kencing. Uterus membesar ini di sebabkan karena di dalamnya terdapat janin.

7. Karena gelisah


Wanita yang mudah gelisah cenderung lebih banyak kencing. Mengapa? Ketika ia merasa deg–degan atau nervous, bagian hormonal akan berusaha menetralkan tubuh dan otak. Salah satu bentuk penetralan yang di lakukan adalah dengan mudah atau sering kencing. Selain itu, wanita yang sedang banyak pikiran, gelisah, dan cemas juga akan lebih mudah kencing demi mengatasi rasa ketidak-nyamanan yang ia ciptakan sendiri.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon