Rekomendasi Baju Renang Terbaik untuk Wanita

Baju renang digunakan hampir semua orang yang gemar dengan olahraga renang. Baik yang baru belajar, ataupun yang berniat untuk menjaga kebugaran, ikut kompetisi, maupun atlet profesional. Jenis baju renang pun disesuaikan dengan kegunaannya, misalnya ada baju renang untuk tujuan high speed berteknologi tinggi digunakan dalam kompetisi. Selain itu banyak juga jenis lain untuk keperluan berlatih renang.

Rekomendasi Baju Renang Terbaik untuk Wanita

Melalui artikel ini kami akan memperkenalkan bagaimana cara memilih berbagai tipe baju renang sesuai tujuan dan kebutuhan. Kami juga akan membantu Anda untuk menemukan ukuran yang pas dalam memilih baju renang. Mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Apa itu baju renang?


Apa itu baju renang

Baju renang adalah baju yang khusus didesain untuk berenang. Gunanya agar Anda dapat berenang lebih cepat, mengurangi daya hambat air sampai batas tertentu dan memudahkan Anda untuk bergerak. Hal ini sangat diperlukan ketika mengikuti kompetisi berenang.

Bukan hanya perenang olimpiade (atlet profesional) yang dapat memakai baju renang. Pemula yang ingin belajar berenang juga dapat memakainya. Alasannya karena ketika latihan renang, Anda akan merasa nyaman jika bagian tubuh Anda yang cukup sensitif dapat ditutupi. Ini hal yang baik karena selama berenang tentunya Anda ingin tampil menarik dengan percaya diri.

Ada tiga tipe dari pakaian renang dengan kategori pilihan yang berbeda yaitu fitness, practice dan high speed. Baju renang ini akan disesuaikan dengan tujuan serta tingkatan berenang yang akan Anda lakukan.

Cara memilih baju renang


Ada tiga jenis pakaian renang, Mulai dari Anda yang pertama kali memakainya sampai dengan perenang profesional. Dikarenakan setiap karakteristik baju renang berbeda, maka sangat penting untuk Anda memilih baju renang secara optimal berdasarkan level dan goal yang ingin dicapai.

Ada tiga tipe dari baju renang, untuk latihan di bawah air seperti latihan berenang, fitness atau full-fledged convetion. Ayo mari kita temukan yang sesuai dengan tujuan Anda.

Baju renang tipe fitness untuk memaksimalkan underwater movement


Baju renang tipe fitness untuk memaksimalkan underwater movement

Fitness swimsuit di desain agar mudah bergerak di dalam air. Pakaian tersebut akan melekat lembut di tubuh. Selain itu didesain dengan sederhana agar pergerakan menjadi lebih mudah dan cepat.

Jika Anda pergi ke gym atau kelas berenang, baju renang seperti bikini tidak disarankan. Sangat disarankan jika baju renang seperti foto di atas karena akan membuat Anda percaya diri dan cocok untuk situasi tersebut. Baju renang ini tidak cocok untuk kompetisi atau turnamen, dimana Anda harus berhadapan dengan waktu. Baju renang ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mulai untuk berenang ataupun akan melakukan kegiatan bawah laut.

Biasanya baju renang ini dipakai terpisah antara atasan dan bawahan. Baju renang ini lebih disarankan untuk Anda yang ingin menutupi bagian tubuh ketika berenang.

Baju renang tipe practice untuk pemula


Baju renang tipe practice untuk pemula

Baju renang untuk practice dijual dengan karakteristik yang mudah dipakai dibandingkan dengan penggunaan profesional. Pakaian renang ini sangat ketat di badan Anda, sehingga air tidak langsung masuk ke badan Anda. Baju renang ini memiliki berbagai jenis desain yaitu high cut yang memiliki potongan tinggi pada bagian kaki, middle cut yang memiliki potongan seperti celana pendek dan half suits yang menutupi bagian paha.

Untuk pemula atau Anda yang akan baru belajar berenang, sebaiknya memilih dengan harga yang terjangkau, mudah untuk dipakai dan ketat di tubuh. Baju renang yang tidak memiliki tanda FINA (International Swimming Federation) tidak akan diperbolehkan untuk mengikuti kompetisi resmi. Untuk Anda yang hanya ingin melakukan latihan, Anda boleh memakai baju renang tanpa memiliki tanda FINA.

Baju renang tipe high speed untuk kompetisi


Baju renang tipe high speed untuk kompetisi

Jika Anda sedang mengikuti turnamen resmi, pilihlah baju renang high speed dengan tanda FINA. Tidak masalah jika Anda menggunakan baju renang high speed ketika melakukan latihan regular. Baju renang high speed digunakan agar lebih mudah mendapatkan kecepatan ketika berenang dengan cara mengurangi daya hambat air. Dari ketiga tipe baju renang yang telah dijelaskan, inilah yang paling sulit untuk dipakai.

Baju renang ini didesain sangat ketat, agar tulang belakang melebar dan akan membuat postur terbaik untuk berenang dengan cepat. Selain itu, baju renang high speed inilah yang harganya paling mahal. Jika Anda memang ingin mengikuti turnamen atau kompetisi resmi, sebaiknya Anda memilih dan membeli baju renang ini.

Pilihlah satu ukuran lebih kecil ketika memakai baju renang


Pilihlah satu ukuran lebih kecil ketika memakai baju renang

Salah satu faktor penting saat memilih dan membeli baju renang adalah ukuran. Anda harus memilih satu ukuran lebih kecil dari ukuran baju yang biasa Anda gunakan agar sempurna di tubuh Anda.

Baju renang akan merenggang ketika digunakan dalam air. Meskipun ketika Anda gunakan terasa sedikit sesak, itu tidak masalah, tetaplah berada di dalam air. Lama-kelamaan baju renang Anda akan melonggar dengan sendirinya dan nyaman di tubuh Anda. Jika Anda memilih baju renang yang nyaman di tubuh atau dengan ukuran yang sesuai dengan baju biasa Anda, pada saat di bawah air baju renang Anda akan merenggang juga. Sehingga kecepatan renang Anda akan berkurang. Untuk tipe practice dan high speed bisa Anda sesuaikan dengan size chart dari pabriknya.

Begitupun untuk tipe fitness, jika baju terasa longgar akan membuat Anda sulit bergerak di bawah air. Jadi sebaiknya ketika mencoba baju renang sebaiknya pilihlah yang sedikit terasa sesak di tubuh.

Pilih berdasarkan bisa tidaknya Anda memasang inner atau chest pad


Pada dasarnya inner dan chest pad tidak terpasang di baju renang. Hal ini untuk mengurangi daya tahan air sebanyak mungkin agar memudahkan ketika berenang. Bahan pada baju renang biasanya double sehingga Anda bisa memakainnya dengan percaya diri tanpa khawatir transparan dan tubuh Anda terlihat.

Namun ada beberapa orang yang tidak nyaman ketika memakai baju renang tanpa chest pad. Maka dari itu pilihlah baju renang dengan menggunakan kait ataupun paddings yang bisa Anda pasangkan sendiri. Jadi Anda dapat memilih apakah harus menggunakan chest pad atau tidak perlu sehingga Anda dapat berenang dengan penuh percaya diri.

Rekomendasi untuk Anda