May 2, 2018

6 Makanan Untuk Rambut Sehat

Rambut adalah mahkota, itulah yang banyak dikatakan orang. Selain itu rambut juga menjadi penunjang penampilan kita. Untuk itu, rambut harus dirawat agar tetap bagus dan tidak rusak. Salah satu cara termudah merawat rambut agar tetap bagus namun tidak diketahui orang adalah banyak minum air putih.

6 Makanan Untuk Rambut Sehat

Kemudian, selain banyak minum air putih, rambut juga perlu nutrisi agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga. Nutrisi itu ternyata juga bisa didapat dari makanan. Apa saja makanan yang mampu membuat rambut menjadi indah? Berikut penjelasannya dikutip dari Timesofindia.

1. Salmon


Khasiat ikan salmon memang dari dulu dipercaya bisa menyehatkan. Kandungan omega-3 yang tinggi dari ikan salmon dapat membuat jantung sehat dan bisa mengembalikan kilau rambut Anda yang sebelumnya tampak kusam. Selain itu, kandungan vitamin B 12 dan zat besi juga bagus untuk kesehatan kulit kepala. Kekurangan omega-3 bagi rambut dapat membuat kulit kepala kering.

2. Telur dan ayam


Telur dan ayam memiliki protein tinggi. Rambut dan kuku terbuat dari protein. Telur kaya vitamin B, terutama B12 dan B7 (biotin), dan ayam adalah sumber kaya protein yang membantu memperkuat rambut rapuh. Kekurangan protein di dalam tubuh dapat menyebabkan kuku dan rambut mudah patah, serta lemak berlebihan. Akibatnya rambut jadi mudah lepek dan kotor.

3. Daging sapi dan tiram


Daging sapi dan tiram adalah sumber zinc atau zat besi. Itu sebabnya makanan ini sangat membantu meningkatkan penampilan rambut. Kekurangan zat besi bisa jadi penyebab rambut rontok, jadi jangan masukkan daging sapi dan tiram dalam daftar diet Anda. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu oksigen diserap tubuh. Zat besi juga membantu mengurangi uban di rambut.

4. Kacang-kacangan terutama almond


Kacang-kacangan seperti kenari dan almond kaya akan omega 3. Sama seperti khasiat salmon yang menyehatkan jantung serta mencegah rambut rontok dan tetap berkilau indah.

5. Lentil


Lentil adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Seperti halnya jenis kacang-kacangan lain, lentil juga diperkaya asam folat, vitamin B, zat besi, kalsium dan sumber protein yang baik bagi tubuh. Dalam tubuh, lentil juga bersifat antioksidan sehingga efektif mencegah masuknya radikal bebas dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan asam folat juga penting untuk pertumbuhan rambut dan pembaharuan sel pada rambut.

6. Wortel


Hampir semua orang tahu, wortel banyak mengandung vitamin A. Vitamin A pada rambut bisa mendorong pembentukan sebum (minyak) di kulit kepala. Sebum penting untuk menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap lembab. Kelenjar minyak pada rambut yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat, kerusakan kulit kepala dan ketombe.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon