Aktivitas Sehari-hari yang Mampu Membakar Lemak

Membakar lemak identik dengan kegiatan berolahraga yang memacu aktivitas otot, menimbulkan kelelahan, dan cukup menghabiskan waktu. Tak jarang, hal ini membuat sebagian orang merasa enggan untuk mulai berolahraga. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Aktivitas Sehari-hari yang Mampu Membakar Lemak

Padahal, kegiatan yang membakar kalori dan lemak sebetulnya bisa ditemukan dalam aktivitas sehari-hari. Jika dilakukan dengan rutin, kamu bisa membakar timbunan lemak dengan efektif melalui aktivitas ini.

Perbedaan Aktivitas Fisik dan Olahraga


Semua jenis kegiatan yang menggerakkan otot dan menyebabkan pengeluaran energi disebut aktivitas fisik. Saat melakukan aktivitas sehari-hari yang ringan sekalipun, kamu membakar kalori dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan saat beristirahat.

Namun, fungsi aktivitas fisik sehari-hari tentu berbeda dengan olahraga. Olahraga adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, terencana, terstruktur, dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Meskipun begitu, keduanya sama-sama dapat membakar lemak.

Aktivitas fisik dibagi ke dalam dua kategori, yaitu aktivitas fisik intensitas sedang dan aktivitas fisik intensitas berat. Beberapa jenis olahraga seperti angkat beban, basket, dan balap sepeda adalah contoh aktivitas fisik intensitas berat. Sementara itu, semua kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan adalah contoh aktivitas fisik intensitas sedang.

Membakar Lemak dengan Aktivitas Sehari-hari


Aktivitas Sehari-hari yang Mampu Membakar Lemak

Membakar lemak berarti membakar kalori yang ada pada tubuh, sebab lemak merupakan sumber kalori utama selain karbohidrat dan protein. Untuk membakar kalori melalui aktivitas sehari-hari, kamu dapat melakukan beberapa aktivitas berikut ini:

1. Lakukan pekerjaan rumah


Siapa sangka, pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai ternyata dapat membakar lemak. Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas ini bervariasi tergantung ukuran tubuh dan jenis kelamin, tapi kamu bisa membakar sedikitnya 102 hingga 160 kalori.

Buat rumahmu lebih bersih dengan menggunakan vacuum cleaner, dan kamu bisa membakar 119 kalori lagi. Lalu di akhir pekan, kamu bisa membakar ekstra 153 kalori dengan berkebun atau memangkas rumput liar di halaman rumah.

Sesekali, tak ada salahnya memindahkan perabotan untuk memperbarui suasana rumah. Saat memindahkan berbagai perabotan, kamu bisa membakar 191 kalori. Jumlah ini tak berbeda jauh dengan aktivitas bersepeda yang akan menghabiskan 220 kalori.

2. Tetap bergerak di dalam kantor


Terlalu banyak duduk dapat menjadi penyebab bertambahnya berat badan dan meningkatkan risiko obesitas. Karena itu, kamu harus tetap aktif bergerak sekalipun sedang bekerja di dalam kantor.

Setidaknya, setiap satu jam sekali, kamu bangun dari tempat duduk dan bergerak selama 15 menit. Kamu dapat berjalan ke toilet, mengambil minum, menjalankan tugas, menggunakan tangga, bercengkerama dengan rekan kerja, atau mengisi dokumen sambil berdiri.

Semua kegiatan ini dapat membakar setidaknya 350 kalori. Jumlah ini hampir setara dengan kalori yang terbakar saat menjalani senam aerobik ringan.

3. Berjalan kaki


Berjalan kaki adalah contoh aktivitas fisik yang sangat baik untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah. Selain mudah, berjalan kaki dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mengeluarkan biaya.

Berjalan kaki dengan kecepatan 3 km/jam selama 30 menit dapat membakar hingga 148 kalori. Jika kamu menambah kecepatan dan berjalan di atas jalur yang mendaki, jumlah kalori yang dibakar bahkan dapat mencapai 354 kalori.

4. Lakukan kegiatan lain selama menonton televisi


Bersantai dengan menonton televisi hanya akan membakar 40 kalori, sangat kecil jika dibandingkan dengan kalori dari sarapanmu pagi ini. Tapi, kamu bisa menambahkan kalori yang dibakar dengan melakukan kegiatan lain.

Ketika menonton televisi, selingi dengan melipat pakaian, menyeka debu yang terdapat pada perabotan, atau menyapu lantai. Tidak hanya akan membakar lemak dan kalori dalam tubuhmu, kegiatan ini juga akan menahan keinginan untuk mengonsumsi kudapan.

5. Mendekorasi rumah bersama keluarga


Bosan dengan penampilan rumah yang itu-itu saja? Nah, kamu bisa memperindah penampilan rumahmu sekaligus membakar lemak dalam tubuh. Kegiatan ini tidak membutuhkan peralatan khusus, cukup dengan menyiapkan peralatan yang kamu butuhkan sesuai dengan area rumah yang hendak didekorasi.

Kamu bisa membakar 150 kalori dengan mengecat rumah atau memperbaiki perabotan yang rusak dengan lama sekitar 30 menit. Lakukan bersama keluarga, dan kegiatan ini akan terasa lebih menyenangkan.

Untuk menyempurnakan kegiatan ini, kamu bisa membersihkan dan mengelap semua jendela di rumah selama 30 menit. Kegiatan tambahan ini ternyata mampu membakar hingga 150 kalori.

Aktivitas sehari-hari memang dapat membantumu membakar lemak, tapi kegiatan ini tak serta-merta dapat menggantikan olahraga. Selain rajin melakukan beragam aktivitas sehari-hari, kamu juga disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, dengan waktu minimal selama 30 menit.

Dengan begitu, tidak hanya membakar lemak, kamu juga telah memelihara fungsi organ tubuhmu tetap optimal dan mengurangi risiko terserang penyakit kardiovaskular.

Rekomendasi untuk Anda