May 3, 2018

Bolehkah Ibu Hamil Berenang?

Mitos tentang pantangan bagi ibu hamil nyatanya tidak semua tentang asupan makanan atau minuman saja. Tetapi juga mengenai aktivitas keseharian bahkan hobi. Salah satu yang sering ditanyakan adalah, bolehkah ibu hamil berenang?

Bolehkah Ibu Hamil Berenang

Olahraga berenang tidak dilarang untuk dilakukan oleh ibu hamil karena sama seperti olahraga lainnya, berenang akan membantu ibu hamil tetap terus aktif sehingga kesehatan janin dan tubuh ibu hamil sendiri tetap terjaga.

Untuk lebih tahu mengenai pengaruh berenang bagi ibu hamil, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Manfaat Berenang Ketika Hamil


Ketika sedang hamil, berenang dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang dilakukan. Mengapa?

Dengan berenang ibu hamil akan merasakan banyak manfaat positif, baik bagi ibu hamil sendiri dan juga janin yang dikandung. Manfaatnya antara lain adalah:

Melancarkan sirkulasi udara


Manfaat berenang adalah meningkatkan kemampuan tubuh dalam memanfaatkan dan mengembangkan oksigen yang penting untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

Kelancaran sirkulasi udara didapatkan melalui kinerja paru-paru ketika melakukan gerakan mengambil dan juga mengeluarkan napas ketika sedang berenang.

Bagi ibu hamil, kegiatan ini dapat membantu ibu membiasakan diri untuk mengolah pernapasan, yang sangat penting nantinya seiring semakin bertambah besarnya usia kandungan.

Melancarkan sirkulasi darah


Selain melancarkan sirkulasi udara, berenang juga melancarkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan kekuatan otot.

Terlebih lagi, dengan berenang ibu hamil dapat mengurangi rasa sakit pada punggung yang muncul karena ukuran perut yang terus membesar seiring bertambahnya usia kandungan.

Membakar kalori dan menambah energi


Berenang adalah salah satu olahraga yang membakar banyak kalori dan juga membantu mengatasi rasa lelah dan penat.

Setelah berenang, ibu akan bisa tidur nyenyak dan juga cenderung lebih mampu mengendalikan perubahan fisik dan emosi pada masa kehamilan.

Selain itu, dengan melakukan olahraga berenang, ibu hamil dapat tetap menjaga berat badannya agar tetap seimbang.

Melatih paru-paru dan jantung


Ketika berenang di dalam air, tubuh akan terhindar dari panas sehingga mendorong kerja ligamen dan juga persendian.

Dengan demikian, berenang memaksa jantung dan paru-paru untuk bekerja secara aktif sehingga mengurangi terjadinya pembengkakan dan juga retensi cairan.

Yang menarik lagi, berenang dapat membantu mengatasi nyeri akibat kehamilan.

Memperkuat otot rahim dan panggul


Berenang merupakan latihan fisik yang baik karena gerakannya memerlukan kedua jenis otot besar lengan dan juga kaki.

Bagi ibu hamil, berenang dapat memperkuat otot panggul dan juga otot rahim sehingga meskipun sedang hamil besar, ibu akan cenderung tidak terbebani dengan berat yang ditopang.

Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Resiko Berenang Ketika Hamil


Meskipun berenang bermanfaat baik untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil agar sesuai dengan tujuan utama.

Apabila kurang berhati-hati dan kurang persiapan maka berenang justru dapat berdampak negatif, seperti :

Kandungan klorin


Kolam renang sebagian besar menggunakan klorin untuk menjaganya tetap bersih. Jika ibu hamil berenang di kolam renang berklorin terlalu lama, maka hal ini dapat berdampak negatif untuk janin yang dikandung karena membuatnya rentan terhadap penyakit.

Teknik renang salah


Tidak sembarang gerakan diperbolehkan untuk ibu hamil. Terdapat gerakan renang khusus yang boleh dan tidak diperbolehkan bagi ibu hamil ketika berenang.

Ketika berenang, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan gerakan yang perlahan dan tidak banyak hentakan agar tidak mudah lelah dan juga menghindari terjadinya goncangan.

Terpeleset


Area kolam renang pastilah licin. Oleh karena itu, keseimbangan ibu hamil sangat perlu diperhatikan karena jika tidak berhati-hati maka dapat terpeleset dengan mudah. Resikonya adalah keguguran.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon