May 2, 2018

Cara Lain Mengatasi Cegukan

Pasti anda sudah mengetahui apa itu cegukan. Yah, cegukan kadang terjadi ketika kita makan terburu-buru, Batuk keras, tertawa berlebihan, merokok dan sebagainya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi cegukan? Seperti yang kita ketahui bahwa mengatasi cegukan, cukup dengan meminum air putih atau menahan napas. Namun perlu anda ketahui, ternyata masih banyak cara mengatasi cegukan ini.

Cara Lain Mengatasi Cegukan

Nah bagaimanakah alternatif lain mengatasi cegukan jika masih belum berhenti?

1. Membalik Posisi Badan


Untuk menghilangkan cegukan, kalian bisa mencoba menerapkan cara ini, yaitu membalik posisi badan. Jungkir balikkan badan sehingga kaki di atas dan kepala di bawah.

2. Tengadahkan Leher ke Belakang


Ini juga termasuk cara mudah yang bisa kalian lakukan. Tengadahkan leher sedikit ke belakang, setelah itu masukkan gula pasir sebanyak satu sendok teh di lidah kalian. Tunggu sebentar, jangan ditelan dulu. Nanti setelah muncul ludah yang bercampur dengan gula, segera telan dan segera minum air putih setengah gelas.

3. Pijat Langit-Langit Mulut


Kalian bisa memijat langit-langit mulut dengan menggunakan jari tangan, pijat secara perlahan dan lembut sampai cegukannya hilang. Kalau cegukannya sudah hilang jangan lupa cuci tangan ya.

4. Makan Selai Kacang


Selai kacang ternyata dipercaya bisa menghilangkan cegukan. Coba kalian memakan satu sendok selai kacang, gak usah pakai roti tawar loh ya. Tekstur selai kacang yang lengket dipercaya bisa mengubah irama pernafasan, sehingga cegukan bisa hilang.

5. Oleskan Minyak Kayu Putih


Cukup oleskan minyak kayu putih dari bagian leher sampai perut. Setelah nanti area tersebut terasa hangat, organ-organ bagian dalam akan bisa berfungsi normal kembali dan cegukan juga akan bisa hilang.

6. Mengunyah Lemon


Siapkan satu iris lemon yang masih segar dan segera dikunyah-kunyah. Cara tersebut ternyata dapat mengganggu polas impuls saraf vagus dan bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan.

7. Menahan Air di Dalam Mulut


Pada saat posisi berdiri tegak, coba kalian menahan air di dalam mulut sampai mulut kalian mengembung. Setelah itu, tundukkan badan kalian secara perlahan seperti gerakan mencium lutut, pada saat kalian melakukan gerakan tersebut jangan lupa untuk menelan air sedikit demi sedikit. Jika sudah, segera tegakkan kembali badan kalian.

Nah itu dia beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan yang kalian alami, jika saja cara di atas sudah kalian praktekan namun cegukan belum juga hilang, segera periksakan diri kalian di rumah sakit terdekat.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon