May 10, 2018

Cara Membuat Anak Kembar

Mempunyai anak adalah anugerah yang tidak ternilai harganya bagi orang tua. Apalagi jika orang tua dikaruniai anak kembar maka berlipat-lipat gandalah kebahagiaan mereka.

Cara Membuat Anak Kembar

Meskipun membesarkan anak kembar merepotkan karena tenaga dan dana yang dikeluarkan harus berlipat ganda, kebahagiaan yang didapat juga berlipat ganda.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan anak kembar. Setidaknya hanya tiga persen dari populasi manusia di dunia ini yang bisa memiliki anak kembar.

Akan tetapi peluang untuk mendapatkan anak kembar bisa semakin besar jika pasangan suami istri memiliki beberapa karakteristik yang akan disebutkan di bawah ini.

1. Ada Riwayat Kembar


Keluarga yang pernah mempunyai riwayat memiliki bayi kembar akan memperbesar peluang menurunkan anak kembar pada keturunannya. Riset telah membuktikan bahwa keluarga dari pihak ibu yang memiliki anak kembar maka keturunannya memiliki peluang empat kali lebih besar untuk mempunyai anak kembar.

2. Berasal dari Ras Afrika dan Eropa


Ternyata mempunyai anak kembar dipengaruhi juga oleh dari ras mana pasangan suami istri tersebut berasal. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa rasa Afrika memiliki peluang yang besar untuk menghasilkan anak kembar. Selain itu, ras kedua yang memiliki peluang besar untuk menghasilkan keturunan kembar adalah ras Eropa. Sedangkan, ras yang memiliki peluang kecil untuk mendapatkan anak kembar adalah ras Asia dan Hispanik.

3. Sering Hamil


Peluang memiliki anak kembar ternyata ada kaitannya dengan frekuensi kehamilan. Perempuan yang sudah hamil sebanyak tiga sampai empat kali mempunyai peluang untuk hamil anak kembar pada kehamilan berikutnya.

Terlepas dari tiga karakteristik yang memungkinkan seorang perempuan untuk hamil anak kembar, ada beberapa cara membuat anak kembar yang bisa dicoba oleh pasangan suami istri.

Berkonsultasi dengan Dokter atau Bidan


Langkah awal untuk mempunyai anak kembar adalah dengan mengonsultasikannya kepada dokter atau bidan. Setidaknya dokter dan bidan bisa menyarankan cara-cara apa saja yang bisa ditempuh agar bisa mempunyai anak kembar.

Hamil di Usia Tua


Peluang untuk mendapatkan anak pada perempuan yang berusia tua memang sedikit. Akan tetapi banyak perempuan yang hamil di usia tua yang justru melahirkan anak yang kembar.

Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang menemukan bahwa peluang mempunya anak kembar bagi perempuan berusia 45 tahun meningkat 17% dan perempuan berusia 40 tahun meningkat 7%.

Namun, hamil di usia tua bukanlah hal yang sepele. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk perempuan yang hamil di usia di atas 35 tahun.

Ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi pada perempuan yang hamil di usia tua seperti kualitas sel telur yang tidak sebaik hamil di usia di bawah 35 tahun serta proses ovulasi yang lama.

Selain itu, perempuan yang mengandung di usia di atas 35 tahun berpeluang besar untuk melahirkan anak-anak yang memiliki kelainan kromosom. Alhasil, anak-anak yang dilahirkan bisa terkena sindrom kelainan kromosom seperti sindrom down.

Perempuan yang hamil di usia tua memiliki risiko keguguran yang tinggi serta terkena penyakit diabetes gestational. Perempuan yang hamil di usia tua memiliki peluang untuk terkena komplikasi ketika melahirkan seperti pendarahan bahkan syok. Sehingga, perempuan yang hamil di usia tua bisa melakukan persalinan secara caesar untuk menghindari risiko tersebut.

Lakukan Tes Diagnostik


Tes diagnostik atau tes pra-kehamilan adalah langkah penting yang harus ditempuh oleh pasangan yang ingin mempunyai anak kembar. Tes tersebut untuk mengetahui kondisi rahim dan memastikan apakah rahim sanggup untuk mengandung dua janin sekaligus.

Selain itu, tes pra-kehamilan bisa dijadikan acuan untuk rencana selama masa kehamilan hingga masa persalinan seperti mengetahui kromosom bayi sehingga bayi bisa terhindar dari risiko terkena penyakit kelainan kromosom seperti down syndrome. Beberapa jenis tes yang biasanya dilakukan saat tes pra-kehamilan atas chorionic villus test dan tes amniosentesis.

Jaga Kesehatan Tubuh


Kesehatan tubuh memiliki peran yang penting dalam menentukan kehamilan. Tubuh yang sehat membuat semua aktivitas bisa berjalan dengan lancar tanpa ada yang terbengkalai.

Tubuh yang sehat akan metabolisme berjalan dengan lancar. Organ-organ tubuh bisa berfungsi secara optimal. Selain itu, risiko terkena penyakit diabetes gestational yang biasa menyerang ibu hamil bisa berkurang.

Makan Makanan yang Bergizi


Ternyata makanan menentukan keberhasilan kehamilan anak kembar. Sebaiknya perempuan yang ingin hamil anak kembar harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi yang komplit yaitu empat sehat lima sempurna.

Perempuan tidak perlu makan dengan jumlah yang banyak karena bisa meningkatkan obesitas. Asal seluruh zat gizi penting ada di dalam makanan maka perempuan menjadi lebih sehat. Khusus untuk ibu hamil makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang memiliki kadar asam folat yang tinggi.

Selain asam folat, ada juga kalsium, zat besi dan protein yang konsumsinya harus diperbanyak demi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Lima cara membuat anak kembar bisa dijadikan referensi untuk pasangan suami istri yang ingin merasakan kebahagiaan berlipat ganda dengan memiliki anak kembar. Akan tetapi usaha-usaha untuk mendapatkan anak kembar tersebut tidak akan sempurna tanpa adanya doa kepada Sang Pencipta.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon