Cara Mempercantik Diri dari Luar dan Dalam

Semua wanita tentu ingin tampil cantik. Sayangnya, banyak yang lupa bahwa kecantikan itu perlu dijaga dan dirawat agar terus terpancar indahnya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara mempercantik diri, baik dari dalam maupun dari luar.

Cara Mempercantik Diri dari Luar dan Dalam

Aura cantik seseorang tidak dapat muncul hanya dengan ragam produk perawatan kulit di pasaran. Gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat perlu dilakukan agar pesonamu tetap awet dan terjaga setiap saat.

Cara Mempercantik Diri dari Dalam Lewat Pola Makan Sehat


Beberapa masalah kulit tidak hanya disebabkan karena faktor eksternal seperti sinar matahari atau polusi. Perilaku sehari-hari, aktivitas, serta pola makan juga bisa memengaruhi tampilan kulitmu.

Oleh karena itu, berikut beberapa kebiasaan yang perlu kamu terapkan untuk menjaga kecantikanmu dari dalam :

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan


Pola makan tidak hanya memengaruhi berat badan, namun juga tampilan kulit. Sayuran dan buah-buahan adalah jenis sajian yang penting untuk kamu tambah asupannya agar kulit tetap sehat.

Sayur dan buah umumnya mengandung vitamin dan antioksidan yang akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta radikal bebas. Manfaat ini akan menjaga kulit tampak cerah dan tetap muda.

Buah dan sayur tinggi kandungan vitamin E dan C lebih disarankan. Pasalnya, vitamin ini juga dapat menyamarkan keriput yang merupakan tanda penuaan dini. Maka dari itu, kamu bisa mencoba brokoli, bayam, stroberi, juga jeruk dan lemon.

Bila gaya hidupmu terlalu sibuk untuk mencari ragam buah dan sayuran tersebut, coba dapatkan manfaat yang sama dari suplemen, vitamin, juga minuman padat nutrisi, seperti FIB.

Selain padat kandungan gizi dari sayur dan buah, FIB juga sarat kandungan probiotik dan prebiotik yang baik untuk kulit dan saluran pencernaan serta mampu melakukan detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh).

Pilih Asupan Lemak Sehat


Tidak semua sajian tinggi kandungan lemak buruk untuk kesehatan. Asam lemak omega 3 justru menyehatkan tubuh secara keseluruhan, mulai dari jantung, tulang, mata, hingga kulit indahmu.

Asam lemak ini membantu menjaga kulit tetap kencang dengan mempertahankan jumlah kolagen. Kolagen adalah salah satu protein pendukung yang menjaga elastisitas kulit.

Asam lemak omega 3 bisa kamu temukan pada beberapa ikan seperti makerel, sarden, salmon, dan tuna. Sedang dari sumber nabati, kamu bisa menjumpainya pada bayam, santapan berbahan kedelai, juga kacang-kacangan (walnut, almond).

Membatasi Asupan Kalori Harian


Kamu disarankan untuk membatasi asupan kalori harian. Menurunkan konsumsi kalori disebut dapat memperlambat proses penuaan sel dengan menurunkan kerja ribosom, yakni bagian dari sel yang berfungsi membuat protein.

Cara ini pun disebut dapat menambah angka harapan hidup serta menjaga fungsi tubuh tetap sehat secara keseluruhan. Meski begitu, penelitian ini belum dilakukan pada manusia sehingga belum dapat disarankan secara medis.

Mengetahui kebutuhan kalori mininum untuk dirimu hingga berdiskuksi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan diet rendah kalori ini sangat disarankan.

Sebagai saran tambahan, kamu juga perlu berhenti merokok dan membatasi konsumsi alkohol. Pasalnya, kedua hal ini bisa mengurangi produksi kolagen, menyebabkan penuaan diri, hingga meningkatkan risiko terjadinya kanker pada sel-sel kulit.

Tidak lupa, hindari juga hal-hal yang dapat memperburuk tampilan kulitmu seperti stres dan kurang tidur. Pasalnya, kondisi tersebut bisa saja memicu jerawat, kerontokan rambut, hingga penuaan dini.

Cara Mempercantik Diri dari Luar Lewat Produk Perawatan Kulit


Cara Mempercantik Diri dari Luar Lewat Produk Perawatan Kulit

Pola makan dan gaya hidup memang penting untuk menjaga kecantikan. Namun, perawatan kulit harian dan produk yang digunakan juga butuh diperhatikan. Kamu memerlukan lima produk berikut untuk memastikan kesehatan kulit tetap terjaga:

Pembersih Kulit


Kamu perlu membersihkan wajah paling tidak 2 kali sehari. Cara ini membantu mengangkat kotoran, bakteri, minyak, bahkan make up yang tersisa di wajahmu setelah beraktivitas.

Produk yang kamu pilih sebaiknya berbahan lembut, bebas kandungan sodium lauryl sulfate, dan memiliki kadar pH rendah. Produk ini dapat mempertahankan keseimbangan kulit dan membantu mencegah iritasi.

Toner


Produk ini penting untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, toner membantu mengembalikan pH normal kulit. Tetapi, bila kamu sudah yakin produk pembersih wajah yang kamu gunakan memiliki pH rendah, toner sebenarnya tidak dibutuhkan.

Pelembap


Seiring bertambahnya usia, kelembapan kulit dapat menurun, yang menjadikannya rentan mengalami keriput. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengoleskan pelembap, apalagi bila kamu memiliki tipe kulit wajah kering.

Kamu disarankan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan senyawa yang mampu mengikat air. Contohnya seperti produk yang mengandung asam hialuronat dan gliserin.

Scrub atau Exfoliator


Regenerasi kulit akan melambat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini bisa membuatnya tampak kusam. Oleh karena itu, produk pengangkat sel-sel kulit mati (scrub atau exfoliator) perlu kamu miliki.

Pilihlah exfoliator dengan kandungan AHAs (Alpha-hydroxy Acids) seperti asam glikolat dan asam laktat. Patut diingat, gunakan exfoliator 1 sampai 2 kali seminggu saja, ya!

Tabir Surya


Paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa memicu penuaan dini. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya. Pilihlah tabir surya dengan minimal SPF 30 ya.

Bila bingung mencari produk yang tepat, kamu bisa menggunakan Dr.Care. Ragam produk perawatan kulit mulai dari exfoliator dengan kandungan AHAs juga antibakteri, pembersih wajah, toner, hingga tabir surya tersedia di sini.

Cara mempercantik diri perlu kamu lakukan dari dalam dan luar. Dari dalam dengan menerapkan pola makan sehat dan seimbang dan dari luar dengan memilih produk perawatan kulit dan tepat. Dapatkan pesona sesungguhnya dengan cantik luar dalam.

Rekomendasi untuk Anda