May 3, 2018

Cara Meningkatkan Libido Saat Behubungan Intim

Berkurangnya keinginan melakukan hubungan intim adalah hal yang wajar dialami setiap pasangan. Apabila keadaan tersebut berlangsung dalam waktu lama tanpa diketahui sebabnya, ini bisa menjadi penanda bahwa kamu sedang mengalami penurunan libido.

Cara Meningkatkan Libido Saat Behubungan Intim

Meskipun terdengar sepele, kondisi ini bisa menimbulkan masalah bagi kamu dan pasangan. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengetahui penyebab penurunan libido dan bagaimana cara meningkatkan libido yang dapat kamu terapkan sendiri.

Apa yang Menyebabkan Penurunan Libido?


Seperti kondisi lain yang terdapat pada tubuh manusia, tingkat libido juga bervariasi pada setiap orang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berasal dari dalam maupun luar tubuh, di antaranya sebagai berikut:

Hormon Testosteron yang Rendah


Testosteron adalah hormon yang berperan dalam fungsi seksual dan memengaruhi dorongan seksual seorang laki-laki. Seiring pertambahan usia, produksi testosteron di dalam tubuhmu akan berkurang dan menyebabkan penurunan gairah seksual.

Pengobatan Tertentu


Beberapa jenis obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan denyut jantung dapat mengurangi kemampuanmu dalam ereksi dan ejakulasi. Jika dampak ini terasa amat mengganggu, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti jenis obat yang digunakan, jika memungkinkan.

Masalah Psikologis


Stres, rasa gugup, permasalahan dengan keluarga, dan depresi adalah contoh masalah psikologis yang dapat menurunkan gairah berhubungan seksual. Efek ini dapat bertambah berat apabila kamu juga mengonsumsi obat antidepresan untuk mengatasi masalah psikologis yang kamu alami.

Gangguan Tidur


Orang yang mengalami gangguan tidur cenderung memiliki kadar testosteron yang rendah. Karena testosteron adalah hormon yang memengaruhi gairah seksual seseorang, rendahnya kadar hormon ini berimbas pula pada rendahnya libido.

Stres


Tekanan yang kamu alami sehari-hari ternyata bisa menjadi penyebab penurunan libido. Ketika stres, pembuluh arteri mengalami penyempitan sehingga aliran darah menuju penis terhambat. Akibatnya, kemampuan penis untuk ereksi pun berkurang.

Cara Meningkatkan Libido Secara Alami


Cara Meningkatkan Libido Saat Behubungan Intim

Kamu dapat mengatasi masalah penurunan libido dengan berbagai cara, dan sebagian besar di antaranya bisa kamu terapkan sendiri tanpa perlu sulit mencarinya. Berikut adalah cara meningkatkan libido yang dapat kamu lakukan.

Mengonsumsi Afrodisiak


Afrodisiak adalah sebutan bagi bahan makanan yang diyakini dapat meningkatkan libido. Meskipun khasiat afrodisiak belum banyak terbukti secara medis, tak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mengatasi masalah penurunan gairah seksual.

Makanan yang termasuk dalam kelompok afrodisiak di antaranya adalah buah pisang, alpukat, ginseng merah, kacang pistachio, dan safron.

Mengonsumsi Cokelat


Cokelat bisa menjadi pilihan apabila bahan makanan afrodisiak sulit untuk didapatkan. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa cokelat dapat meningkatkan produksi feniletilelamin (PEA) dan serotonin yang merupakan pemicu mood baik dan gairah seksual.

Mengelola Stres


Stres adalah salah satu faktor yang sering menjadi pemicu berbagai gangguan kesehatan. Untuk membebaskan dirimu dari stres, kamu dapat mencoba melakukan kegiatan meditasi, mengikuti kelas yoga, atau menjalani aktivitas fisik yang dapat menekan produksi hormon penyebab stres.

Mengurangi Konsumsi Alkohol


Alkohol memang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, tapi terlalu banyak mengonsumsi alkohol justru dapat mengurangi kemampuan penis untuk ereksi. Bahkan, kecanduan alkohol juga dapat menjadi penyebab kamu sulit mencapai orgasme.

Tidur dengan Cukup


Kurang tidur dapat menjadi pemicu gangguan tidur lain yang erat kaitannya dengan penurunan kadar testosteron. Sebisa mungkin, hindari kurang tidur agar tubuhmu mendapatkan istirahat yang optimal dan produksi testosteron dalam tubuhmu tidak mengalami gangguan.

Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Pasangan


Komunikasi adalah unsur yang amat penting dalam sebuah hubungan. Konflik memang tak dapat dihindari, tapi kamu dan pasanganmu perlu mengusahakan agar setiap konflik dapat terselesaikan dengan baik. Pasalnya, perselisihan yang berlarut-larut dapat menjadi salah satu faktor penurun libido.

Apabila kamu telah menerapkan berbagai cara meningkatkan libido tapi tidak juga mengalami perkembangan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti penurunan libido yang kamu alami.

Penanganan yang mungkin akan kamu jalani di antaranya adalah perbaikan diet dan gaya hidup, perubahan jenis pengobatan, terapi hormon testosteron, atau konseling apabila masalah penurunan libido yang kamu alami berkaitan dengan masalah psikologis.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja cara meningkatkan libido, bukan? Jangan biarkan masalah libido menjadi prahara dalam hubunganmu, segera lakukan beberapa hal di atas atau konsultasikan hal ini kepada dokter.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon