May 2, 2018

Cara Merawat Pakaian Putih

Sebagai orang tua terutama ibu pasti memprioritaskan untuk menjaga pakaian putih milik seluruh keluarga agar tetap cerah dan bersih. Kita pasti tahu bahwa lambat laun pakaian putih akan menjadi kekuningan, apalagi jika si kecil yang pulang sekolah dengan baju terkena noda. Jadi akan lebih baik kalau ibu mengetahui cara merawat pakaian sejak dini.

Cara Merawat Pakaian Putih

Kemeja suami dan seragam si kecil mulai terlihat semakin kusam jika digunakan terus-menerus. Semua orang tua khususnya ibu pasti selalu berusaha menjaga agar baju putih agar tetap putih selama mungkin. Lalu, bagaimana cara yang paling ampuh untuk merawat pakaian putih?

Pertama, pisahkan baju putih dari pakaian berwarna. Pakaian yang sudah lama dimiliki pun tetap bisa melunturkan warnanya bahkan dapat membuat kain putih menjadi keabu-abuan dan kusam. Selain itu, pisahkan pakaian yang tidak terlalu kotor dengan pakaian yang sangat kotor. Ibu tentu tak mau baju yang terkena lumpur mengenai baju sekolah si kecil yang sebenarnya tidak terlalu kotor, bukan?

Kedua, cucilah baju putih sehabis dipakai untuk menegah keringat atau noda lemak lainnya yang menempel pada baju dan membuatnya menguning. Untuk mencegah noda-noda bermunculan, Ibu dapat menambahkan setengah cangkir bubuk soda kue ke dalam laci deterjen.

Ketiga, pastikan kondisi mesin cuci selalu bersih. Untuk mencegah munculnya bau-bau tertentu, bersihkan tabungnya secara teratur dan biarkan pintu mesin cuci terbuka ketika tidak sedang digunakan. Bersihkan kerak-kerak yang ad ajika perlu ganti juga filternya. Kalau perlu, Ibu juga dapat melakukan satu siklus pencucian tanpa muatan.

Keempat, perhatikan penggunaan pemutih klorin. Pemutih klorin memang dapat membantu mencerahkan baju putih, namun penggunaannya yang terlalu banyak justru dapat memengaruhi intensitas warna putih pada baju tersebut. Jangan menggunakan terlalu banyak pemutih ketika si kecil berada di sekitar Ibu karena zat-zat kimia yang keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Cobalah masukkan setengah cangkir perasan jeruk lemon ke dalam mesin cuci untuk benar-benar membuat pakaian tersebut menjadi benar-benar cerah.

Terakhir, setelah proses pencucian selesai dilakukan, langsung keluarkan cucian dari mesin cuci dan keringkan di bawah sinar matahari langsung. Sinar ultraviolet akan secara alami mencerahkan pakaian putih dan juga akan meninggalkan wangi yang segar.

Itulah beberapa cara untuk merawat pakaian putih agar tetap putih selama mungkin khususnya bagi Ibu yang menggunakan mesin cuci di rumah. Semoga bermanfaat.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon