Cara Perawatan Kulit Berminyak yang Benar

Wajah yang berkilap, berpori-pori besar, kusam, berkomedo, dan kadang disertai jerawat, merupakan karakteristik utama dari kulit berminyak. Sayangnya, sebagian wanita tidak memahami perawatannya sehingga kondisi kulit justru tidak membaik.

Cara Perawatan Kulit Berminyak yang Benar

Padahal, melakukan perawatan kulit berminyak secara mandiri sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kamu cermat dalam memilih produk perawatan kulit dan tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Tips Merawat Kulit Berminyak


Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam merawat kulit wajahmu. Simak baik-baik, ya!

1. Cucilah Wajah dengan Benar


Sebagai langkah paling dasar dalam perawatan kulit berminyak, mencuci wajah dengan benar adalah hal yang penting. Dengan cara yang benar, kamu dapat terbebas dari kulit kusam.

Pilihlah sabun yang tidak mengandung detergen atau bahan dasar keras lainnya. Kamu bisa menggunakan sabun berbahan gliserin untuk merawat kulitmu yang berminyak.

Tetap ingat untuk tidak mencuci wajahmu secara berlebihan. Kamu cukup melakukannya dua kali dalam sehari. Perlu kamu tahu bahwa mencuci wajah berlebihan dapat membuat kulitmu rentan mengalami iritasi.

2. Lanjutkan dengan Toner


Meski keberadaannya mungkin sering dilupakan, penggunaan toner tetap bisa disisipkan dalam rutinitas perawatan kulitmu. Fokuskan penggunaannya di area dagu hingga T-zone (letaknya di dahi dan hidung).

Penggunaan toner di T-zone perlu dilakukan karena merupakan area yang rawan berminyak. Terlebih jika kulit wajahmu termasuk kulit wajah kombinasi, di mana penggunaannya secara menyeluruh justru dapat membuat area yang tidak berminyak menjadi lebih kering.

3. Kulit Berminyak Juga Butuh Pelembap


Ketika kulit berminyak tidak diberi pelembap, permukaan kulit akan terlihat semakin kusam dan kehilangan kekenyalannya. Oleh karena itu, pilihlah jenis pelembap dengan bahan dasar air dan mengandung asam hyaluronic.

Selain itu, untuk pelembap kulit berminyak, hindari produk berbahan dasar seperti mineral oil, petroleum, serta petrolatum. Bahan-bahan ini hanya akan menyumbat pori dan memicu produksi minyak berlebih.

4. Pastikan Tidak Melupakan Tabir Surya


Boleh dibilang, sebagian pemilik kulit berminyak memusuhi penggunaan tabir surya karena teksturnya yang tebal dan cenderung menyumbat pori. Padahal, penggunaan tabir surya tak kalah penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Hindari pemilihan tabir surya dengan tekstur krim atau losion, karena hanya akan membuat tampilan kulit wajah semakin berminyak. Pilihlah tabir surya berbentuk gel agar kulit tidak tampak mengilap, namun tetap terlindung dari sengatan sinar matahari.

5. Rutin Menggunakan Masker untuk Kulit Berminyak


Penggunaan masker berbahan dasar lumpur atau clay dapat membantu merawat kulit berminyakmu. Masker ini diyakini dapat menyerap minyak berlebih dan merawat berbagai masalah kulit yang membandel.

Untuk membuat masker lumpur, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk masker lumpur dengan air mawar murni. Aduk hingga teksturnya mengental, kemudian oleskan ke wajah. Tunggu hingga masker kering dan bilas dengan air hangat.

Usir Minyak Berlebih dengan Masker Alami


Usir Minyak Berlebih dengan Masker Alami

Setelah melakukan langkah perawatan wajah berminyak di atas, terdapat beberapa pilihan ramuan masker alami untuk mengatasi produksi minyak berlebih di wajahmu. Yuk, simak pilihan masker alami untuk perawatan wajah berminyak!

1. Masker Tomat


Mengapa tomat? Tomat direkomendasikan sebagai perawatan kulit berminyak karena kaya akan kandungan asam salisilat yang terkenal mampu menyerap minyak berlebih di wajah. Buah ini juga dapat membantu mengusir jerawat pada wajah, serta membuka pori-pori yang tersumbat.

Meramu masker tomat terbilang mudah. Kamu cukup melumatkan satu buah tomat dan mencampurnya dangan satu sendok teh gula. Kemudian, oleskan campuran masker pada wajah, lalu diamkan selama lima menit. Selanjutnya, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

2. Campuran Masker Putih Telur dan Lemon


Perasaan lemon dan putih telur dianggap efektif untuk memecahkan masalah kulit berminyak. Tak hanya itu, kombinasi kedua bahan ini juga dipakai untuk mengencangkan pori-pori kulit.

Membuat masker untuk kulit berminyak ini pun tidak sulit. Campurkan putih telur dengan satu sendok perasan jeruk lemon. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga masker mengering. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Penggunaan masker alami ini secara teratur tentu dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

3. Rajin Mengoleskan Lidah Buaya


Lidah buaya dinilai efektif untuk merawat wajah berminyak. Cara menggunakannya pun mudah. Kamu cukup mengoleskan lendir alami dari tanaman ini, atau gel lidah buaya yang dijual di toko komestik, ke wajahmu sebelum tidur. Lalu bilas keesokan harinya.

Patut diingat bahwa lidah buaya dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Bila kamu belum pernah menggunakannya, cobalah mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada lengan bawahmu. Apabila tidak ada reaksi yang timbul dalam satu hingga dua hari, perawatan ini bisa kamu lanjutkan.

Itulah sejumlah perawatan kulit berminyak yang bisa kamu lakukan. Kuncinya adalah jeli dalam memilih perawatan yang tepat dan menggunakannya dengan cara yang tepat pula.

Rekomendasi untuk Anda