Cara yang Benar Mencuci Baju Kaos

Mencuci pakaian menggunakan sabun deterjen bukanlah perkara baru dalam keseharian kita. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada cara-cara tertentu ketika mencuci baju khususnya baju kaos agar tetap awet.

Cara yang Benar Mencuci Baju Kaos

Berikut beberapa cara yang benar untuk mencuci baju kaos agar lebih awet dan tahan lama.

Jangan Rendam Terlalu Lama


Tips pertama ialah jangan rendam terlalu lama baju kaos di dalam rendaman sabun deterjen. Apalagi jika baju kaos tersebut adalah baju kaos sablonan dapat dipastikan sablonan tersebut akan cepat terkelupas. Jikalau ingin merendam, usahakan tidak lebih dari 30 menit agar dapat menjaga keawetan sablonan.

Jangan Gunakan Sikat


Tips kedua ialah jangan gunakan sikat untuk membersihkan noda membandel pada baju kaos. Kalau pun terpaksa harus menggunakan sikat, pastikan untuk memakai sikat halus agar dapat menjaga keawetan baju kaos Anda. Untuk menghilangkan noda yang kurang membandel cukup kucek secara perlahan. Jangan kucek terlalu keras karena dapat merusak serat kain pada baju kaos Anda.

Hindari Penggunaan Hanger


Tips ketiga adalah hindari penggunaan hanger saat proses penjemuran. Hanger dapat membuat baju kaos Anda menjadi melebar (melar). Apalagi jika yang Anda jemur adalah baju kaos yang menggunakan bahan tekstur yang lembut seperti spandek dan katun. Daripada menggunakan hanger, lebih baik gunakan jepitan yang dibuat khusus untuk mengeringkan pakaian agar dapat menjaga keawetan baju kaos Anda.

Hindari Penggunaan Mesin Cuci


Tips keempat adalah hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci baju kaos. Meskipun mencuci dengan mesin cuci dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan namun jangan gunakan untuk mencuci baju kaos. Baju kaos yang dicuci menggunakan mesin cuci akan banyak mengalami kerusakan seperti cepat kusut, benangnya rusak, dan sablon yang ada akan pecah hingga terkelupas.

Hindari Penggunaan Pemutih Pakaian


Tips kelima ialah hindari memakai pemutih pakaian untuk membersihkan noda membandel. Baju kaos dibuat berbeda dengan baju formal seperti kemeja putih untuk kerja. Zat yang dimiliki oleh pemutih pemakaian dapat menyebabkan warna kaos memudar. Kalau pun terpaksa menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda membandel, gunakan bantuan cutton buds atau biasanya yang dikenal dengan pembersih telinga.

Nah itulah beberapa cara yang dapat Anda ikuti agar dapat menjaga keawetan baju kaos ketika mencuci menggunakan sabun deterjen.

Rekomendasi untuk Anda