Fungsi dan Cara Menggunakan Serum Wajah

Produk kecantikan wajah ternyata tidak hanya sekedar menggunakan pembersih wajah dan pelembap saja. Penggunaan serum wajah dianggap bisa menjadi pelengkap perawatan kulitmu. Lalu, apa sebenarnya fungsi serum wajah?

Fungsi dan Cara Menggunakan Serum Wajah

Berbeda dengan produk lainnya, serum dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari mencegah timbulnya kerutan, flek hitam, jerawat hingga kemerahan pada wajah. Lebih lengkap, berikut ini adalah penjelasan mengenai serum.

Apa Itu Serum?


Secara garis besar, serum wajah merupakan gel berisi nutrisi bagi kulit yang umumnya berwarna jernih dan berbasis air, sehingga dapat menyerap lebih cepat bila dibandingkan dengan produk perawatan kecantikan lainnya.

Serum dapat terlihat sebagai cairan bening yang sedikit kental. Meski begitu, produk ini biasanya tidak mengandung bahan-bahan seperti minyak mineral ataupun petrolatum. Oleh karenanya, serum tidak menyebabkan rasa lengket maupun berat pada wajah.

Sebotol serum juga mengandung sejumlah bahan aktif, mulai dari antioksidan, vitamin, peptida hingga bahan pencerah seperti asam kojic. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat berkerja menembus bagian terdalam lapisan kulit.

Fungsi Serum Wajah


Selain memiliki kelebihan pada molekul bahan aktif yang lebih kecil, serum mampu menawarkan beragam fungsi bagi wajah. Beberapa produk serum juga memiliki komposisi tambahan, misalnya serum yang ditujukan sebagai anti-penuaan maupun berbagai masalah kulit lainnya.

Pemakaian serum wajah secara teratur tidak hanya mengatasi kerutan pada wajah. Terdapat fungsi serum lainnya seperti memperbaiki struktur kulit yang rusak, mencerahkan, hingga melindungi dari paparan sinar ultraviolet.

Kandungan utama yang terdapat pada serum seperti vitamin A dan vitamin C dianggap sebagai kedua bahan yang dapat menangkal penuaan pada wajah. Sifatnya yang dapat bertindak sebagai antioksidan mampu menangkal reaksi stres oksidatif sehingga berpotensi meningkatkan produksi pembentukan kolagen kulit.

Sementara itu, serum juga dianggap memiliki keunggulan yakni cara kerja serum yang efektif bagi para pemilik wajah berminyak. Pasalnya, produk ini dapat menjadi pilihan perawatan yang tidak meninggalkan rasa berat di wajah maupun lengket.

Meski begitu, kamu juga harus menggunakannya secara cermat. Penggunaan serum secara berlebihan atau tidak sesuai dengan takaran dianggap dapat menyebabkan beragam keluhan pada kulit, salah satunya seperti iritasi.

Cara Menggunakan Serum dengan Benar


Selain mengetahui kegunaan serta fungsi serum, ada baiknya kamu mengetahui dulu bagaimana cara menggunakan serum dengan benar. Agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut caranya :

  • Bersihkan wajah terlebih dulu. Sebelum menggunakan berbagai produk kecantikan, sebaiknya lakukan pembersihan wajah terlebih dulu. Guna mengangkat sisa kotoran atau kelebihan minyak yang masih menempel pada wajah.
  • Gunakan serum secukupnya. Pemakaian produk serum tidak perlu berlebihan. Kamu bisa membubuhkan serum sekitar 1 hingga 2 tetes di atas telapak tangan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah secara merata.

Lakukan dengan gerakan menepuk-nepuk sampai seluruh produk menyerap dengan baik pada wajah.

  • Beri Jeda Waktu. Penggunaan serum mungkin dapat mengiritasi kulit terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Oleh karenanya, beri jeda waktu sebelum menggunakan serum setidaknya 5 atau 10 menit setelah membersihkan wajah.
  • Jangan Lewatkan Pelembap. Meski serum sudah cukup menutrisi kulit, bukan berarti kamu justru melewatkan pelembap favoritmu. Pasalnya, serum tidak didesain untuk melembapkan kulit sehingga tidak bisa menggantikan fungsi pelembap.

Guna mendapatkan manfaat serum, kamu bisa mengaplikasikan serum pada siang hari sebelum menggunakan pelembap ataupun tabir surya. Sedangkan saat malam hari, sebaiknya gunakanlah sebelum krim malam. Ingat, pastikan kamu sudah membersihkan wajah terlebih dulu.

Efek Samping yang Mungkin Muncul Akibat Pemakaian Serum


Perlu dipahami jika penggunaan serum mungkin tidak cocok untuk beberapa jenis kulit. Misalnya, pemilik penyakit kulit kronis seperti eksim (gangguan pada kulit yang dapat menyebabkan gatal dan kemerahan).

Begitu pula dengan penderita rosacea (ditandai dengan munculnya kemerahan dan bintil pada beberapa area wajah seperti pipi, hidung dan mata) tidak disarankan menggunakan serum, karena berisiko menyebabkan iritasi.

Selain itu, menggunakan produk-produk berat di awal perawatan kulitmu juga dianggap dapat menghalangi serum menyerap dengan baik hingga ke bagian dalam kulit.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui fungsi serum wajah? Meski produk serum mungkin dapat lebih mahal, namun perlu kamu ketahui jika serum memiliki lebih banyak nutrisi bila dibandingkan dengan produk perawatan lainnya.

Setelah mengetahui fungsinya, ada baiknya kamu juga menerapkan cara pemakaian serum yang benar, agar produk dapat berkerja secara maksimal dan kamu dapat memiliki tampilan wajah yang berkilau.

Apabila kamu mengalami iritasi atau gangguan masalah pada kulit lainnya, sebaiknya segera periksakan kondisi kulitmu tersebut pada ahlinya guna mendapatkan perawatan terbaik. Selamat mencoba!

Rekomendasi untuk Anda