Apa Saja yang Dapat Membatalkan Ibadah Puasa?

Puasa Ramadan 2018 tinggal hitungan jam saja nih, apa kamu sudah siap untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh? Selain harus banyak-banyak beribadah, kamu juga harus menahan emosi dan lebih pengertian, karena puasa Ramadan ini tentu saja akan menjadi ladang amal untukmu.

Apa Saja yang Dapat Membatalkan Ibadah Puasa?

Kamu akan merasakan hikmah puasa wajib yang datang satu tahun sekali ini. Sebelum masuk ke bulan puasa Ramadan 2018, yuk ingat-ingat lagi hal yang membatalkan puasa dan hal makruh lainnya yang bisa membatalkan puasa.

1. Sikat gigi saat puasa


Sikat gigi saat puasa

Hukum sikat gigi saat puasa ini sebenarnya masih jadi perdebatan karena setiap ulama dan ustadz memiliki pemikiran yang berbeda. Saat puasa Ramadan bau mulut memang jadi masalah utama yang akan kamu hadapi. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi kalau dilakukan setelah waktu dzuhur.

2. Mencicipi masakan saat puasa Ramadan


Mencicipi masakan saat puasa Ramadan

Ibu-ibu tentu pernah merasakan hal ini nih, ketika masak harus mencicipi rasa masakannya. Mencicipi masakan saat puasa Ramadan ini bisa menjadi hal yang membatalkan puasa. Apalagi kalau kamu sengaja mencicipi karena tidak yakin akan rasanya. Kalau memang sengaja melakukan hal ini banyak ulama yang menyebutkan hukumnya makruh.

3. Berkumur saat puasa


Berkumur saat puasa

Sama seperti sikat gigi saat puasa, berkumur saat puasa juga bisa membatalkan puasa. Apalagi kalau sengaja berkumur dengan berlebihan ini tentu saja bisa membuat puasamu tidak sah. Seperti yang diketahui niat berpuasa itu salah satunya adalah tidak makan dan minum. Sedangkan kalau kamu berkumur dengan cara berlebihan kamu bisa saja tidak sengaja meminum airnya. Makanya banyak orang yang tidak melakukan kumur saat wudhu di bulan Ramadan.

4. Muntah dengan sengaja


Muntah dengan sengaja

Bukan hanya makan dan minum saja yang bisa membatalkan puasa. Muntah juga bisa membatalkan puasa, apalagi kalau muntahnya ini disengaja. Tapi kalau kamu muntah karena tidak sengaja misalnya saja karena sakit kamu tetap bisa melanjutkan puasamu.

5. Merokok saat puasa


Merokok saat puasa

Hal ini masih banyak dipertanyakan orang, merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, merokok ini bisa membuatmu batal puasa. Bukan hanya saat puasa Ramadan saja saat kamu melakukan puasa lainnya pun merokok tetap bisa membatalkan puasa.

6. Ejakulasi


Ejakulasi

Kalau melakukan hubungan suami istri atau bersetubuh memang sudah jelas membatalkan puasa. Tapi kalau pelukan dan ciuman masih banyak yang mempertanyakan soal hukumnya. Pelukan dan ciuman sebenarnya bisa saja tidak membatalkan puasa tapi lebih baik menghindari karena bisa saja kamu mengalami ejakulasi. Bahkan saat kamu berpikiran yang aneh-aneh pun bisa membatalkan puasa kalau kamu mengalami ejakulasi.

7. Berenang


Berenang

Pasti banyak nih yang bertanya-tanya apakah selama berpuasa boleh berenang. Sebenarnya berenang boleh-boleh saja selama bulan puasa tapi yang pasti kamu harus menjaga tidak ada air yang masuk ke dalam tubuhmu. Hal ini tentu saja bisa membatalkan puasa tanpa kamu sadari jadi lebih baik kamu berenang setelah waktu berbuka.

8. Menstruasi


Menstruasi

Haid atau menstruasi adalah rutinitas yang dialami oleh kaum wanita setiap bulannya. Saat bulan Ramadan, wanita yang sedang menstruasi dilarang untuk berpuasa, bahkan diharamkan untuk berpuasa. Maka dari itu, meski sudah sahur dan menjalankan ibadah puasa namun tiba-tiba keluar darah menstruasi, maka puasanya akan langsung batal.

9. Berhubungan seksual


Berhubungan seksual

Selain ejakulasi yang dialami oleh kaum pria, berhubungan seksual di siang hari selama bulan Ramadan juga merupakan hal yang membatalkan puasa bagi mereka yang menjalankannya. Hal ini karena tujuan utama berpuasa, yaitu menahan hawa nafsu telah dilanggar. Karenanya, puasanya langsung batal dan harus digantikan.

10. Emosi yang berlebihan


Emosi yang berlebihan

Menjalankan ibadah puasa artinya menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain hawa nafsu, kita juga diharuskan menahan emosi selama berpuasa. Jika seorang yang sedang berpuasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan, maka puasanya batal. Meski ada saja yang tetap melanjutkan puasanya, sesungguhnya mereka hanya menahan lapar dan haus tanpa mendapat pahal berpuasa.

Sudah tahu kan mana saja yang akan membuat puasamu batal, semoga ya tahun ini puasanya lancar. Semoga tahun ini juga dapat hikmah puasa wajib selama satu bulan penuh. Selain niat berpuasa yuk lebih banyak beribadah!

Rekomendasi untuk Anda