May 1, 2018

Kandungan Penting yang Harus Ada pada Susu Anak 1 Tahun

Beberapa wanita tidak mampu memproduksi ASI sesuai kebutuhan gizi anak yang baru dilahirkannya. Jalan alternatif yang dapat diambil adalah dengan memberi susu formula sebagai PASI (Pengganti ASI), yang tentu tidak boleh asal pilih. Periksa dengan teliti kandungannya melalui komposisi yang tertera dalam kemasan. Semakin mirip kandungannya dengan ASI, makin baik pula kualitas susu pertumbuhan anak 1 tahun tersebut.

Kandungan Penting yang Harus Ada pada Susu Anak 1 Tahun

Susu formula yang kini banyak beredar di pasaran diproduksi sesuai tahap usia tumbuh kembang anak. Untuk mencari susu formula khusus anak usia 1 tahun, pilih susu formula dengan kemasan yang mencantumkan usianya, karena kebutuhan gizi anak usia 1 tahun, berbeda dengan usia tahun kedua, ketiga dan seterusnya.

Lalu apa saja kandungan susu formula yang penting untuk tumbuh kembang anak usia 1 tahun ini? Berikut 5 di antaranya.

1. AHA, EPA, dan DHA


Zat gizi yang merupakan turunan dari omega-3 ini memang tidak dibentuk dan diproduksi oleh tubuh balita, sehingga hanya dapat diperoleh dari ASI ibunya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiganya mampu mendorong terbentuknya sel-sel saraf dansynapse (cabang sel saraf) dan sel saraf mata. Sel saraf synapse yang terbentuk sempurna dapat meningkatkan kecerdasan anak secara signifikan.

2. FOS dan GOS


Kandungan FOS sangat penting dalam susu pertumbuhan anak mengingat manfaatnya dalam membentuk sistem imun. Oleh karena itu, anak tidak akan mudah terserang penyakit. Jumlah bakteri baik meningkat sehingga mampu melawan bakteri patogen yang menjadi sumber berbagai macam penyakit.

3. Prebiotik


Kandungan prebiotik dan susu membantu anak yang mengalami masalah pada sistem pencernaannya. Terutama anak yang sudah mulai mengkonsumsi makanan karena masih beradaptasi dengan makanan tersebut. Zat prebiotik ini membantu kinerja sistem pencernaan dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh sang anak.

4. Kolin


Zat gizi ini berperan dalam pembentukan sel-sel baru serta memperkuat membran sel. Membran sel yang memang mudah bocor dapat dicegah dengan adanya kolin ini. Proses peremajaan sel yang kerap terganggu karena kebocoran membran pun dapat dihindari. Jadi secara tidak langsung, kolin memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya gangguan pada proses peremajaan sel dalam tubuh anak.

5. Vitamin A, B, C, D, dan Zinc


Vitamin dan mineral ini membantu kinerja retina agar dapat bekerja lebih baik, memperkuat sistem imun, mengurangi risiko katarak, menangkal radikal bebas yang dapat merusak mata, serta membantu mengaktifkan fungsi otak secara optimal sehingga daya ingat menjadi lebih kuat.

Selain memperhatikan 5 kandungan di atas, sebelum Anda memilih susu formula untuk anak 1 tahun, periksa lebih dulu kemungkinan anak Anda memiliki alergi terhadap protein susu sapi agar dapat diganti dengan protein soya dari kedelai.

Susu formula Frisian Flag Jelajah 1-3 Tahun merupakan salah satu susu formula yang telah memiliki 5 kandungan di atas. Susu ini juga memiliki berbagai varian rasa seperti vanilla dan madu sehingga si kecil juga tidak bosan.

Jadi, teliti sebelum memilih susu formula sebagai PASI ya.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon