May 10, 2018

Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Anda Panjang Umur

Siapa sih yang nggak ingin hidup lebih lama atau memiliki usia yang lebih panjang? Bisa dibilang, hampir semua orang menginginkan hal tersebut. Dilansir dari Reader’s digest, menurut penelitian ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa memperpanjang usia.

Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Anda Panjang Umur

Apa saja kebiasaan-kebiasaan itu? Simak selengkapnya di sini.

1. Rutin Berolahraga


Salah satu kebiasaan yang bisa memperpanjang usia ialah melakukan olahraga secara rutin. Latihan fisik seperti berlari dapat memompa darah dan membuat jantungmu bekerja. Penelitian terbaru mengungkapkan kalau 1 jam berlari setiap hari dan dilakukan 3 hingga 5 kali seminggu akan membuat hidupmu 7 jam lebih lama, lho. Orang-orang yang melakukan olahraga ini menurut penelitian yang sama, akan mengurangi risiko kematian sebesar 25% hingga 40% dan bisa hidup 3 tahun lebih lama.

2. Makan sayur dan buah yang mengandung protein


Penelitian terbaru dari Harvard menunjukkan kalau orang-orang yang terlalu banyak makan daging seperti sosis dan daging olahan memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Sedangkan, mereka yang mengonsumsi lebih banyak makanan seperti sayur dan buah dengan kandungan protein memiliki risiko kematian yang lebih rendah, khususnya kematian yang disebabkan karena penyakit jantung. “Penelitian menyebut tiap 3% kalori yang bertambah dari sayur dan buah dengan kandungan tinggi protein akan mengurangi risiko kematian sebesar 10%,” jelas Shayna Komar, ahli gizi di Piedmont Healthcare.

3. Berjemur di bawah sinar matahari


Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Untuk memperpanjang usia, penting bagi Kamu untuk berjemur selama di bawah sinar matahari selama 15 hingga 30 menit nih. Dengan melakukan kebiasaan yang satu ini, kamu bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi depresi. Salah satu studi juga menemukan bahwa dengan berjemur di bawa sinar matahari akan memperpanjang usia 33% lebih lama.

4. Jangan duduk sepanjang hari


Menurut dokter Kerry J. Stewart, yang merupakan pemimpin di Clincal Research Exercise Physiology di Johns Hopkins University School of Medicine, duduk sepanjang hari hanya akan membuat metabolisme tubuh menjadi menurun dan membuat kadar gula darah dan kolesterol menjadi meningkat. Untuk menghindari hal tersebut, berdasarkan penelitian terbaru, cobalah untuk berjalan selama 10 menit, melakukan peregangan dan olahraga yang ringan saat aktivitas atau pekerjaan mengharuskanmu untuk duduk seharian.

5. Cobalah selalu berpikir positif


Siapa bilang kebiasaan sederhana yang satu ini nggak bisa memperpanjang usiamu? Penelitian terbaru dari Harvard menunjukkan tingkat optimisme dapat mempengaruhi masalah kesehatan. Penelitian itu juga menemukan bahwa orang yang optimis dan berpikir positif memiliki 16% resiko kematian dari kanker lebih rendah, 38% resiko kematian terhadap penyakit jantung lebih rendah dan 39% risiko kematian stroke lebih rendah.

6. Konsumsi Makanan yang Tinggi Kalsium


Seiring bertambahnya usia, tulang Kamu lama-lama menjadi lebih rapuh nih. Nah, agar tulangmu sehat, Kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium seperti sayur-sayuran hijau, kacang hijau ataupun brokoli. “Kalsium memang sangat penting untuk kesehatan tulang karena tubuh kita membutuhkan kalsium,” ujar dokter Sonya W. Thomas. Sebuah studi dari Swedia pun menunjukkan kalau kadar kalsium yang tinggi ternyata dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh hal apapun, lho. So, Kamu yang ingin menikmati hidup lebih lama harus mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium ya!

Dari 6 kebiasaan di atas, mana nih yang sudah kamu jalankan? Atau sama sekali belum menerapkan kebiasan-biasaan di atas? Kalau ingin usia Kamu lebih lama, kamu tentunya harus menerapkan 6 kebiasaan di atas.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon