Makanan Untuk Penderita Kencing Manis

Bicara mengenai makanan untuk penderita kencing manis tak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kadar gula dalam darah yang beda dalam tubuhnya. Ada yang menyebutkan makanan A jangan dikonsumsi, namun menurut yang lainnya makanan A tidak apa-apa jika dikonsumsi.

Makanan Untuk Penderita Kencing Manis

Memang, salah satu faktor penyebab terjadinya kencing manis adalah pola makan yang tidak sehat. Selain itu mengonsumsi makanan yang menurut Anda enak tanpa memedulikan kandungan gulanya juga dapat memicu kencing manis muncul.

Tak perlu berkecil hati, meskipun Anda sudah terkena kencing manis makanan berikut ini dapat Anda konsumsi dengan aman. Berikut makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kencing manis untuk mengendalikan kadar gula dalam darah Anda.

Sayur Pare


Sebagian orang memang tidak menyukai sayur pare karena rasanya yang sangat pahit. Namun siapa sangka dibalik pahitnya sayur pare terdapat kandungan yang dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Rasa pahit yang Anda kira tidak ada gunanya ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang sangat efektif.

Bawang Putih


Sama halnya dengan sayur pare, bawang putih memiliki aroma yang menyengat. Bahkan sebagian orang tidak menyukainya karena baunya melekat dan tidak mudah untuk dihilangkan. Namun, kandungan yang dimiliki oleh bawang putih seperti allicin dan alil propil disulfida dapat menurunkan kandungan gula dalam darah dengan baik.

Kayu Manis


Dikenal sebagai penyedap makanan, ternyata kayu manis juga dapat menjadi alternatif untuk menurunkan kandungan gula dalam darah. Selain itu, kayu manis juga memiliki anti oksidan yang baik untuk tubuh.

Buah Apel


Siapa yang tak kenal buah ini? Bahkan mungkin Anda sering mengonsumsinya. Buah apel memiliki kandungan yang dapat menurunkan kandungan gula dalam darah yang sangat baik untuk penderita kencing manis.

Cabe


Apakah Anda penyuka makanan pedas? Maka Anda sangat beruntung. Cabe merupakan salah satu makanan untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kandungan gula dalam darah. Selain rasanya yang peda, cabe juga ternyata memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, karotenoid, dan kaya akan anti oksidan.

Nah setidaknya lima makanan untuk penderita kencing manis di atas dapat Anda konsumsi dengan aman. Tapi juga harus diingat, janganlah mengonsumsi terlalu banyak. Bukannya kandungan gula dalam darah Anda yang berkurang, malah akan menambah penyakit yang lainnya.

Rekomendasi untuk Anda