Manfaat Buka Puasa Bersama dengan Kerabatmu

Memasuki bulan suci Ramadan, buka puasa bersama seakan telah menjadi tradisi tersendiri. Tak hanya menyenangkan, kegiatan ini ternyata juga menyimpan ragam manfaat untuk kamu dan kerabat.

Manfaat Buka Puasa Bersama dengan Kerabatmu

Selain tubuh yang kembali segar, manfaat psikologis juga bisa kamu dapatkan dari kegiatan yang umum dilakukan sekali dalam setahun ini.

Lebih Lengkap, Ini Ragam Manfaat Berbuka Puasa Bersama


Penasaran dengan manfaatnya? Berikut ini adalah manfaat buka puasa bersama yang menarik untuk kamu ketahui.

1. Mempererat Hubungan yang Renggang


Kegiatan sehari-hari yang begitu padat kadang dapat menyita waktumu dengan orang-orang tersayang. Nah, di bulan ramadan ini, momen buka puasa bersama dapat kamu jadikan sarana untuk kembali mempererat hubunganmu.

Perlu kamu tahu, makan bersama ternyata dapat meningkatkan komunikasi yang selama ini sulit terjalin. Tentunya hal ini akan lebih baik jika ditunjang dengan topik pembicaraan yang menyenangkan.

2. Asupan Nutrisi yang Lebih Baik


Tahukah kamu? Ternyata, makan bersama bisa menurunkan risiko seseorang mengalami obesitas. Pasalnya, ketika makan bersama, terutama dengan keluarga, umumnya nutrisi yang masuk akan lebih terjaga, juga higienis.

Tentunya jika menu yang disajikan adalah makanan yang dimasak sendiri atau terjamin kebersihannya, dan terdiri dari menu sehat seperti sayuran serta buah.

Pastikan makanan yang tersedia adalah makanan sehat yang kaya nutrisi ketika kamu berbuka bersama dengan orang-orang terkasih, ya!

3. Kreativitas dalam Memasak Makanan


Makan bersama keluarga saat ramadan merupakan kesempatan yang tepat untuk berkreasi dengan beragam masakan. Tapi ingat, pastikan kamu memasukkan sayur dan buah dalam sajianmu. Dengan begini, kamu dan keluarga bisa mendapatkan manfaat buka puasa bersama dengan lengkap.

Jenis Makanan Sehat yang Dianjurkan untuk Berbuka Puasa Bersama


Setelah mengetahui berbagai manfaat psikologis dan kesehatan dari buka puasa bersama, kini saatnya kamu mengetahui beberapa jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk berbuka. Apa saja itu? Catat baik-baik, ya!

1. Kurma


Kurma merupakan buah yang paling banyak dicari ketika ramadan. Buah yang kerap kali dijadikan takjil ini mengandung pemanis alami yang kaya serat dan antioksidan sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa.

Kamu disarankan mengonsumsi buah ini dengan air mineral. Selain mengembalikan energi yang hilang, air mineral juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang berkurang setelah selama kurang lebih 13 jam berpuasa.

2. Ikan


Setelah mengonsumsi kurma dan cukup minum air mineral, lengkapi menu buka puasamu dengan menyantap ikan yang kaya protein. Agar lebih sehat, sebaiknya ikan diolah dengan cara dibakar atau dikukus.

Perlu kamu tahu, ikan termasuk makanan rendah lemak dan kaya omega 3, yaitu lemak sehat yang dapat membantu perkembangan otak serta menyehatkan mata. Inilah yang menjadikan ikan sebagai menu berbuka puasa yang tepat.

Cobalah untuk mengonsumsi ikan segar setidaknya satu hingga dua kali per minggunya agar dapat meraup manfaatnya untuk tubuh.

3. Daging


Sumber protein lainnya yang bisa kamu gunakan adalah daging. Kamu disarankan mengonsumsi daging tanpa lemak sebagai menu berbuka puasa karena lebih mudah dicerna.

Bahan makanan ini juga mudah diolah. Kamu dapat memasaknya dengan cara dipanggang, dibuat sup, atau ditumis.

4. Sayuran Segar


Saat berpuasa, memenuhi kebutuhan serat tidak boleh kamu tinggalkan. Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran segar dianjurkan ketika berbuka puasa. Karena selain kaya akan serat, sayuran juga lebih mudah dicerna oleh lambung.

Sayuran juga kaya akan nutrisi dan antioksidan. Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, bayam, dan wortel bisa dijadikan menu sajian yang tepat, rendah kalori, serta sehat untuk berbuka puasa bersama.

5. Buah-buahan


Untuk memulihkan kembali sumber energi yang hilang, kreasi sajian buah-buahan bisa dijadikan menu takjil yang ideal. Selain rendah kalori, buah-buahan juga mengandung serat, dan ragam vitamin lainnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu manfaat buka puasa bersama, kan? Ternyata bukan sekadar ajang menikmati hidangan semata, namun juga dapat memperbaiki hubungan yang selama ini renggang karena padatnya aktivitas.

Rekomendasi untuk Anda