May 7, 2018

Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita

Air mani merupakan cairan putih yang keluar saat pria mengalami ejakulasi. Biasanya air mani keluar dalam bentuk cairan yang kental maupun encer, itu semua tergantung dari orang yang mengalaminya. Air mani bisa keluar saat pria mengalami ejakulasi dan keluar dalam jumlah yang banyak dalam sehari karena reproduksi air sperma akan terus berjalan dalam waktu 20 menit. Jadi pria bisa mengalami ejakulasi dan mengeluarkan air mani dalam setiap 15 menit.

Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita

Dalam perspektif kesehatan, air mani dipandang sebagai suatu substansi biologis yang dikeluarkan oleh pria untuk membuahi telur-telur dari wanita melalui proses persatuan sperma dan telur. Cairan semen atau air mani ini juga dikenal sebagai seminal fluid yang biasanya mengandung spermatozoa.

Hasil penelitian Johnson dan Everitt dalam bukunya Essential Reproduction (2000) mengungkapkan bahwa air mani berisi kandungan gizi yang tinggi. Dalam ejakulasi khas (kira-kira satu sendok teh), air mani sudah mengandung 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, tembaga dan seng.

Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita

Kandungan yang terdapat di air mani dapat berguna bagi kesehatan tubuh antara lain :

  • Kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Menjaga fungsi saraf dan otot.
  • Citric Acid bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah yang terjadi di dalam tubuh.
  • Creatine bermanfaat untuk pembakaran lemak yang ada di badan dan membantu menambah energi serta berguna untuk membentuk otot.
  • Fructose bermanfaat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus.
  • Glutathione bermanfaat untuk mencegah kanker/anti kanker agar tidak terjadi penggumpalan darah saat dioperasi.
  • Inositol bermanfaat untuk memperkuat rambut dan cegah rontok.
  • Lactic Acid bermanfaat untuk pengobatan luka bakar dan luka akibat bedah.
  • Lipid berperan dalam pembakaran lemak tubuh.
  • Pyruvic Acid bermanfaat untuk menyuburkan.
  • Sorbitol dapat membantu penderita sembelit.
  • Urea berguna utuk mengeluarkan kelebihan nitrogen yang ada dalam tubuh kita.
  • Uric Acid sebagai penangkal diabetes, tetapi perlu diketahui bahwa konsumsi uric acid yang terlampau banyak berakibat pada encok dan nyeri tubuh.
  • Sulfur membuat kulit jadi cantik dan halus.
  • Vitamin B12 berguna untuk menambah energi dan stamina tubuh.
  • Zink bisa mengobati jerawat yang bertebaran di wajah.
  • Di atas sudah dibahas komposisi kimia yang terkandung di dalam sperma. Ternyata sperma juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi dalam Sperma


Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita

1. Kandungan gula dalam sperma (sorbitol, inositol dan fruktosa)


Kandungan gula dalam fruktosa sama dengan yang ada pada madu dan buah-buahan. Sementara sorbitol dapat dipakai sebagai penganti gula bagi penderita diabetes mellitus dan inositol berguna untuk membantu dalam pertumbuhan rambut dan baik untuk otak.

2. Kaya protein dan asam amino (glutathione, deoxyribonucleic acid dan creatine)


Glutathione bermanfaat sebagai antioksidan, deoxyribonucleic acid (asam nukleat) dan creatine membantu menambah energi.

3. Memiliki banyak kandungan mineral (kalium, fosfor, kalsium dan magnesium)


Kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, fosfor berperan penting dalam proses penyerapan kalsium ke tulang dan gigi. Kalium bermanfaat untuk mengganti sel tubuh dengan yang baru dan magnesium untuk memperkuat daya tahan tubuh, menjaga organ-organ dalam tubuh, metabolisme energi, membuat tulang bertambah kuat dan juga memiliki peranan penting dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Kaya vitamin (B12, C dan kolin)


Vitamin B12 berguna untuk membuat tubuh lebih segar dan berenergi, vitamin C membantu stimulasi pertumbuhan rantai protein yang ada dalam kolagen. Serta kolin yang gunanya untuk membuat pikiran jadi lebih tajam.

5. Hormon testosteron dan prostaglandin


Kandungan hormon membantu untuk meningkatkan gairah seks dan hormon prostaglandin berperan dalam kontraksi otot untuk membantu kontrol tekanan darah.

6. Anti depresan


Manfaat air mani yang satu ini adalah sebagai anti depresan, terutama bagi wanita. Hal ini dikarenakan kandungan spermophagia yang ada di dalam air mani.

7. Mencegah terjadinya kanker payudara


Masih belum diketahui secara jelas kandungan apa yang ada di dalam sperma sehingga dapat mencegah kanker payudara. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sperma yang terkandung di dalam air mani mempunyai efek yang dapat mencegah terjadinya kanker payudara.

8. Sebagai pembawa sperma


Manfaat air mani adalah sebagai kurir yang mengangkut berjuta sel sperma. Dan sperma berfungsi untuk membuahi sel telur yang nantinya akan berkembang menjadi zigot, janin dan pada akhirnya menjadi seorang bayi.

9. Menyembuhkan luka


Zat besi yang terkandung dalam air mani bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu, Vitamin C yang ada pada air mani juga bisa mencegah terjadinya infeksi akibat luka.

10. Baik untuk ksehatan kulit


Beberapa gabungan yang terkandung dalam sperma dan air mani sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini sudah dicoba oleh beberapa orang dan telah diakui bahwa air mani dapat membuat kulit lebih halus.

11. Sebagai acara ritual


Ada beberapa suka menggunakan air mani sebagai bagian dari upacara adat mereka. Salah satu suku yang menggunakan air mani sebagai upacara adat adalah suku Etoro di Papua Nugini. Mereka menggunakan air mani sebagai upacara adat menuju kedewasaan.

12. Mencegah kerusakan gigi


Mengapa air mani bisa mencegah kerusakan gigi? Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalsium dan zat besi pada air mani. Dengan adanya kandung ini, maka air mani bisa menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerusakan gigi seperti gigi belubang dan abrasi gigi.

13. Sebagai efek kenyamanan


Ketika terjadi ejakulasi dan pengeluaran air mani, maka efek relaksasi dan kenyamanan akan dirasakan. Jika hal ini terjadi maka akan terasa seperti ada yang bebas dari diri, sehingga akan memberikan efek tertentu. Dan hal ini berguna untuk menhilangkan stres atau depresi, menambah kebahagiaan dan meningkatkan kepuasan dalam seksual.

Kandungan sperma yang bergizi ini banyak dikonsumsi oleh wanita karena dipercaya dapat membuat mereka awet muda. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa menelan sperma bisa menghambat proses penuaan. Efek yang mungkin bisa ditimbulkan hanyalah dampak psikis saja, dalam hal ini sang perempuan merasa bahagia karena berhasil memuaskan pasangannya. Sampai saat ini juga belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan apakah bermanfaat jika ditelan. Yang jelas sperma dari pria yang sehat dan tidak terinfeksi penyakit akan membuat calon embrio sehat.

Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita

Sperma ternyata juga bisa menjadi tidak baik bagi kesehatan kita. Misalnya, sperma bisa membawa infeksi menular seksual dan ini merupakan sesuatu yang buruk bagi tubuh Anda. Apalagi jika ada luka terbuka atau daerah mulut kita yang memiliki lecet, luka ataupun bukaan. Mungkin proses transmisi bisa lebih tinggi, demikian yang dilansir Askmen.

Dalam beberapa kasus, baik pria maupun wanita pasti ada yang alergi terhadap cairan sperma atau air mani. Meskipun jarang beberapa orang akan mengalami gejala seperti flu, mual, nyeri, gejala fisik, sakit kepala dan reaksi yang tidak diinginkan lainnya.

Para seksolog menilai bahwa ada orang yang bisa melakukan aktivitas seksual dengan menelan air mani tetapi ada juga yang tidak. Beberapa orang menganggap itu hal yang kotor, baik dari tekstur maupun rasa. Namun ada individu yang memiliki respon psikosomatik terhadap air mani, ini berarti pikiran mereka menghasilkan respons fisik sebagai reaksi.

Dampak Menelan Sperma


Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita

1. Tertular penyakit


Penyakit seksual menular seperti hepatitis, sipilis dan gonore memiliki kemampuan untuk ditularkan pada orang lain. Penularan tersebut akan lebih cepat melalui sentuhan kulit, yaitu ketika Anda memainkan alat vital, bahkan sampai menelan sperma dari pria penderita penyakit.

2. HIV/AIDS


HIV/AIDS adalah sebuah penyakit menular seksual yang sangat berbahaya dan belum ditemukan obatnya. Penderita HIV/AIDS dapat menularkannya melalui sentuhan. Jadi jika Anda bersentuhan atau bahkan sampai menelan sperma, penderita HIV/AIDS akan menyebabkan Anda terjangkit penyakit tersebut.

3. Resiko tinggi jika tenggorokan Anda sedang sakit


Lebih tinggi lagi dampak yang akan timbul jika tenggorokan sedang sakit. Terkena radang atau karena ada luka di dalam tenggorokan. Misalnya ada lecet di permukaan kulit tenggorokan. Ketika sperma masuk ke dalam mulut lalu di telan, rasanya akan sakit. Di tambah lagi jika sperma yang Anda telan tadi mengandung zat tidak baik. Seperti kualitas sperma yang buruk dan lain sebagainya. Bahkan akan lebih berbahya lagi jika pasangan Anda mengalami gangguan reproduksi.

4. Kemungkinan rasa mual dan muntah


Air mani yang dimiliki oleh pria mengandung banyak protein. Maka air ini akan tampak amis baunya. Beberapa wanita mengaku merasa mual ketika ia mencoba untuk memasukkan air maninya ke dalam mulut untuk di telan. Apakah rasanya enak? Entahlah. Yang jelas untuk mereka yang tidak tahan terhadap bau amis mengaku bahwa air mani justru membuatnya menjadi muntah darah.

5. Terkena flu


Resiko lainnya adalah terkena flu. Beberapa orang yang mengaku alergi, terutama pada protein. Mereka akan menunjukkan reaksi flu ketika air mani ini sudah tercium pada hidungnya. Ini juga disertai demam dan suhu badan yang naik.

6. Terkena sakit kepala


Meskipun tidak semua orang akan mengakuinya, tapi memang banyak kasus yang menyebutkan demikian. Mereka yang habis memakan sperma mengaku merasakan sering sakit kepala. Terasa pening, sampai wajahnya pucat. Ini menjadi salah satu bentuk gejala psikosomatis bagi mereka yang sebenarnya merasa jijik pada sperma. Reaksi ini timbul secara natural, tanpa di sengaja. Sebagai salah satu respon penolakan pada benda asing yang hendak di makan.

7. Bukan minuman yang bersih


Beberapa orang mengaku bahwa air mani atau sperma yang di hasilkan oleh laki laki bukanlah air yang bersih. Maksudnya adalah air mani yang ada merupakan kelenjar yang di gunakan untuk membuahi sel telur yang ada di dalam perut. Maka tak sepantasnya untuk di konsumsi secara bebas, apalagi sampai di minum. Meskipun itu adalah sperma suaminya sendiri. tapi kejadian ini membuat wanita mengalami psikosomatis saat mendengar atau melihat seseorang yang menelan air mani pasangannya.

8. Resiko alergi pada sperma


Memang terdengar cukup lucu jika sampai ada orang yang mengaku alergi terhadap air mani. Apakah setiap hari ia mengonsumsi air mani? Kenapa bisa terjadi alergi? Sebenarnya memang ada sebagian orang yang mengaku alergi terhadap air mani. Tidak hanya menjangkau pada wanita saja. Karena sebagian pria juga mengaku mereka cukup jijik dengan air maninya sendiri. Aneh bukan?

Demikianlah Manfaat dan Dampak Menelan Sperma Bagi Kesehatan Wanita. Dari semua uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa menelan sperma pria bagi wanita tidak apa-apa, asalkan berasal dari pria yang sehat tidak berpenyakit. Serta bahwa menelan sperma tidak akan mengakibatkan kehamilan maupun awet muda meskipun asupan gizi sperma masuk ke dalam tubuh.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon