Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Bersih

Manfaat masker kopi ternyata membantu kulitmu terlihat lebih cerah dan bercahaya. Keuntungan ini tentu sangat membahagiakan bagi kamu yang tidak doyan menyesap kopi hitam setiap hari.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Bersih

Namun, demi mendapatkan manfaat ini secara menyeluruh, penggunaan masker kopi tentu memerlukan trik khusus. Yuk, simak pembahasan lengkapnya segera!

Kandungan dan Manfaat Kopi untuk Kesehatan


Kopi dikenal dengan manfaat dalam mengatasi kelelahan dan membuatmu tetap terjaga. Tapi, lebih membahagiakan lagi, mengonsumsi kopi ternyata memberikan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit.

Perlu kamu tahu, mengonsumsi kopi hitam setidaknya 2-3 cangkir setiap harinya dipercaya dapat menurunkan risiko terkena gangguan kesehatan seperti :

  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Penyakit parkinson
  • Alzheimer
  • Kanker hati
  • Kanker kulit

Efek hebat tersebut dipercaya berasal dari kandungan kafein dan senyawa antioksidan di dalamnya. Selain itu, kandungan fitokimia pada kopi dipercaya dapat mengurangi peradangan dan membantu regenerasi sel-sel tubuh.

Mengonsumsi kopi tentu ada batasnya. Kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 400 miligram atau setara dengan 5 gelas kopi setiap hari.

Sebab, mengonsumsi kopi dalam jumlah yang besar dianggap dapat meningkatkan tekanan darah juga memicu masalah jantung seperti jantung berdebar.

Kamu Tidak Bisa Mengonsumsi Kopi? Cobalah Manfaatkan Sebagai Masker


Bagi kamu yang tidak bisa mendapatkan manfaat kopi hitam yang disebutkan di atas, cobalah raup manfaat masker kopi secara optimal. Kamu tidak akan menyesal karena masker kopi punya sederet fungsi yang baik bagi kulit. Berikut rinciannya:

Dipercaya dapat Mencegah Penuaan Dini


Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi ternyata dapat berdampak baik pada kesehatan kulitmu. Mengapa tidak? Antioksidan merupakan zat alami yang dapat berfungsi dalam mencegah kerusakan sel akibat penuaan.

Khasiat antioksidan tidak hanya kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan sehat seperti sayur atau buah-buahan. Menggunakan kopi baik dikonsumsi atau mengoleskan maskernya pada kulit dipercaya dapat membuat kulit terlihat awet muda.

Dipercaya Dapat Menurunkan Risiko Kanker Kulit


Kanker kulit dapat disebabkan oleh beragam faktor termasuk di antaranya sinar UV akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain menyesap kopi, mengoleskan masker kopi dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit seperti melanoma di kemudian hari.

Ini Dia Cara Mudah Membuat Masker Kopi


Cara Mudah Membuat Masker Kopi

Setelah mengetahui manfaat masker kopi untuk kecantikan, mengapa tidak mencoba membuat sendiri di rumah? Berikut 2 pilihan masker yang mudah diracik sendiri setiap hari:

1. Kopi dan Madu sebagai Masker agar Kulit Bercahaya


Mengembalikan cerahnya kulit dapat kamu peroleh dengan menggunakan masker kopi. Selain itu, mencampurnya dengan bahan alami lain seperti madu atau minyak kelapa murni dipercaya dapat membantu membuat kulit lembap dan lebih bercahaya.

  • Siapkan 3 sendok makan bubuk kopi.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu, tuangkan di atas bubuk kopi.
  • Jika kamu suka, tambahkan 1 sendok minyak kelapa murni dan aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Aplikasikan scrub menggunakan jari tangan yang bersih pada wajah, lalu oleskan dengan gerakan memutar selama 10-30 detik.
  • Setelah selesai, bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat dan seka wajahmu menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk.
  • Untuk hasil yang maksimal kamu dapat mengulang penggunaan ramuan tersebut setidaknya 1-2 minggu sekali.

2. Kopi dan Putih Telur sebagai Masker Alami untuk Pengelupas Kulit (Eksfoliator)


Bubuk kopi ternyata bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati dan mengatasi wajah kusam. Racikan ini dianggap efektif dan dapat digunakan untuk segala jenis kulit.

  • Siapkan 50 gram atau sekitar seperempat cangkir kecil bubuk kopi.
  • Tambahkan 1 butir telur (ambil bagian putihnya saja).
  • Campurkan kedua bahan menggunakan sendok dan aduk hingga merata.
  • Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang kering dan bersih, dan oleskan dengan gerakan memutar.
  • Jika sudah, bilas wajahmu hingga bersih menggunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih.
  • Jangan lupa, aplikasikan pelembap setelah menggunakan masker ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengaplikasikan Masker Kopi


Menggunakan masker kopi sebenarnya terbilang aman bagi kulit. Namun, jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, ada baiknya kamu menguji reaksi alergi pada kulitmu terlebih dulu.

Caranya, sebelum menggunakannya pada wajah, coba aplikasikan masker kopi tepat pada bagian dalam pergelangan tangan dan diamkan sejenak. Jika kulitmu terasa gatal atau disertai rasa terbakar, mungkin masker tersebut tidak cocok untuk jenis kulitmu.

Demi mendapatkan hasil yang maksimal, cara menggunakan dan mengaplikasikan masker kopi tentu perlu diperhatikan. Berikut langkah yang harus dilakukan sebelum menggunakan masker kopi:

Membersihkan Wajah


Jangan keliru, mencuci muka dengan benar wajib dilakukan sebelum menggunakan masker wajah. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak yang menempel usai beraktivitas.

Membuka Pori-Pori Wajah


Mengaplikasikan masker akan lebih efektif apabila pori-pori wajah telah terbuka. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa mencelupkan handuk bersih ke dalam air panas, lalu tutup wajah dengan menggunakan perasan handuk.

Kamu bisa melakukan langkah tersebut selama 1-2 menit. Jika sudah, kamu bisa mulai mengoleskan masker kopi pada wajahmu.

Itu tadi beragam manfaat masker kopi yang bisa kamu peroleh. Meski dipercaya dalam mencegah penuaan maupun melindungi kulit dari paparan sinar UV, kamu tetap harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan kulit.

Jangan lupa, guna mencegah reaksi alergi ataupun iritasi, berhati-hatilah dalam mencoba segala jenis perawatan wajah. Jika kamu ragu, lakukan konsultasi terlebih dulu dengan ahlinya. Selamat mencoba.

Rekomendasi untuk Anda