Tips Menurunkan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

Anda tentu sudah tak asing dengan istilah nama hipertensi. Hipertensi adalah sebuah kondisi dimana tekanan darah seseorang melebihi batas normal (120/80 mmHg). Hipertensi juga dikenal dengan nama tekanan darah tinggi yang mana gejala awalnya sering tak nampak. Namun ketika tekanan darah Anda sudah terlalu tinggi maka gejala hipertensi seperti sakit kepala, lelah, sakit di dada dapat dirasakan oleh penderitanya.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

Berhubung gejala hipertensi sering tak nampak, ada baiknya Anda mulai menerapkan gaya hidup sehat sebagai pencegahan. Lebih baik lagi jika Anda dapat melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin, misal satu atau dua bulan sekali.

Jika Anda merasa mengalami gejala hipertensi maka tak usah panik. Gejala hipertensi bisa diturunkan kok. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan bagi penderita gejala hipertensi untuk menurukan tekanan darahnya.

Pilih produk rendah sodium


Jika Anda mau membeli makanan dalam kemasan, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu label yang tertera pada kemasannya. Sebaiknya pilihlah produk yang bertuliskan “low salt” atau “low sodium”.

Kurangi konsumsi makanan olahan


Sebaiknya Anda mulai mengurangi mengonsumsi makanan olahan instan seperti sosis, mie instan, nugget, dan lain-lain. Lebih baik Anda menyantap makanan segar seperti ayam, dagin, dan ikan yang diolah sendiri.

Batasi penggunaan garam saat memasak


Banyak orang mengatakan makanan tanpa garam tak nikmat rasanya. Hal tersebut memang benar. Namun jika Anda adalah penderita hipertensi sebaiknya membatasi penggunaan garam saat memasak. Rasa masakan akan tetap sedap kok kalau Anda cermat dalam memilih rempah yang digunakan untuk memasak. Menggunakan kecap asin maupun saus yang rendah garam juga dapat digunakan lho.

Perbanyak makan sayur dan buah


Buah dan sayuran segar kaya akan kalium yang baik untuk tekanan darah manusia. Selain itu buah dan sayuran segar juga mengandung natrium yang rendah.

Kurangi konsumsi makanan berlemak tinggi


Mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi tak hanya meningkatkan kadar kolestorel dalam darah, namun juga dapat meningkatkan risiko hipertensi lho. Jadi jika Anda mau menurunkan tekanan darah atau sekadar mau menghindari hipertensi ada baiknya menghindari makanan berlemak tinggi.

Nah itulah lima tips menurunkan tekanan darah bagi penderita gejala hipertensi. Cara-cara di atas tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Rekomendasi untuk Anda