May 10, 2018

Selebriti Dunia Penderita Lupus

Penyakit lupus memiliki istilah medis Systemic Lupus Erytematosus (SLE) yang merupakan salah satu gangguan autoimun. Sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang sel-sel, jaringan dan organ tubuh sendiri.

Selebriti Dunia Penderita Lupus

Penyakit ini disebut juga dengan penyakit autoimun. Umumnya, menyerang bagian tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sum-sum tulang belakang.

Sebanyak 90 persen penderita lupus adalah perempuan di usia produktif, 15 sampai dengan 45 tahun.

Penyakit ini dapat menyerang hampir semua sistem dalam tubuh Anda yang muncul dalam bentuk demam, kelelahan, ruam wajah, bercak kulit, sesak napas, mata kering, dan masih banyak lagi.

"Jika Anda melihat gejala tersebut pada tubuh Anda, maka sebaiknya segera melakukan diagnosis menyeluruh di dokter," jelas Dr Albert Ahn, MD, Clinical Instructor of Internal Medicine, NYU Langone Health.

Dia menambahkan penyakit ini sering luput dari diagnosis dokter karena hasil tes darah pasien biasanya menunjukkan kondisi normal. Jadi, memang dibutuhkan beberapa tes untuk memastikan diagnosis lupus.

Lupus telah menjadi perhatian dunia karena gejalanya yang tidak langsung terdeteksi sehingga kebanyakan pasien telat terdiagnosis.

Selain itu, sejumlah Selebriti dunia yang buka suara dan mengakui bahwa mereka menderita lupus juga turut membantu banyak orang menjadi lebih waspada dan mencari tahu lebih lanjut informasi mengenai penyakit yang biasanya memiliki efek samping gagal ginjal.

Berikut beberapa Selebriti dunia penderita lupus :

Selena Gomez


Pada September 2017, mantan kekasih Justin Bieber ini mengumumkan lewat akun Instagram pribadinya, @selenagomez, bahwa dia telah menjalankan operasi transplantasi ginjal akibat penyakit lupus yang telah dideritanya semenjak 2015 silam.

"Aku punya penyakit lupus dan telah menjalani kemoterapi sejak tahun 2015. Alasan inilah yang membuatku menghentikan tur konser karena jika tidak aku bisa terserang strok," jelas Gomez kepada Billboard yang dikutip People.

Gomez mengatakan, kala pertama kali tahu dirinya terserang lupus, dia merasa kesulitan menerimanya sehingga menyimpan penyakit tersebut sampai dengan akhirnya dia harus menjelaskan kepada seluruh penggemarnya mengenai kondisi tersebut.

Seal


Bekas luka pada kulit wajah Seal merupakan efek samping dari lupus diskoid. Jaringan parut yang mirip bekas sayatan pada wajah pelantun Kiss from A Rose ini mulai muncul ketika dirinya berusia 23 tahun.

Dawn Isherwood, seorang pendidik kesehatan dari Lupus Foundation of America mengatakan, 10 persen penderita lupus diskoid akan mengalami luka pada kulit tubuh. Namun, banyak penderita penyakit ini yang tidak menyadari bahwa mereka menderita lupus.

Nick Cannon


Mantan suami Mariah Carey ini menulis pernyataan publik pada tahun 2012 bahwa dia telah didiagnosis menderita lupus. Namun, dia optimistis bahwa penyakit ini tidak akan membuatnya lemah dan berhenti berkarya.

"Penyakit ini benar-benar mendorong saya untuk menjadi lebih baik. Bahkan, ketika saya tahu saya memiliki penyakit ini, saya mengatakan pada tim untuk menyalakan kamera. Saya ingin mendokumentasikan proses perawatan dan penyembuhannya. Saya ingin menginspirasi orang lain yang juga mengalami ini. Saya ingin mengatakan pada mereka, jangan biarkan penyakit menghentikan Anda," tulis Cannon.

Toni Braxton


Pada wawancara tahun 2010, Toni Braxton mengungkapkan bahwa dia menderita lupus. Lalu, pada tahun 2012, Braxton dikabarkan dirawat secara intensif di sebuah rumah sakit di Los Angeles untuk mendapatkan pengobatan lupus secara menyeluruh.

Braxton menuangkan perasaannya terkait penyakit ini pada buku yang dia tulis bertajuk Unbreak My Heart: A Memoir.

"Ada hari-hari saat aku tidak bisa menyeimbangkannya lagi. Aku hanya ingin berbaring di kasur sepanjang hari," jelas Braxton.

"Penderita lupus mengalami flu sepanjang hari. Namun, ada masa saat flu itu hilang. Untukku, aku tidak merasa lebih baik. Aku sering mengatakan pada anakku untuk tidak menggangguku karena aku ingin beristirahat di kasur," imbuhnya.

Michael Jackson


Kala sang King of Pop masih hidup, dia sering terlihat menggunakan penutup wajah dan tubuh. Ternyata, hal tersebut dikarenakan penyakit lupus diskoid sehingga membuatnya rentan terhadap sinar matahari.

Oleh karena menderita tipe lupus tersebut, dia rutin mengonsumsi obat-obatan seperti Demerol untuk meredakan rasa sakit.

Deepak Chopra, guru spiritual dan medis Michael Jackson, mengatakan, anak-anak yang mengalami siksaan fisik, verbal, emosional, dan seksual, 20 hingga 30 tahun kemudian mereka bisa terserang penyakit autoimun, salah satunya Lupus.

"Michael tidak pernah mendapatkan pelecehan seksual, tetapi menurut cerita dari dia (Michael Jackson), dia mengalami trauma akut atas siksaan fisik dan verbal yang dia alami saat masih kecil. Pengalaman itu merupakan hal besar dan mengganggu dirinya," pungkas Chopra.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon