May 15, 2018

Tips Memilih Tempat Berbuka Puasa Bersama

Buka puasa bersama jadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang paling unik. Pasalnya, berbuka puasa memang semestinya dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau kerabat, namun definisi "Buka Puasa Bersama" alias BukBer oleh masyarakat Indonesia tidak begitu.

Tips Memilih Tempat Berbuka Puasa Bersama

Bukber bagi masyarakat Indonesia berarti menikmati hidangan buka puasa bersama dengan kerabat atau keluarga di restoran atau tempat makan, bukan di rumah. Nah, biar acara bukber kamu seru dan sukses, yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Survei tempat dari jauh hari


Langkah pertama setelah memutuskan menu utama berbuka puasa, Anda harus melakukan riset kecil-kecilan atau survei untuk menentukan restoran. Di Jakarta khususnya sudah tersedia banyak restoran, mulai dari yang menyediakan menu dunia hingga tradisional.

Tips Memilih Tempat Berbuka Puasa Bersama

Survei baiknya Anda lakukan jauh sebelum hari buka puasa berlangsung, agar Anda punya waktu banyak untuk mempertimbangkan.

2. Tanya dan cicip menu


Langkah berikutnya saat restoran sudah ditentukan, jangan ragu tanya menu yang tersedia untuk berbuka puasa, biasanya tiap restoran punya takjil khusus atau paket hemat buka puasa.

Selain itu, jangan ragu pula untuk mencicipinya, agar rasa makanan tidak mengecewakan teman-teman Anda.

3. Pilih restoran yang luas dan punya parkiran lapang


Jika restoran yang Anda pilih rasa makanannya biasa saja, maka jangan kecewakan teman-teman dengan ruangnya dan parkiran yang sempit. Sebab, saat menjelang waktu berbuka puasa, kendaraan akan semakin padat, dan mencari lahan parkir kian sulit.

4. Datang lebih awal


Terkait dengan suasana Jakarta atau kota besar lainnya, yang kerap padat atau macet dan ramai saat menjelang buka puasa, sebaiknya datanglah ke lokasi bukber lebih awal.

Tidak mengapa, sebab jika Anda datang di waktu yang mepet dengan waktu Magrib, besar kemungkinan Anda terjebak macet, apalagi jika Anda berada di Jakarta.

5. Pilih restoran yang sediakan musala


Nah, sebenarnya ini yang paling penting, musala. Memilih restoran yang menyediakan lahan parkir luas memang penting, tetapi hal yang terpenting lainnya adalah pilih restoran yang memiliki musala atau dekat dengan masjid. Sebab, salat merupakan ibadah wajib yang tidak bisa ditinggalkan.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon