May 11, 2018

Tips Mengasuh Anak Kembar

Selain cara membuat anak kembar yang sudah dijelaskan, ada beberapa tips dalam mengasuh anak kembar yang perlu diterapkan oleh para orang tua.

Tips Mengasuh Anak Kembar

Tips-tips ini sangat berguna agar anak kembar bisa tumbuh dengan kasih sayang yang seimbang dari kedua orang tua dan tanpa dibanding-bandingkan dengan saudara kembarnya.

1. Jangan Pilih Kasih


Tidak bisa dipungkiri bahwa orang tua yang memiliki anak kembar pasti memiliki kecenderungan untuk memberikan kasih sayang yang lebih pada satu anak saja. Apalagi jika anak tersebut adalah anak yang membanggakan.

Sayangnya, dengan pilih kasih anak kembar akan merasa cemburu. Cara agar anak kembar tidak saling cemburu adalah dengan memberikan kasih sayang dengan proporsi yang sama. Orang tua harus bersifat netral ketika salah satu anak kembar melakukan kesalahan.

Tidak sebaiknya orang tua menghakimi satu anak kembar dan membandingkannya dengan saudara kembarnya. Orang tua harus menanamkan kesadaran bahwa anak kembar hanya terlahir dalam waktu yang sama dan penampilan yang sama.

Akan tetapi anak kembar tetaplah individu dengan karakter yang berbeda. Anak kembar memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus selalu didukung bukan dibandingkan.

2. Bedakan Anak Kembar


Umumnya orang tua yang memiliki anak kembar akan memberikan segala sesuatu yang sama kepada mereka. Mereka akan memberikan nama yang sama hingga pakaian yang sama. Padahal cara tersebut bukanlah cara mendidik anak kembar yang benar.

Para ahli menyarankan agar anak kembar tidak diberikan sesuatu yang mirip atau sama. Sebaiknya orang tua menjelaskan kepada mereka mengenai kondisi mereka yang terlahir sebagai anak kembar. Akan tetapi anak kembar tidak selamanya sama. Anak kembar terlahir dengan kecerdasan dominan, kualitas mental dan bakat bawaan yang berbeda.

Membedakan anak kembar adalah cara agar anak kembar tidak mencemburui saudara kembarnya. Dampaknya akan terasa ketika anak kembar beranjak dewasa. Anak kembar yang sejak kecil sudah dibedakan akan memiliki identitas masing-masing.

Mereka tidak akan merasa iri atau berkecil hati ketika saudara kembarnya lebih unggul di bidang tertentu. Sebaliknya, anak kembar yang lebih unggul tidak merasa sombong. Hal ini dikarenakan mereka sadar bahwa anak kembar tidak selalu sama.

Anak kembar memiliki bakat dan minat di bidang yang berbeda. Kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki akan melengkapi satu sama lain.

Cara membuat anak kembar yang berbeda bisa dimulai dari pemberian nama yang berbeda. Ketika akan sudah memasuki bangku sekolah lebih baik sekolahkan mereka di sekolah yang berbeda. Jika terpaksa disekolahkan di sekolah yang sama maka mintalah pihak sekolah untuk menempatkan mereka di kelas yang berbeda.

Ketika orang tua menyadari bahwa mereka mempunyai bakat dan minat di bidang yang berbeda maka dukunglah mereka. Jangan membandingkan bakat dan minat anak kembar yang satu dengan yang lain.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon