Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

Makanan pedas tentu menantang dan memberikan sensasi tersendiri ketika disantap. Makanan pedas adalah makanan favorit hampir semua orang, termasuk sebagian besar ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas

Namun ibu hamil terkadang takut dalam mengkonsumsi makanan pedas, karena takut akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayinya dalam kandungan, termasuk mitos yang selama ini beredar di masyarakat; Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas bisa berakibat bayinya lahir dengan rambut yang botak atau tipis. Jadi, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas? Kita simak di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas Menurut Medis


Para medis telah sepakat bahwa makanan pedas tidak memiliki pengaruh terhadap tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Namun tetap akan berpengaruh pada kondisi ibu hamil. Pengaruh buruk dapat timbul jika mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak atau apabila mengkonsumsi makanan yang tingkat kepedasannya terlampau tinggi.

Dan apakah mitos yang menyatakan bayi akan lahir dengan rambut botak atau tipis dikarenakan ibunya sering makan makanan pedas itu benar? Jawabannya; Tidak benar sama sekali. Rambut bayi yang lebat atau tipis ataupun terlihat seperti botak bukanlah disebabkan karena sang ibu mengkonsumsi makanan pedas selama kehamilannya.

Namun lebat tidaknya rambut bayi ditentukan oleh faktor keturunan, karena informasi genetik orantua bayi akan menurun pada anaknya.

Pengaruh Bagi Sang Ibu


Makanan pedas akan berpengaruh pada tubuh ibu hamil hampir sama pada saat ibu sedang tidak hamil. Kekuatan tubuh tiap-tiap manusia dalam menerima makanan pedas berbeda-beda. Tidak ada takaran tepat seberapa banyak makanan pedas yang bisa dikonsumsi, atau seberapa pedas yang boleh dikonsumsi, semua tergantung kekuatan tubuh pengkonsumsinya.

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas, antara lain seperti; mual, muntah, sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Jadi, makanan pedas tidaklah menyebabkan bayi dalam kandungan terlahir dalam keadaan rambut tipis apalagi botak, semua kembali pada faktor gen atau keturunan. Yang perlu dikhawatirkan dari ibu hamil yang makan pedas adalah seberapa pedas makanan itu, jika ibu hamil sampai mengalami mual, sakit perut, dan masalah pencernaan, tentu akan mengurangi jam istirahat ibu hamil, hal inilah yang malah akan berpengaruh pada bayi dalam kandungan ibu hamil.

Tentu ibu hamil akan berusaha semaksimal mungkin agar bayi dalam kandungannya bertumbung kembang dengan sebaik mungkin, dan pada saat masa persalinan nantinya tidak mengalami kesulitan yang berarti. Maka dianjurkan agar ibu hamil tetap mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki gizi baik dan seimbang untuk kebutuhan nutrisi bayinya.

Rekomendasi untuk Anda