Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

Siapa yang tidak tergoda dengan buah berair yang legit ini, terlebih jika disajikan dingin saat cuaca sedang panas. Namun bagi ibu hamil, mereka masih harus berpikir-pikir karena adanya mitos yang beredar di masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi semangka bagi ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka

Mitos itu menyatakan bahwa ibu hamil yang memakan semangka selama masa kehamilannya, memiliki kemungkinan melahirkan bayi dengan berat tubuh yang besar. Oleh karenanya ibu hamil terkadang menghindari memakan semangka, bagaimanapun juga sang ibu hamil tentu menginginkan proses melahirkan yang lancar dan bayi dalam kondisi sehat dengan berat badan yang normal pula.

Benarkah semangka merupakakan makanan yang berbahaya bagi ibu hamil? Berbeda dengan apa yang beredar sebagai mitos di kalangan masyarakat, dunia medis malah sebaliknya, yaitu menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah semangka karena memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka?

1. Meringankan Heartburn


Heartburn adalah naiknya isi lambung ke daerah sekitar kerongkongan, menyebabkan efek panas ataupun nyeri di sekitar ulu hati atau perut. Makanan yang dapat memicu heartburn banyak macamnya, mulai dari makanan dan minuman berkafein ( Baca juga: Bolehkah Bumil Minum Kopi ), makanan yang mengandung asam, makanan pedas, gorengan, bawang bombay, dll.

Bagi ibu hamil yang menderita maag, harus benar-benar mengurangi makanan pemicu heartburn. Namun jika terlanjut terjadi heartburn, dengan mengkonsumsi semangka ternyata bisa mengurangi rasa sakit yang timbul. Semangka dapat mengurangi rasa panas/nyeri di dalam dada dan perut dengan cepat.

2. Meredakan pembengkakan pada masa kehamilan


Pada saat ibu hamil sudah mulai memasuki usia kehamilan trimester kedua sampai ketiga, kebanyakan ibu hamil mengalami edema, yaitu pembengkakan pada kaki, tangan dan juga wajah. Hal ini dikarenakan adanya penyumbat pembuluh darah dan otot.

Buah semangka dengan kandungan airnya yang banyak dapat mengurangi dan bahkan meredakan pembengkakan yang terjadi. Kandungan air ini berguna untuk melancarkan pembuluh darah pada bagian yang mengalami pembengkakan.

3. Membantu proses pencernaan


Dikarenakan semangka adalah buah dengan kadar air yang tinggi, maka sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan, karena kandungan air dalam semangka dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

Pada dasarnya, semangka tidaklah berbahaya untuk ibu hamil. Namun jangan mengkonsumsi semangka secara berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi semangka dapat mengakibatkan sakit lambung/perut.

Jika ibu hamil dianggap memiliki kadar gula tinggi karena terlalu banyak mengkonsumsi semangka, maka sebaiknya hentikan dahulu, dikhawatirkan dapat menyebabkan diabetes gestasional, dikarenakan kadar gula dalam semangka yang dikonsumsi terlalu banyak.

Rekomendasi untuk Anda