Bolehkan Ibu Hamil Minum Teh Manis?

Ketika bertanya seputar hal tersebut, tentunya tidak akan lepas dari kandungan kafein yang ada pada teh. Akan tetapi, teh merupakan salah satu minuman khas Indonesia. Di mana, hampir semua orang menyukainya baik dalam kondisi biasa saja maupun dalam kondisi hamil.

Bolehkan Ibu Hamil Minum Teh Manis

Ketika terjadi “morning sickness”, seorang ibu hamil akan merasa mual jika mengkonsumsi apapun. Beberapa ibu hamil lalu memutuskan untuk meminum teh manis agar mengurangi rasa mual dan membuat perut terasa hangat.

Kalau sudah menjadi kebiasaan begini, apa yang sebaiknya dilakukan?

Bahaya Minum Teh Manis Saat Hamil


Pertama-tama, kita harus mengetahui terlebih dahulu efek dari minum teh manis ketika sedang mengandung. Sebenarnya, teh hampir sama halnya seperti minuma kopi. Di mana, anda bisa mendapatkan kafein di dalamnya.

Ketika sedang hamil, konsumsi kafein yang berlebihan akan berefek tidak baik bagi kesehatan tubuh dan juga janin anda. Akan tetapi, teh juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, bahkan diibaratkan seperti kandungan yang baik dari Zen. Teh juga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Terkait juga dengan pertanyaan bolehkan ibu hamil minum teh manis, kita perlu mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Begitu juga dengan kandungan glukosa yang dicampurkan pada teh manis juga bisa memberikan efek tertentu.

Kandungan kafein yang ada pada teh bisa berakibat buruk jika dionsumsi pada saat hamil secara berlebihan. Kafein merupakan sebuah zat yang bisa memicu peningkatan detak jantung dan juga metabolisme meskipun Kafein yang terdapat dalam teh memang lebih sedikit dibandingkan pada kopi.

Akan tetapi, akibatnya akan menjadi buruk jika anda sering mengkonsumsinya. Kafein tersebut bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Selain itu, jika teh yang mengandung kafein tersebut dikonsumsi secara terus menerus akan menimbulkan gejala sakit kepala dan juga insomnia. Apalagi jika anda mengkonsumsi banyak teh yang akan menimbulkan banyak kafein, kelebihan kafein bisa menyebabkan keguguran.

Sedangakn jika anda sering mengkonsumsi teh manis dengan gula biasa, maka hal tersebut bisa menimbulkan kelebihan glukosa yang kurang baik untuk kondisi kehamilan anda.

Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Bisa Menghindari Teh Manis


Sesungguhnya, pantangan untuk tidak meminum teh sama sekali saat hamil akan terasa sangat susah. Terutama ketika di pagi hari anda merasa mual dan selalu muntah. Teh manis menajdi suatu solusi yang sangat efektif untuk meredakan “morning sickness” tersebut.

Nah yang perlu anda lakukan adalah dengan mongontrol asupan makanan dan minuman anda. Tidak peru menghindari teh manis sekaligus tanpa meminumnya sedikitpun. Hanya saja, anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi teh manis secara berlebihan. Semakin banyak teh manis yang anda minum, semakin banyak pula kafein dan glukosa yang akan masuk ke dalam tubuh.

Sehingga, anda harus mengontrolnya agar tidak membahayakan janin dan kondisi kandungan anda. Sekali waktu dalam sehari untuk meminum teh bisa dilakukan.

Dengan demikian, sudah jelas bukan jika meminum teh pada saat hamil secara berlebihan akan membahayakan janin. Akan tetapi, jika masih dalam kadar tertentu, teh manis tersebut tidak akan memberikan masalah.

Namun tentunya, selalu utamakan kesehatan tubuh dan janin anda. Batasilah atau kurangi kebiasaan minum teh manis saat mengandung, sehingga anda tidak perlu cemas dan was-was lagi terhadap asupan kafein yang mungkin masuk ke dalam tubuh anda.

Lalu, di sinilah kita bisa menjawab dengan bijak tentang bolehkan ibu hamil minum teh manis untuk dikonsumsi.

Rekomendasi untuk Anda