Perbedaan Sinar UVA dan UVB

Seperti yang kita ketahui, matahari menghasilkan 2 jenis sinar yang bereda, yaitu UVA & UVB. Karena itu sudah banyak beberapa sunscreen untuk kulit wajah maupun untuk kulit tubuh telah dilengkapi perlindungan yang mampu menangkal kedua sinar ini. tapi sudah tahukah kamu perbedaan sinar UVA dan UVB serta pengaruhnya ke kulit?

Perbedaan Sinar UVA dan UVB

UVA adalah sinar yang selalu ada setiap harinya, walaupun dalam keadaan cuaca apapun. Banyak perempuan yang absen memakai sunscreen di kulit wajah setiap mendung atau di saat matahari tidak terlihat pada siang hari. Padahal sinar UVA tetap ada lho. Bahkan jangan menganggap kulit akan dari sinar UVA dengan menutupi wajah menggunakan masker atau saat berada di dalam ruangan berkaca.

Dikarenakan sinar UVA mampu menembus kain dan juga kaca. Sinar UVA juga sinar yang mampu meresap hingga ke lapisan dalam kulit sehingga bisa merusak sel-sel kulit. Efeknya adalah kulit yang kusam dan mempercepat penuaan dini pada kulit seperti timbulnya garis-garis halus, noda hitam dan tekstur yang kasar.

UVB adalah sinar yang paling besar pengaruhnya dalam menimbulkan kanker kulit. Pernah merasa kulit langsung terlihat memerah atau gosong sesaat setelah berada di luar ruangan seharian? Itu adalah akibar paparan sinar UVB ke kulit. Sinar UVB juga akan semakin kuat seiring dengan cuaca yang semakin panas atau teriknya matahari. Karena itu sebaiknya kurangi kegiatan di luar ruangan pada siang hari, terutama di jam 11 hingga 2 siang.

Kalaupun kamu harus berada di luar ruangan di jam-jam tersebut, gunakan masker atau topi selain memakai sunscreen untuk perlindungan yang maksimal. Yup, jenis sinar ini berbeda dengan sinar UVA yang mampu menembus kain.

Rekomendasi untuk Anda