Tips Agar Tidak Malas Saat Kembali Masuk Kerja

Ya, liburan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sepertinya harus segera disudahi. Beberapa instansi baik swasta maupun pegawai negeri sudah mulai masuk dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Mereka mulai kembali ke rutinitas dengan berbagai tumpukan pekerjaan yang menunggu untuk segera diselesaikan.

Tips Agar Tidak Malas Saat Kembali Masuk Kerja

Meski terkadang ada keinginan untuk kembali berlibur, namun realita bahwa cuti sudah selesai harus disadari. Ya, semua aktivitas harus segera dijalani kembali. Beberapa orang akan merasa sangat malas, namun sebagian lainnya justru sangat bersemangat.

Rasa malas saat harus beraktivitas kembali harus dihilangkan. Beberapa aktivitas ini bisa kamu lakukan akan kembali produktif selama bekerja.

1. Jangan terburu-buru menulis to do list, nikmati saja


Jika biasanya sebelum beraktivitas di kantor esok hari, di malam sebelumnya kamu mulai sibuk dengan mempersiapkan to do list yang akan dilakukan besok. Maka untuk sekali ini jangan terburu-buru. Kamu masih memiliki waktu menikmati sisa liburan meski hanya beberapa jam saja.

Persiapkan saja pakaian atau seragam yang akan kamu kenakan besok, masukkan beberapa barang penting ke dalam tas yang biasa kamu gunakan. Tapi jangan menulis apa pun di buku catatanmu. Meski ada bayang-bayang pekerjaan yang menumpuk, tapi nikmati saja sisa liburan dan hari pertamamu masuk kantor.

2. Sapa setiap orang yang kamu temui di kantor


Saat kamu sampai di kantor, jangan langsung menuju ruang kerja atau meja kerjamu. Sapalah siapapun orang yang kamu kenal. Bahkan tidak ada salahnya bermaaf-maafan terlebih dahulu meski nantinya akan ada acara halal bihalal tersendiri. Ya, menyapa setiap yang kamu temui akan membuatmu lebih nyaman dengan lingkungan yang sudah lama kamu tinggal.

Tanyakan kabar mereka, bagaimana pengalaman liburan mereka. Tidak perlu terlalu lama, sebab kamu pun harus kembali pada rutinitasmu sendiri.

3. Rapikan terlebih dulu meja kerjamu


Siapa yang bisa bekerja di ruangan atau meja yang kotor? Meski akan ada yang membantumu merapikan, tapi tidak ada salahnya jika kamu yang melakukannya sendiri. Kamu bisa menata beberapa barang, mengelompokkannya menjadi satu dan merapikan sesuai dengan keinginanmu. Bahkan mengubah posisi laptop dan tumpukan berkas pun akan membantumu membangkitkan semangat dalam bekerja.

4. Jangan lupa bawa minum dan camilan dari kampung halaman


Untuk membantumu lebih bertenaga selama seharian bekerja, jangan lupa membawa beberapa camilan dan air putih untuk mengisi tenaga. Kamu butuh fokus bekerja dan pastinya membutuhkan tenaga yang ekstra. Beberapa camilan dari kampung halaman akan banyak dibagikan. Jangan ragu mencicipi oleh-oleh dari yang ditawarkan temanmu. Siapa tahu ada yang membuatmu ketagihan dan semakin bersemangat bekerja.

5. Tetapkan tujuan dari yang akan kamu lakukan


Jika sudah semua kamu lakukan, mari mulai bekerja. Menuliskan beberapato do list sederhana yang tidak harus menguras semua isi pikiranmu hari itu juga. Misalnya melakukan pengecekan email, membalas email klien, melakukan follow up antar departemen dan sebagainya.

Kenapa? Karena kamu pun butuh waktu untuk menyusun semua jenis pekerjaan yang akan kamu lakukan selama seminggu ke depan, tentu saja sebelum bulan Juni usai dan target harus tercapai.

Semangat bekerja ya!

Rekomendasi untuk Anda