Tips Merawat Diri untuk Pria

Wajah bersih bersinar tak hanya didambakan kaum hawa. Tak hanya masalah bau badan dan rambut lepek saja, kebersihan dan kesehatan wajah pun menjadi hal yang penting bagi para pria. Apa kamu tergolong pria yang menjaga kebersihan? Jika penampilan kamu masih kusam dan kumal, ini waktunya untuk bersolek.

Tips Merawat Diri untuk Pria

Berikut kiat-kiat menjaga kebersihan wajah bagi pria, khususnya bagi yang aktif dan memiliki mobilitas tinggi. Sini saya ajarkan.

Jangan menggunakan kosmetik (terutama pembersih muka) khusus wanita


Kulit pria dan wanita tidaklah sama. Jika pria menggunakan kosmetik khusus wanita atau sebaliknya, dapat menyebabkan kulit kering dan berjerawat. Gunakan pembersih muka, scrub, moisturizer, dan kosmetika lainnya yang khusus diproduksi untuk kulit pria agar dapat bekerja secara maksimal pada muka.

Jangan membasuh muka di cuaca panas


Kamu gemar berolahraga atau beraktivitas di bawah terik matahari? Jangan mencuci muka segera setelah diterpa sinar matahari. Memang segar rasanya jika membasuh muka di saat cuaca panas terik, namun hal ini cukup berbahaya.

Setelah terkena sinar matahari, suhu pada muka akan memanas. Jika langsung terkena air, tumbukan antara suhu panas di muka dan segarnya air akan menyebabkan kulit kering dan rusak. Sebaiknya, diamkan wajah terlebih dahulu agak sejuk dengan sendirinya. Saat muka mulai sejuk, basuh dengan air hangat agar debu dan kotoran cepat terdorong keluar dari wajah.

Jangan terlalu kencang menggosok scrub


Kulit pria memang lebih tebal dibanding wanita, namun tak berarti harus mencuci muka sambil menggosok wajahnya keras-keras, kan? Ditambah lagi jika menggunakan pembersih wajah yang mengandung butiran scrub. Scrub yang digosokkan terlalu keras di wajah dapat menyebabkan kulit kering dan berjerawat. Cukup oles perlahan dan dengan hati-hati.

Jangan terlalu sering cuci muka


Muka kotor dan berjerawat bukan berarti harus cuci muka lebih sering. Sabun pembersih muka berfungsi menyerap kelebihan minyak di wajah. Jika terlalu sering cuci muka, akan semakin banyak minyak yang terbuang. Minyak ini berguna juga bagi kulit, lho. Gunanya untuk menjaga kelembaban dan menghindari kulit kering. Pembersih muka seharusnya hanya mengontrol kadar minyak, bukan menghilangkan sepenuhnya.

Libatkan perempuan pilih produk kosmetik


Dengan intensitas penggunaan make up yang lebih tinggi dari pria, wanita jelas lebih mengetahui seluk-beluk pemilihan kosmetik daripada pria. Jika kamu ragu dalam memilih produk kosmetik yang harus digunakan, ijinkan teman wanitamu turun tangan. Biar ia pilihkan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan mengandung formula aktif yang dapat membuat kamu nampak lebih bersinar.

Rekomendasi untuk Anda