Akibat Duduk Terlalu Lama Bagi Wanita

Duduk terlalu lama terkadang tidak bisa dihindarkan baik dalam pekerjaan atau aktivitas lainnya khususnya bagi para wanita yng bekerja di kantor dengan pekerjaan menumpuk. Tidak hanya sedang bekerja, namun kebiasaan seperti menonton televisi, bermain gadget, membaca buku dan aktivitas yang membutuhkan duduk dalam waktu lama juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan para wanita khususnya metabolisme dalam tubuh.

Akibat Duduk Terlalu Lama Bagi Wanita

Bagi anda para wanita yang memiliki intensitas duduk yang lama, sebaiknya tingkatkan kewaspadaan anda karena ada banyak akibat duduk terlalu lama bagi wanita yang beberapa diantaranya bisa berakibat fatal seperti ulasan kami berikut ini.

Penyebab Kanker Endometrium dan Payudara


Dalam sebuah studi Asosiasi Peneliti Kanker di Amerika Serikat mengatakan jika wanita yang kurang beraktivitas seperti olahraga dan dalam jam kerja mereka didominasi dengan duduk, maka bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan endometrium atau kanker dinding rahim hingga 2.4 kali lebih tinggi. Hanya duduk diam akan membuat tingkat molekul dalam darah semakin meningkat dan risiko kanker juga bisa meningkat.

Menyebabkan Kolesterol Tinggi


Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh wanita. Dalam sebuah studi menemukan jika posisi duduk hanya 2 jam saja sudah bisa meningkatkan kadar lemak trigliserida dalam tubuh wanita.

Obesitas


Lemak trigliserida yang tidak diubah menjadi energi karena terlalu banyak duduk akan meningkatkan jumlah kolesterol yang nantinya akan berdampak langsung pada peningkatan berat badan atau obesitas. Dalam penelitian dibuktikan jika seorang wanita yang duduk melebihi 2.5 jam akan meningkatkan risiko obesitas dibandingkan wanita yang tidak terlalu lama duduk.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung


Wanita yang duduk terlalu lama juga bisa menghambat aliran darah dalam pembuluh darah sehingga lemak yang terbakar juga semakin berkurang kemudian menyumbat organ jantung. Seorang wanita yang duduk lebih dari 10 jam per hari bisa meningkatkan risiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan wanita yang hanya duduk sekitar 5 jam per hari seperti penyebab gangguan ritme jantung.

Diabetes


Semakin lama seorang wanita duduk, maka tingkat respons insulin juga bisa terpengaruh dimana kadar insulin yang diproduksi pankreas akan semakin tinggi kemudian menyebabkan diabetes. Duduk lebih dari 8 jam per hari sudah sama dengan peningkatan risiko penyakit diabetes tipe 2 dengan jumlah sekitar 90% sehingga harus dihindari.

Masalah Pencernaan


Ketika anda duduk terlalu lama khususnya sesudah makan, maka bisa menyebabkan isis perut mengalami tekanan dan menghambat proses pencernaan makanan dalam tubuh. Hal ini nantinya bisa menyebabkan :

  • Perut terasa kembung
  • Perut kram
  • Penyebab sembelit atau konstipasi
  • Jumlah mikroba baik dalam pencernaan tidak seimbang.

Gangguan Tulang


Wanita yang duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh menegang seperti leher dan bahu karena posisi stagnan dalam waktu lama tersebut. Hal ini nantinya juga bisa berdampak pada tulang belakang yang ikut menegang dan ketidakseimbangan permanen akan terjadi kemudian timbul penyebab sakit punggung. Duduk terlalu lama bisa membuat tulang punggung tertekan dan otot statis serta tidak fleksibel yang akhirnya juga akan mengganggu penyerapan darah serta nutrisi dalam tubuh.

Degenerasi Otot


Ketika sedang berdiri dan beraktivitas seperti olahraga, maka otot khususnya otot perut akan mengencang. Namun jika anda duduk dalam waktu yang lama, maka otot bisa semakin kendur dan melemah. Otot di area pinggang juga akan terasa kaku serta gerakan yang semakin terbatas sebab jarang digerakkan. Jika terjadi terus menerus, maka degenerasi otot bisa terjadi yang bisa membuat anda terjatuh ketika berjalan secara mendadak.

Gangguan Kaki


Wanita yang duduk terlalu lama juga bisa menghambat aliran darah di kaki sehingga terjadi pembengkakan pergelangan kaki, varises serta darah yang menggumpal. Ini nantinya bisa mengembangkan beberapa risiko penyakit seperti osteoporosis atau mati rasa yang dalam istilah medis disebut dengan neuropati yakni gangguan saraf yang mengurangi fungsi kaki.

Penekanan Pada Bayi


Kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa berdampak buruk jika dilakukan oleh wanita selama masa kehamilan. Duduk dalam waktu lama bisa menekan bayi dalam rahim sehingga tidak bisa bergerak dengan leluasa. Jika terjadi terus menerus, maka risiko bayi terlahir prematur juga bisa meningkat.

Ada begitu banyak akibat duduk terlalu lama bagi wanita yang harus diwaspadai khususnya bagi anda wanita karir atau sedang dalam masa kehamilan. Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah membiasakan diri untuk bergerak setidaknya menggerakan tubuh anda sekitar 5 menit agar otot otot tubuh tidak kaku dan mencegah berbagai gangguan berbahaya yang bisa terjadi pada wanita.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this