Apakah Begadang Dapat Menurunkan Berat Badan?

Begadang disebut-sebut sebagai sebuah aktivitas yang bisa menurunkan berat badan meski banyak juga yang meyakini bahwa begadanglah yang merupakan penyebab berat badan mudah naik. Apakah begadang bisa menurunkan berat badan sungguhan? Lalu apakah begadang bisa menggantikan diet supaya berat badan cepat turun? Begadang bukanlah suatu pilihan yang aman dan Anda perlu tahu mengapa.

Apakah Begadang Dapat Menurunkan Berat Badan

Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan, Benar atau Tidak?


Karena beberapa orang meyakini bahwa berat badan bisa turun karena begadang, lalu banyak orang yang kemudian berpikir bahwa setiap hari begadang berarti mampu menggantikan diet. Sering begadang dapat memberikan 2 kemungkinan efek bagi tubuh Anda, bisa jadi lebih kurus atau malah menggemuk.

Begadang sama dengan kurang tidur, pada beberapa orang aktivitas ini bisa menjadikan tubuh lebih kurus dan sulit gemuk karena ditambah dengan tidak makan apapun selama begadang. Namun berbeda kasusnya kalau saat begadang malah justru makan terus-menerus dan makan banyak, khususnya makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Kebanyakan orang justru biasanya akan mengalami godaan untuk lebih banyak makan saat begadang sehingga pada akhirnya malah menjadi penyebab tubuh menggemuk. Mungkinkah begadang menurunkan berat badan? Beberapa orang mungkin benar-benar mengalaminya, namun tentunya hal tersebut karena begadang ditambah dengan tanpa makan apapun.

Hal ini pun didukung dengan fakta bahwa begadang pada malam hari tanpa menjaga keseimbangan asupan nutrisi bisa menjadi faktor yang menyebabkan turunnya berat badan. Sayangnya, berat badan yang turun juga pasti diikuti dengan turunnya sistem daya tahan tubuh sehingga menjadi lebih mudah jatuh sakit.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Kebiasaan Baik di Malam Hari


Ketimbang memilih begadang daripada diet di mana begadang sendiri juga belum tentu memberikan efek kurus bagi tubuh, Anda perlu memilih kebiasaan yang baik di malam hari agar tak mudah gemuk dan mampu menurunkan berat badan secara aman. Begadang adalah salah satu pola tidur yang tidak baik sehingga kesehatan bisa ikut terkena dampak buruknya secara menyeluruh.

Ingat bahwa begadang alias kurang tidur mampu memperbesar potensi seseorang memiliki tekanan darah tinggi serta risiko penyakit jantung sebagai akibat begadang malam terus-menerus. Sistem daya tahan tubuh pun terancam turun berikut juga proses metabolisme yang kemudian terganggu. Konsentrasi pun ikut menurun sehingga begadang pada dasarnya hanya merugikan kesehatan dan fungsi tubuh kita maka mungkin beberapa tips ini bisa membantu.

  • Tidak ngemil setelah makan malam – Banyak orang tidak bisa untuk tidak ngemil sesudah makan malam. Namun jika ingin menguruskan badan, Anda perlu berhenti makan bila sudah menikmati makan malam. Anda bisa mencoba melakukan kegiatan apapun yang membuat rasa lapar hilang atau tak terasa lagi supaya tak lanjut untuk mencari cemilan.
  • Memilih cemilan yang tepat dan sehat – Kalaupun Anda tetap ingin mengonsumsi cemilan, makanan yang mengandung kalori rendahlah yang paling tepat dan sehat bagi Anda. Buah jeruk, anggur dan stroberi adalah yang paling baik bila ingin menurunkan berat badan. Buah-buah itu pun sebaiknya dikonsumsi 2 jam sebelum tidur.
  • Minum protein shake – Selain cemilan berupa buah dengan kalori rendah dan kandungan air tinggi, mengonsumsi protein shake bisa menurunkan berat badan terbukti oleh sebuah studi dari Florida State University. Mengonsumsinya 1 jam sebelum tidur mampu mempercepat metabolisme tubuh, memperbaiki metabolisme yang terganggu serta menormalkan kembali tekanan darah.
  • Siap-siap tidur – Jika Anda benar-benar ingin mencoba menghindari cemilan, 2-3 jam sesudah makan malam Anda bisa memilih untuk tidur. Mempercepat waktu tidur jauh lebih dianjurkan ketimbang begadang yang berkemungkinan besar membuat rasa lapar bertambah parah.
  • Mematikan lampu sebelum tidur – Dibuktikan oleh sebuah penelitian pada Journal of Biological Rhythms, kenaikan berat badan bisa terjadi pada orang-orang yang terbiasa membiarkan lampu menyala saat tidur. Padahal, mematikan lampu adalah cara untuk bisa menurunkan berat badan ditambah pula mampu memperoleh tidur lebih berkualitas.

Jadi, apakah begadang bisa menurunkan berat badan secara efektif? Belum tentu, tergantung dari kondisi masing-masing tubuh orang dan kegiatan apa yang dilakukan selama begadang. Akan jauh lebih baik kalau Anda mulai mencoba melakukan tips diet sehat serta beberapa kebiasaan baik di malam hari tersebut daripada sengaja begadang yang hanya akan merusak kesehatan.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this