Cara Agar Makeup Tahan Lama

Selain konsumsi air yang cukup, upayakan mengatasi kulit berminyak. Karena minyak merupakan penghapus makeup yang paling ampuh dan menyebabkan makeup tidak tahan lama.

Cara Agar Makeup Tahan Lama

Berikut adalah tips praktis dari Kabar Sehat agar makeup yang kamu pakai lebih tahan lama.

1. Rajin Bersihkan Muka


Rajinlah membersihkan muka, terutama sebelum menggunakan makeup.Gunakan sabun cuci muka yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid untuk mengurangi produksi minyak pada wajahmu.

2. Menggunakan Pelembab


Apapun jenis kulit kamu jangan lupa untuk tetap mengunakan moisturizer atau pelembap. Harus? Ya, karena ketika kulit kamu tidak diberi pelembap, lapisan dermis akan terus memproduksi minyak make up akan cepat luntur. Sebaiknya, gunakan pelembap berbahan dasar air seperti gel atau lotion yang ringan agar wajah tidak terlihat semakin oily.

3. Hindari Penggunaan Concealer pada Mata


Bagi kulit berminyak ternyata menggunakan concealer pada mata menyebabkan creasing. Lebih baik jika kamu menggunakan primer yang memang spesifik dibuat untuk mata. Primer akan menyerap minyak yang menyebabkan creasing pada mata sehingga riasan mata akan bertahan lebih lama.

4. Jangan Memakai Bedak Terlalu Banyak


Selama ini kita berpikir bahwa memakai bedak yang banyak akan membuat wajah lebih terbebas dari kilau akibat minyak berlebih. Memakai bedak secara berlebihan akan merangsang pori-pori wajah untuk mengeluarkan lebih banyak minyak. Cukup gunakan bedak pada area yang berkilau, dan gunakan bedak dengan formula yang matte dan transparan.

5. Pilihlah Produk Makeup yang Tahan Lama


Memiliki kulit berminyak memang membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak. Carilah produk berkualitas yang berlabel waterproof, water-resistant, atau long wear, terutama untuk riasan mata.

6. Pakailah Produk Makeup Bebas Minyak


Jika kamu memiliki kulit berminyak, pakailah produk makeup bebas minyak dan noncomedogenic supaya tidak menyumbat pori-pori, terutama foundation, blush, primer dan sunscreen.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this