Cara Agar Tubuh Segar dan Awet Muda

Siapa tak berseri-seri bila dipuji berwajah segar dan terlihat awet muda? Terlihat segar dan awet muda menjadi impian banyak orang. Bahkan berbagai upaya perawatan pun rela dilakukankan.

Cara Agar Tubuh Segar dan Awet Muda

Tahukan Anda bahwa senjata untuk tampil segar dan awet muda ternyata tak sulit. Cukupkan pola makan Anda dengan makanan segar, berkomposisi nutrisi seimbang dan lengkap. Berikut Cara Agar Tubuh Segar dan Awet Muda.

1. Benteng Tubuh


Vitamin C adalah salah satu kunci awet muda. Ia memperkuat daya tahan tubuh karena merupakan antioksidan penting untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini. Dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Kini makin banyak produk multivitamin yang dirancang untuk mencegah penuaan dini. Sesungguhnya, jika asupan makan Anda tercukupi dan seimbang (buah, sayur), serta lengkap vitamin mineral, maka tanpa suplemen multivitamin pun tidak masalah. Namun mereka yang sakit, dalam proses penyembuhan, wanita hamil, menyusui, dan para lansia yang bermasalah dengan pencernaan, multivitamin dianjurkan.

2. Kembali ke Tradisional


Memakai bumbu-bumbu tradisional segar adalah salah satu cara membuat makanan sehat. Salah satunya bawang putih, bumbu yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol, dan mencegah kanker. Dan, sebisa mungkin hindari bumbu instan siap pakai.

3. Makan Seperti Balita


Saat balita, pola makan dan kebersihan makanan biasanya terjaga. Ini jadi salah satu faktor yang membuat balita tumbuh sehat. Walaupun sudah bukan balita, tak ada salahnya ikuti pola makan si balita, bersih dan padat gizi. Selain makan teratur, para balita juga beristirahat secara teratur. Pagi, jangan remehkan sarapan. Sesibuk apapun, usahakan rutin mengonsumsi buah, bisa melon, pepaya, pisang, atau apel. Tambahkan karbohidrat dan protein berupa satu iris roti dengan selai kacang atau telur dadar favorit. Siang, batasi makanan yang digoreng. Cukup satu potong, nasi cukup setengah piring, dan tambahkan sayuran. Malam, nasi dengan porsi lebih sedikit dibanding siang, perbanyak sayur dengan lauk yang tidak digoreng/ ditumis, tetapi direbus, dikukus, atau dipanggang

4. Menjaga Hormon


Beberapa jenis Menjaga Hormonsayuran, biji-bijian (kenari, almon), dan kacang-kacangan (terutama kedelai) kaya akan fitoestrogen (hormon estrogen alami) yang dapat membantu kestabilan kadar hormon wanita.

5. Sayangi Perut


Apapun yang dikonsumsi berlebihan tak baik untuk kesehatan. Sayangnya, makanan lezat yang umumnya mengandung minyak, kolesterol, lemak, dan gula tinggi sulit dihindari. Solusi agar pencernaan ‘awet muda’, berpuasa atau melakukan diet vegetarian secara berkala. Kandungan serat dan asam amino tinggi pada sayur dan buah, membuat usus dalam keadaan bersih dan bekerja lebih ringan dibanding saat mengolah daging.

6. Ngemil Sehat


Selalu sediakan buah segar dalam jangkauan. Saat lapar, makan buah dahulu sebelum ngemil yang lain. Serat dalam buah akan membuat perut kenyang dan mencegah Anda ngemil berlebihan. Sebagai penahan lapar, boleh juga mengonsumsi protein baik, seperti kacang, atau dark chocolate. Tapi jangan berlebihan.

7. Minuman Awet Muda


Minum teh hijau, yogurt, rebusan jahe, kunyit, atau temulawak punya nilai lebih dibanding minuman bersoda atau kemasan yang mengandung pewarna dan pemanis buatan. Pastikan juga Anda cukup minum air putih setiap harinya. Kekurangan air membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kulit menanggung akibat kekeringan.

8. Makan dengan Hati Senang


Setiap kali makan, nikmati dan rasakan makanan. Syukuri hidangan yang masuk ke mulut Anda. Makan bersama orang-orang tercinta harusnya menimbulkan emosi positif dan bahagia. Dan akan membuat Anda lebih awet muda. Salah satu cara untuk makan enak adalah menjauhi kondisi stres. Dengan hati yang tenang, semua makanan bisa terasa lezat.

9. Gairah Tak Boleh Padam


Menurut Ian Kerner, konselor seks di New York, AS, dan penulis buku She Comes First, kesehatan seksual merupakan cerminan dari kondisi kesehatan fisik dan psikologis seseorang. Jika Anda kehilangan gairah seksual, bisa jadi itu merupakan tanda adanya masalah kesehatan lain, bisa depresi, kurang asupan nutrisi, atau mengidap penyakit tertentu. Jadi, jangan abaikan kehidupan seks yang meredup. Karena, kehidupan seksual yang sehat berpengaruh positif pada kesehatan Anda.

10. Rutin Olahraga


Berolahraga secara rutin menjadi sesuatu yang diajurkan untuk dilakukan para senior. Akan tetapi, jika olahraga dilakukan secara berlebihan justru bisa berdampak buruk. Karena itu para senior diajurkan untuk melakukan olahraga santai namun membakar kalori. Seperti; berenang, jalan santai dan senam.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this