Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur

Menghilangkan kebiasaan tidur memang tidak mudah. Mungkin anda sebagai salah satu orang yang dilanda kebiasaan tersebut atau mungkin Anda sering mendapati seorang teman atau saudara yang mempunyai kebiasaan seperti ini juga. Biasanya, penyebab dari kebiasaan suka tidur adalah:

Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur

  • Berat badan berlebih alias obesitas – Percaya atau tidak, seseorang yang mempunyai berat badan lebih akan sering tertidur. Tepatnya lagi mudah untuk tidur dimana saja dan kapan saja. Untuk menghindari kejadian ini, sebaiknya Anda terapkan Tips Olahraga yang baik dan benar berikut.
  • Efek terlalu lelah – Karena lelah sebagai satu kondisi yang mewakili beberapa hal. Lelah suatu kondisi yang umum terjadi, akibatnya tubuh mengalami ngantuk dan lemas.
  • Kurangnya tidur secara teratur – Karena begadang membuat tekanan darah menjadi berkurang. Namun yang pasti, jika anda kurang tidur di malam hari sudah pasti akan memicu seringnya tertidur.
  • Tekanan darah turun – Coba lihat mereka yang mengalami anemia, tubuhnya terlihat letih dan tak bertenaga. Banyak dari mereka juga lebih sering tertidur. Selain sering tidur, ada juga beberapa penyebab anemia yang penting untuk Anda ketahui.

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab kebiasaan tidur tersebut, segera ambil langkah tepat untuk mengatasinya agar hidup lebih bermanfaat seperti cara menghilangkan kebiasaan tidur di bawah ini.

Jadwal Jam Tidur Secara Teratur


Karena istirahat sangat penting, sebaiknya atur jam tidur anda agar tidak menghambat di jam-jam operasional. Salah satunya jadwalkan tidur anda secara tepat. Pastikan bahwa dalam sehari anda bisa terpejam selama 8 jam.

Pasang Alarm


Jika anda telah menjadwal jam tidur, selanjutnya adalah dengan memasang alarm. Usahakan atur waktu sejak tidur sampai bangun adalah 8 jam. Karena pada faktanya seseorang atau khususnya anak muda menghabiskan waktu istirahat pada gadget.

Letakkan Alarm Dalam Beberapa Jarak


Jangan menaruh jam alarm di dekat anda tidur. Pasalnya, saat bunyi alarm berdenting suara itu pasti nyaring di telinga anda. Akibatnya anda akan merasa bising dan menekan tombol mati pada alarm. Sayangnya, banyak yang malah melanjutkan tidurnya setelah mematikan alarm. Hal ini karena jarak alarm dengan tidur sangat dekat. Berbeda jika anda menaruh sedikit lebih jauh maka anda akan berdiri untuk mematikan.

Jangan Tekan Tombol Tunda


Kebiasaan anak muda, mereka yang asyik tidur malah menunda suara alarm. Sehingga sama saja anda dengan mengulur-ngulurkan waktu tersebut. Jika di teruskan, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk.

Meregangkan Tubuh Pada Waktu Bangun


Saat sudah pagi dan alarm berbunyi, pastikan untuk meregangkan tubuh lebih dulu sebelum anda bangun. Bukalah gorden kamar dan sinar matahari dapat dibiarkan masuk ke ruang kamar anda. Ini merupakan Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur yang akan membantu anda dalam menghadapi hari itu secara lebih semangat dan yakinkan diri untuk melakukan serta mengalami segala hal yang lebih positif.

Cuci Muka & Mandi


Saat anda sering tertidur, sebaiknya basuh wajah dengan air. Karena efek air memberikan kesegaran yang akan membuat anda kembali melek. So, tidak ada lagi kebiasaan tidur. Selain itu anda bisa mandi untuk membuang jiwa lelah yang hilang semangat dan mengakibatkan mata kantuk. Selain bisa membuat Anda ngantuk terus meneur, inilah akibat jarang mandi pagi dan sore lainnya.


Mematikan Alat Elektronik


Matikan saja alat-alat penunjang waktu yang tidak penting. Alat yang di maksud adalah seperti laptop / komputer, terutama juga ponsel dan smartphone. Saat ini pengaruh teknologi sangat tinggi sekali, apabila bukan diri kita sendiri yang menjaga maka sulit juga membiasakan pola hidup yang teratur.

Aktif Beraktifitas Santai Sebelum Tidur


Mungkin anda berfikir bukankah cara ini malah membuat lelah? Bukan, ada beberapa teknik aktifitas akan mengurangi rasa kantuk anda. Sehingga kebiasaan tidur bisa di netralisir dengan menerapkan langkah seperti ini. Adapun kegiatan yang di maksud adalah seperti membaca buku, mandi dengan aie hangat atau mendengarkan lagu dengan tempo lambat.

Menghindari Tidur di Jam Sore


Tidur malam dengan waktu yang cukup adalah cara istirahat yang lebih tepat. Jika dibandingkan anda harus istirahat pada siang atau sore hari, waktu malam justru yang di sarankan. Untuk mengurangi kebiasaan tidur, sebaiknya hindari tidur di jam sore. Bila ingin tidur siang, maka tentunya jauh lebih baik kalau sekitar jam 1-2 siang dan tidak lebih dari itu. Benar memang bahwa pada jam tersebut kita akan terserang rasa kantuk hebat sehingga menimbulkan kebiasaan buruk tersebut. Jika Anda terapkan langkah ini, otomatis Anda juga terhindari dari bahaya tidur sore hari ini.

Jauhi Makanan Berat di Siang Hari


Meski sebenarnya sah-sah saja untuk tidur siang selama 30 menit, alangkah baiknya kalau bisa menghindari tidur siang sama sekali supaya malam hari hingga paginya tidak tidur terlalu lama. Caranya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan berat pada waktu makan siang. Hal ini karena memicu penyebab sering mengantuk terutama saat siang.

Tidak Mengkonsumsi Kafein Sebelum Tidur


Kurang tidur di malam hari mampu menjadi penyebab dari kelebihan tidur di waktu paginya. Ketika pagi hari seharusnya dapat bangun dengan keadaan tubuh yang fresh, anda akan tergoda untuk tidur lebih lama akibat malamnya tak bisa tidur nyenyak yang bisa saja disebabkan konsumsi kafein.

Jika memang saat ini Anda sudah menerapkan salah satu cara menghilangkan kebiasaan tidur di atas, sebaiknya lakukan lebih maksimal atau mungkin semua langkah tersebut diikuti untuk hasil yang lebih baik.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this