Sisi Positif Buat Kamu yang Overthinking

Kamu termasuk pribadi yang overthingking? Mengambil keputusan pasti jadi sesuatu yang sagat berat utukmu, kan? Karena biasanya pasti kepikiran terus seperti pikiran kalau kamu pilih ini, kira-kira salah nggak, sih? Kalau pilih itu, salah juga gak?

Sisi Positif Buat Kamu yang Overthinking

Alhasil kamu jadi gak tenang karena terus-terusan mikir berlebihan! Tapi ternyata, overthinking ada sisi positifnya juga, lho. Berikut Sisi Positif Buat Kamu yang Overthinking.

1. Kamu jadi bisa lihat sesuatu dari banyak sudut pandang


Kira-kira apa yang terjadi kalau kamu memilih ini, apa konsekuesi kalau kamu menjalani itu, apa dampak bagi orang-orang kalau kamu nggak melakukan ini dan sebagainya. Kamu memikirkannya lebih banyak dibandingkan orang lain. Tentu kalau kamu lagi ada masalah, kamu bisa lihat banyak hal baik dan buruk dari pilihan-pilihanmu.

2. Kamu jadi siap untuk hal yang terburuk sekalipun


Karena kamu bisa melihat baik dan buruk di keputusan yang akan kamu ambil, kamu jadi udah siap buat menerima konsekuensi terburuknya. Hal ini bikin kamu jadi siap tempur terhadap semua kemungkinan, bahkan yang terburuk.

3. Kamu jadi lebih perhatian terhadap hal-hal yang kecil


Karena kamu memikirkan sesuatu terus-menerus, kamu jadi terlatih untuk melihat sesuatu yang gak biasa dilihat orang-orang. Kamu pasti gak akan pernah melewatkan hal-hal kecil yang menunjang keputusanmu. Hal itu membuatmu jadi orang yang teliti dan selalu siaga.

4. Mudah menyadari kesalahan


Nah, kesalahan kecil aja dari keputusan kamu, pasti terus kamu analisis dalam-dalam. Coba kalau kemarin aku pilih ini, bukan itu, begitu pikirmu. Setelah ini jika dihadapkan dengan masalah yang sama, kamu akan mudah menyadari kesalahan-kesalahan yang kamu buat.

5. Selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik


Orang yang overthinking pasti nggak mau ada sesuatu yang salah di hidupnya, karena kesalahan itu bakalan bikin dia kepikiran terus. Untuk itu, mereka berusaha untuk melakukan yang terbaik! Meski sudah melakukan yang terbaik, orang yang overthinking nggak mudah puas, dia bakalan terus kepikiran dan berusaha menjadi lebih baik lagi! Hebat, kan?

6. Selalu mementingkan orang lain daripada diri sendiri


Pasti orang yang overthinking selalu merasa gak enakan dengan orang lain. Kalau dia habis melakukan sesuatu yang salah sama orang, jadi kepikiran terus. Takut melukai hati orang lain. Selalu mengedepankan oranglain daripada diri sendiri membuat mereka menghargai orang lain.

Jadi overthinker ternyata gak buruk, kok. Tapi tetap aja, kamu harus berusaha untuk gak terlalu berlebihan memikirkan sesuatu. Selain gak baik buat kondisi psikologismu juga gak baik buat kesehatan tubuhmu. So, tetap kendalikan pikiranmu dan jangan terjebak pada pemikiran yang terlalu dalam ya!

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this