Stres Berpengaruh pada Kesehatan Wanita

Sosok wanita yang lemah lembut dan terkesan lemah memang sangat rentan dengan apa yag dinamakan stres. Dibandingkan dengan laki-laki, wanita itu lebih kompleks dalam menjalani kehidupan di dunia. Banyak hal yang harus dilakukan dan di pikirkan oleh seorang perempuan, sementara terkadang keadaan yang tidak mendukung menjadikan faktor kenapa wanita lebih mudah stres dibanding dengan laki-laki.

Stres Berpengaruh pada Kesehatan Wanita

Ungkapan yang mengatakan jika wanita itu multitasking itu memang tidak dapat ditolak, wanita harus menjadi ibu rumah tangga yang baik, mengurusi suami, anak, dan urusan rumah tangga lainnya, belum lagi jika wanita tersebut juga memiliki aktivitas rutin yang harus dilakoni seperti pekerjaan, dan yang paling penting adalah jika wanita itu makhluk yang sangat sensitif.

Sensitif di sini dimaksudkan jika wanita tidak bisa mengabaikan apa yang terjadi di sekitarnya, banyak wanita yang berusaha tegar dengan tidak menghiraukan masalah-masalah yang seharusnya tidak mereka pikirkan.

Namun jauh di dalam hati dan pikiran mereka, mereka tidak bisa membiarkan masalah-masalah tersebut dan berusaha melupakannya? Terkadang wanita memang tidak mau kalah dengan laki-laki, mereka cenderung menyamakan kedudukan dengan laki-laki dengan berusaha melakukan banyak hal yang bisa mengangkat wanita menjadi sama dengan laki-laki.

Namun, kebanyakan wanita tidak kuat dengan keadaan yang dipaksakan sendiri tersebut hingga berakhir stres. Stres yang dialami wanita sendiri bisa bertahan dalam jangka waktu yang pendek dan lama. Stress jangka pendek adalah stres sesaat karena suatu masalah kecil namun akhirnya kamu bisa menyelesaikannya.

Stres jangka panjang atau sering disebut stres kronis adalah stres yang akan kambuh ketika kamu mendapati masalah dalam kehidupan kamu, stres jenis ini bisa mengakibatkan penyakit jantung, darah tinggi, insomnia, dan berpengaruh pada kehamilan.

Kebanyakan wanita tidak menyadari jika mereka sebenarnya sedang dilanda stres, mereka cenderung memaksakan diri untuk melawan keadaan yang seharusnya cepat diatasi tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya jika kamu mengenali tanda-tanda stres yang mungkin kamu rasakan.

Tanda-tanda jika kamu sedang dilanda stres yaitu susah tidur di malam hari tanpa alasan, selain itu kamu juga akan susah untuk berkonsentrasi dan merasa fisik dan pikiran berada di tempat yang berbeda, Sakit perut dan sakit kepala juga merupakan tanda-tanda stress yang dialami wanita, hingga akhirnya membuat mengalami kecemasan yang berlebihan.

Banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya stres pada diri kita. Kehilangan adalah penyebab utama stres yang kamu alami, misalnya saja kamu baru saja kehilangan orang yang sangat kamu cintai.

Ketika kamu berharap banyak pada orang tersebut dan kamu harus menerima kenyataan jika orang tersebut sudah tiada itu bagaikan berharap pada sesuatu yang tidak akan pernah terjadi. Kamu butuh waktu untuk menerima bahwa kenyataannya pasangan kamu sudah tiada. Kadang kamu tidak bisa menerima kenyataan dan membuat kamu berhalusinasi jika sebenarnya orang yang kamu cintai itu masih ada di sisi kita.

Harapan yang berbanding terbalik dengan kenyataan itu memang menyakitkan, dan itu akan memicu kamu untuk berpikir hingga menyebabkan kamu stres. Memiliki harapan itu bagus, namun kamu juga harus menyesuaikan harapan kamu dengan keadaan anda. Kamu bisa berharap dan bercita-cita tinggi, namun kamu harus siap menerima resiko jika kamu tidak bisa mencapai harapan anda. Jika kamu bukan termasuk orang yang kuat, ada baiknya jika kamu melihat keadaan kamu dahulu sebelum berharap.

Keadaan ekonomi juga merupakan pemicu stres kamu, kebutuhan yang semakin menggunung namun kamu masih stagnan bahkan tidak memiliki penghasilan lebih. Kamu mau atau tidak mau tetap harus memnuhi kebutuhan tersebut.

Usaha keras yang kamu lakukan bisa membuahkan hasil, dan bila tidak kamu bisa saja stres. Panik juga merupakan pemicu stres, jika seharusnya kamu bisa berpikir jernih ketika menghadapi masalah, maka ketika kamu panik yang ada di pikiran kamu hanyalah rasa takut dan khawatir berlebihan yang tidak menyelesaikan masalah dan cenderung membuat kamu stres.

Cara Mengatasi Stres pada Wanita


Cara Mengatasi Stres pada Wanita

Mengatasi stres yang dialami wanita harus dimulai pada diri sendiri sebelum lingkungan kamu mempengaruhi anda. Sebagai wanita, kamu tentu ingin terlihat hebat di mata orang lain, khususnya suami kamu, namun kamu juga harus memperhatikan keadaan kamu sendiri.

Kamu boleh mengurusi semua urusan rumah tangga kamu dan juga pekerjaan yang benar-benar menyita waktu kamu, namun kamu juga harus menyempatkan diri untuk bersantai dan menyegarkan pikiran anda.

Buatlah hidup kamu seimbang, jangan hanya memikirkan hal-hal yang membebani kamu, kamu juga butuh waktu untuk bersenang-senang. Pergi bermain bersama teman arisan atau sekedar pergi ke salon untuk memanjakan diri itu cukup membantu.

Terlalu banyak komitmen membuat kamu bingung untuk mengatur waktu dan melaksanakannya, jika memang kamu tidak mampu sebaiknya kamu memberanikan diri untuk berkata tidak. Itu demi kesehatan kamu dan terhindar dari stres yang mengancam.

Menyempatkan diri untuk mengikuti latihan senam aerobik juga bisa mengurangi stres yang kamu derita. Latihan endorphin yang dipercaya bisa mengeluarkan rasa sakit pada tubuh kamu dan menghilangkan stres sangat baik kamu lakukan paling tidak seminggu sekali.

Cobalah untuk keluar dari rutinitas kamu sehari-hari paling tidak seminggu sekali untuk menyegarkan pikiran anda. Rutinitas yang kamu lakoni setiap hari akan membuat kamu bosan dan akhirnya stres, tapi jika kamu selingi dengan kegiatan lain yang menyenangkan akan membantu kamu mengurangi stres.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this