September 28, 2018

Apa Itu DNA?

DNA merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan suatu makhluk. Sebuah molekul DNA berisi semua informasi yang diperlukan untuk tumbuh, membangun dan memelihara suatu organisme. Pertama kali ditemukan pada tahun 1869 oleh Friedrich Miescher. Berikut ini beberapa hal yang sering ditanyakan seputar DNA.

Apa Itu DNA

Apa Fungsi DNA di Tubuh Kita?


DNA adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid (asam deoksiribonukleat). DNA adalah kode paling penting dalam tubuh kita karena berfungsi memberikan sebuah instruksi ke tubuh kita untuk berkembang dan agar berfungsi sesuai dengan tugas masing-masing jaringan tubuh kita.

Apa Fungsi DNA di Tubuh Kita

Tubuh kita terdiri dari jutaan dan triliunan sel. Sel-sel ini sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Setiap sel memiliki fungsi khusus untuk bekerja seperti beberapa sel membantu mendengar, beberapa membantu mencerna makanan dan beberapa membantu membawa oksigen. Tubuh kita mengandung lebih dari 200 jenis sel. Tapi bagaimana sel-sel tahu apa yang harus dilakukan? Molekul khusus yang disebut DNA memberitahu setiap sel apa yang seharusnya mereka lakukan.

DNA Terbuat Dari Apa?


DNA merupakan polimer besar yang tersusun atas unit-unit nukleotida yang berulang-ulang. Setiap nukleotida tersusun atas gugus fosfat, gula pentosa, dan basa nitrogen. Untuk membentuk sebuah untai DNA, nukleotida terhubung ke rantai, dengan gugus fosfat dan gula secara bergantian.

Dimana DNA Dapat Ditemukan?


DNA ditemukan dalam setiap sel setiap makhluk hidup. Dapat ditemukan dalam struktur setiap sel yang disebut kromosom. Kromosom bekerja dengan asam nukleat dalam sel untuk membangun protein dan membantu dalam duplikasi atau ketika sel membelah.

Bagaimana Bentuk DNA?


Bagaimana Bentuk DNA

DNA adalah seperti sebuah tangga spiral. Setiap bagian dari DNA memiliki dua benang panjang / rantai yang memutar saling mengitari. Tangga spiral dengan dua benang panjang dikenal sebagai double helix. Rantai panjang nukleotida memiliki empat jenis basa nitrogen, adenin (A), timin (T), sitosin (C) dan guanin (G). 2eempat basa nitrogen dikenal sebagai 'basis'. Basa ini membentuk anak tangga khusus. Mereka seperti puzzle dan hanya cocok dengan pasangan mereka. A selalu berpasangan dengan T dan C selalu berpasangan dengan G.

Bagaimana DNA Bekerja?


Basa nitrogen yang terdiri dari 4 huruf akan membuat kata atau kodon (kode genetik) yang selalu terdiri dari tiga huruf. Kombinasi 4 huruf akan diulang dalam urutan yang berbeda secara terus-menerus di setiap untai DNA.

ATG CGT GGT CAG


Kata-kata ini membuat kalimat yang sel-sel dapat mengerti. kalimat ini disebut gen dan kode genetik. Setiap kalimat memberitahu sel untuk membuat molekul khusus yang disebut protein yang mengontrol segala sesuatu di sel. Protein membantu sel-sel untuk melakukan fungsi mereka, untuk tumbuh dan untuk bertahan hidup. Perbedaan protein ini adalah apa yang membuat dua makhluk hidup yang berbeda satu sama lain.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon