September 29, 2018

Autisme, Insecure, dan Kontrasepsi

Pekan ini kami menyelisik sisi ilmiah dari berbagai peristiwa. Mulai dari kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh anak dengan autisme, sampai meninggalnya kakak penyanyi Syahrini karena tersetrum listrik.

Autisme, Insecure, dan Kontrasepsi

Ada pula lima kabar lain yang laik simak. Termasuk soal penggunaan media sosial, hingga pilihan kontrasepsi.

Hubungan autisme, agresivitas, dan kekerasan


Beberapa peristiwa pembunuhan yang melibatkan orang dengan autisme menimbulkan pertanyaan, mungkinkah autis bisa memicu tindakan agresif berujung kekerasan?

Autis atau autisme atau gangguan spektrum autisme (ASD) merupakan gangguan perkembangan saraf dan bukan penyakit mental.

Autisme ditandai kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi secara sosial. Penderitanya kesulitan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain.

Hubungan antara autisme, agresivitas, dan kekerasan disimpulkan para ahli sebagai permasalahan kompleks bermuatan emosional. Meskipun autisme tidak bisa disalahkan untuk suatu bentuk kekerasan, beberapa fitur autisme yang berkaitan dengan agresivitas dapat berkontribusi secara tidak langsung terhadap kekerasan.

Orang insecure cari masalah di Facebook


Munculnya rasa insecure dalam hubungan adalah hal normal jika terjadi sesekali saja pada masa-masa awal hubungan.

Namun, jika rasa insecure masih mengisi sebagian besar ruang dalam hati setelah lama bersama, mungkin ada pemicu lain yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kebiasaan bermedia sosial.

Sebuah studi baru mengungkapkan, penggunaan media sosial bisa memiliki efek negatif, terutama jika Anda tidak menggunakannya dengan tepat.

Kelebihan para peniru gaya bicara


Sony Al Ihsan Marta (20) asal Riau adalah salah satu contoh peniru gaya bicara. Ia mendadak terkenal di dunia maya setelah aksinya viral di media sosial.

Kemampuan uniknya menirukan suara, gaya bicara, juga aksen khas Joko “Jokowi” Widodo berhasil menghibur sebagian besar orang. Meski ada juga yang menilai mahasiswa ilmu hukum itu menghina presiden, Sony menjelaskan aksinya sekadar iseng tanpa maksud menghina ataupun bertujuan lain.

Fenomena ilmiah apa yang ada di balik kemampuan Sony?

Kebaikan tanpa pamrih mengurangi depresi


Para peneliti menemukan mereka yang melakukan random act of kindness atau kebaikan tanpa pamrih menunjukkan penurunan terbesar dalam hal depresi. Analisis terhadap mereka juga mengungkap, si baik hati mengalami peningkatan terbesar dalam kepuasan hidup.

Artinya, kebaikan tanpa pamrih tidak hanya membuat penerimanya bahagia. Aksi ini juga bermanfaat untuk kebahagiaan pelakunya.

Lebih lanjut lagi menurut peneliti, efek kebaikan tanpa pamrih ini terutama sangat dirasakan oleh orang yang sikapnya kurang menyenangkan.

Orang jangkung lebih berisiko varises


Varises adalah vena bengkak yang sering muncul di beberapa bagian kaki. Varises terjadi ketika katup di pembuluh darah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya darah tidak mengalir secara efektif.

Penelitian terbaru mengungkap, semakin tinggi seseorang, semakin besar pula kemungkinannya mengalami varises. Begitulah kesimpulan sebuah penelitian terhadap lebih dari 490 ribu orang.

Selain tinggi badan, usia yang lebih tua, jenis kelamin perempuan, kelebihan berat badan, kehamilan, atau menderita varises di masa lalu juga meningkatkan risiko varises seseorang.

Bahaya yang ditimbulkan dari tersetrum listrik


Tersetrum listrik menyebabkan kerusakan organ dalam hingga mengakibatkan nyawa melayang seperti yang dialami oleh Ridwan Zaelani, kakak laki-laki sulung penyanyi Syahrini, yang meninggal dunia pada Selasa (25/9/2018) akibat tak sengaja tersetrum arus listrik saat bekerja.

listrik yang mengalir di perumahan biasanya bertegangan rendah antara 40-1000 Volt. Namun, bukan berarti Anda bisa sengaja menyentuhnya tanpa risiko.

Sebagai pertolongan pertama korban tersetrum, terapkan prinsip tiga aman--aman diri penolong, korban, dan lingkungan.

Jangan pegang korban jika masih kontak dengan sumber listrik. Cari dan matikan sumber bila memungkinkan. Hubungi nomor darurat 119 atau 112.

Mengenali pilihan metode kontrasepsi


Perencanaan keluarga melalui kontrasepsi merupakan gerakan global yang penting dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kontrasepsi, ketahui terlebih dahulu beberapa metode yang bisa Anda pilih.

Sebenarnya, ada pilihan yang lebih alami, tetapi tidak praktis. Anda harus memonitor dan mencatat sinyal kesuburan yang berbeda selama siklus menstruasi.

Jika ingin berhubungan seks selama masa subur, Anda harus menggunakan alat kontrasepsi, seperti kondom. Cara alami ini bila diikuti dengan benar bisa sampai 99 persen efektif. Namun, bila tidak hati-hati, akan kurang efektif.

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon