Berapakah Tekanan Darah Normal?

Tekanan darah adalah tekanan yang dihasilkan oleh pompa jantung untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Darah akan membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Menurut survei Singapore National Health (1998), 27,3% orang singapura berusia antara 30 dan 69 tahun, menderita hipertensi . Hipertensi merupakan sebuah tekanan darah tinggi.

Berapakah Tekanan Darah Normal

Hipertensi dapat terjadi apabila tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg atau tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg. Diagnosis hipertensi baru dapat ditegakkan setelah pengukuran tekanan darah yang melebihi batas normal dan dilakukan minimal pada 3 hari yang berbeda. Hipertensi ini merupakan salah satu dari faktor resiko utama untuk penyakit jantung koroner dan stroke.

Sedangkan hipertensi yang tidak diobati dapat menyebabkan gagal jantung dan gagal ginjal. Sesuai dengan judul artikel di atas tentang berapakah tekanan darah normal bagi individu berusia antara 20-35 tahun? Tekanan darah normal untuk individu berusia 20-35 tahun adalah tekanan darah sistolik 100-135, tekanan darah diastolik 70-90, sedangkan pulse 65-110.

Tips Menjaga Tekanan Darah


Setelah mengetahui tekanan darah normal yang dicapai pada usia tersebut, kami memiliki beberapa tips untuk menjaga agar tekanan darah untuk usia anak, remaja, dan dewasa agar tetap normal. Diantaranya, sebagai berikut :

Berapakah Tekanan Darah Normal

1. Selalu Cek Tekanan Darah Anda


Dengan mengecek tekanan darah Anda pastinya bisa mengontrol apa yang ada di tubuh Anda. Pengecekan tekanan darah pun dapat dilakukan secara mudah di puskesmas, klinik, bahkan apotek terdekat.

2. Minum Obat Penurun Darah Tinggi


Untuk menghindari bahaya darah tinggi Anda dapat mengkonsumsi makanan alami yang berfungsi sebagai penurun darah tinggi, misalnya buah mengkudu, daun seledri, bawang putih, mentimun dsb. Hal ini merupakan pencegahan untuk menjaga keseimbangan tubuh saja.

3. Menghindari Makanan Penyebab Darah Tinggi


Darah tinggi sangatlah berbahaya maka dari itu sebaiknya anda mulai mengendalikan makanan yang sekiranya dapat menyebabkan darah tinggi.

4. Lakukan Olahraga Atau Senam


Hanya dengan gerakan senam maupun olahraga sederhana yang rutin hal tersebut juga sudah dapat menjaga keseimbangan tubuh Anda. Demikian artikel tentang tekanan darah normal untuk individu usia 20-35 tahun serta cara menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this