Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau

Rambut hitam berkilau adalah dambaan siapapun. Mereka yang memasuki usia senja tentu mengharapkan rambut tetap hitam dan sebisa mungkin menghindari munculnya uban. Perawatan untuk membuat rambut hitam harusnya dimulai sejak dini.

Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau

Ubaya untuk membuat rambut hitam selain mengatasi aspek psikologis seperti stress yang mempengaruhi kesehatan ginjal yang mempercepat tumbuhnya uban, terdapat beberapa ramuan alami yang dapat membuat rambut Anda menjadi hitam berkilau.

Salah satu ramuan yang mampu membuat rambut hitam berkilau adalah ramuan kembang sepatu ala Pupung. Pria asal Semarang ini dulu dikenal memiliki uban dikepalanya. Ia berhasil membuktikan membuktikan ramuan bunga sepatu karena rambutnya mulai menghitam sejak menggunakan ramuan tersebut.

Khasiat ramuan yang dibuat Pupung ini mampu membuat 80% rambut hitam secara alami. Ramuan ini minimal mampu menghambat tumbuhnya uban.

Cara Membuat Rambut Hitam Alami Ala Pupung


  • Ambil 15 helai daun kembang sepatu untuk sekali pemakaian.
  • Pilih daun yang tidak terlalu tua atau muda
  • Haluskan daun tersebut dengan blender, lalu saring untuk memisahkan ampas dengan minyaknya
  • Oleskan minyak daun kembang sepatu itu di kulit kepala satu jam sebelum keramas, dua kali seminggu.
  • Simpan ramuan yang membuat rambut hitam berkilau itu di lemari es dengan daya tangan selama 2 minggu.
  • Ramuan ini dapat digunakan beberapa kali tergantung kondisi rambut.

Cara Membuat Rambut Hitam Dengan kelapa Hijau


Bahannya adalah kelapa hjau satu biji dan garam dapur. Cara membuatnya dan menggunakannya adalah daging kelapa hijau diparut, dicampur dengan airnya kemudian diberi garam dan didiamkan semalam. Camputan ini diperas dan air perasannya digunakan untuk keramas selama tujuh hari berturut-turut. Demikianlah salah cara merawat rambut Anda dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Selain menggunakan ramuan kelapa hijau masih terdapat beberapa ramuan lainnya.

Rambut Hitam Dengan Biji Pepaya


Bahan yang harus disiapkan adalah 30 biji pepaya dan 1 sendok. Caranya membuatnya, biji pepaya di gongseng lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa. Kemudian gosokkan pada kulit kepala yang beruban.

Rambut Hitam Dengan Alpukat


Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah alpukat dan 1 buah jeruk lemon. Caranya, buah alpukat dihaluskan lalu dicapur dengan air jeruk lemon. Balurkan campuran tadi pada rambut dan tutup dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam sebelum keramas dengan sampo yang lembut.

Rambut Hitam Dengan Air Teh


Bahan yang harus disiapkan adalah teh 2 sendok makan dan air satu gelas. Caranya, teh diseduh dengan air mendidih pada pagi hari kemudian dibiarkan selama semalam. Esoknya air teh tersebut digunakan untuk membahasahi rambut. Lakukan setiap pagi selama beberapa minggu.

Rambut Hitam Dengan Merang


Bahan yang dibutuhkan adalah 1genggam merang padi dan 1 buah jeruk nipis. Cara membuatnya, merang dimasukkan kedalam panji lalu dibakar hingga jadi abu. Tuangkan 1 liter air bersih yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis kedalam panji yang berisi abu merang. Aduk ramuan tersebut dan diamkan atau embunkan selama semalam. Gunakan ramuan tersebut untuk mencuci rambut 3 kali seminggu.

Rambut Hitam Dengan Urang Aring


Bahan yang dibutuhkan adalah 2 genggam daun dan batang urang aring, 1 genggam daun pandan wangi yang sudah dirajang dan 1 gelas minyak kelapa yang telah dijemur selama sehari. Cara membuatnya. Minyak kelapa dididihkan terlebih dahulu. Masukkan urang-aring dan daun pandan wangi. Setelah mendidih untuk kedua kalinya lalu didinginkan. Saring hasil rebusan tersebut. Ramuan urang aring telah dapat digunakan sebagai minyak rambut.

Rambut Hitam Dengan Daun Mangkokan


Rambut hitam dengan daun mangkokanBahan yang dibutuhkan adalah 2 genggam daun mangkokan yang sudah dirajang, 1 genggam daun pandan wangi yang sudah dirajang dan 1 gelas minyak kelapa yang sudah dijemur. Cara membuatnya adalah minyak kelapa dididihkan terlebih dahulu. Masukkan daun mangkokan dan daun pandan wangi. Setelah mendidih untuk kedua kalinya lalu didinginkan. Saring hasil rebusan tersebut. Ramuan daun mangkokan telah dapat digunakan sebagai minyak rambut. Oleskan terutama pada rambut yang agak memutih.

Demikianlah beberapa resep yang terbukti berkhasiat untuk membuat rambut hitam. Di Indonesia bahan-bahan yang dibutuhkan tersebut sangat mudah didapat. Jadi sebagai warga nusantara kita harus bersyukur bahwa untuk menjadi sehat dan terlihat cantik itu sangat mudah dan murah.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this