Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Apa itu CTS? Yaitu Carpel Tunnel Syndrome, merupakan suatu kondisi terjepitnya saraf median pada pergelangan tangan disebabkan oleh pembengkakan di carpal tunnel, sedangkan carpal tunnel adalah jalur sempit terbentuk atas legimen otot juga tulang terletak di pergelangan tangan bagian pangkal. Di bagian ini ada saraf median juga tendon yang mempengaruhi pergerakan jari-jari tangan yang memisahkan tulang pada pergelangan tangan dengan jaringn lunak disekelilingnya.

Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Sedangkan saraf median yaitu saraf yang melintang antara telapak tangan hingga lengan dibagian bawah, memiliki fungsi pembawa sensasi juga sentuhan rasa di permukaan tangan. Saraf ini juga digunakan untuk mengontrol pergerakan otot untuk menggerakkan ibu jari. Ada beberapa hal yang menjadi faktor adanya Carpel Tunnel Syndrome, yaitu :

1. Faktor Keturunan


Ternyata CTS bisa terjadi dan bisa dialami oleh orang yang memiliki nenek moyang atau memiliki genetic keturunan dari seseorang yang mengalami CTS, resiko mengalami CTS lebih besar dibanding orang yang tidak memiliki keluarga yang mengalami CTS.

2. Jenis Kelamin


Wanita memiliki lorong karpal yang lebih kecil dibandingkan pria, maka wanita lebih memiliki resiko besar terkena CTS.

3. Cedera Dipergelangan Kaki


Orang yang memiliki cidera di pergelangan kaki seperti terkilir, tulang retak dan kondisi lainnya yang bisa saja menyebabkan pembengkakan maka akan mengalami CTS lebih parah.

4. Pekerjaan dan Aktifitas Yang Lebih Banyak Melibatkan Tangan


Orang yang memiliki aktifitas melibatkan tangan seperti menggenggam dengan kuat, melakukan gerakan tangan berulang-ulang dan melibatkan getaran yang kuat maka bisa menyebabkan CTS.

5. Kehamilan


Orang yang sedang hamil mengalami CTS, namun kondisi ini akan pulih dengan sendirinya setelah bayi lahir. Selain itu orang yang memiliki penyakit seperti diabetes, obesitas, kemoterapi dan hipotiroidisme juga memiliki peluang besar untuk terkena CTS. Gejala CTS yang bisa saja anda rasakan adalah munculnya sensasi mati rasa pada jari dimalam hari, juga munculnya rasa sakit pada tangan, tangan kurang sensitive terhadap sentuhan, terjadinya kulit kering dan juga kemampuan mengangkat sesuatu. Lakukan pengobatan segera.

Saya adalah editor di situs Kabar Sehat, salam kenal.

Share this